OUR NETWORK

Tempat Wisata Alam Eksotis Terbaru Pansur Napitu

Sumber Gambar: Facebook @gramho.com

Pansur Napitu / Paccur Napitu merupakan destinasi wisata terbaru yang berada di Asahan, Sumatera Utara. Destinasi wisata alam tersebut terletak di pelosok daerah provinsi Sumatera Utara. Selain itu dengan perjalanan dari arah pusat Kota Medan cukup jauh, Pancuran Tujuh patut menyandang sebagai surga tersembunyi di wilayah nusantara. Arti dari Paccur Napitu / Pansur Napitu yaitu Pancuran Tujuh. Destinasi wisata terbaru ini merupakan sebuah curug kecil yang mempunyai kolam jernih dan cukup besar.

Sumber Gambar: tagar.id

Penemu dari destinasi wisata ini adalah anak – anak yang masih duduk di bangku SMP yang bernama Miki Marpaung bersama dengan teman – temannya. Mereka pun juga tidak sengaja menemukan suatu surga tersembunyi.

Mulanya tempat tersebut hanya dijadikan sebagai tempat bermain oleh anak – anak tersebut. Sementara itu hanya segelintir orang yang mengetahui tentang keberadaan akan destinasi wisata tersebut. Namun kini telah menjelma menjadi destinasi wisata alam yang patut untuk diunggulkan.

Lokasi Destinasi Alam Surga Tersembunyi Pansur Napitu

Destinasi wisata alam Pansur Napitu berada di Ds Gunung Berkat, Bandar Pulo, Asahan, Sumatera Utara. Lokasi dari destinasi wisata tersebut memang sangat terpencil. Hal ini dibuktikan dengan waktu perjalanan yang dibutuhkan dari arah pusat kota Medan mencapai kurang lebih setengah hari penuh.

Bagi yang hendak menggunakan akses Google map sebagai petunjuk jalan, gunakan kata kunci Paccur Napitu dan hindari penggunaan kata kunci Pansur Napitu. Sebab nama asli dari destinasi wisata tersembunyi tersebut adalah Paccur Napitu, sedangkan Pansur Napitu hanya sekedar penulisan yang sesuai dengan ejaan.

Jadi bagi yang berminat untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut, setidaknya harus siap berlama – lama menempuh perjalanan yang cukup jauh. Terlebih lagi dengan jalur tracking menuju ke destinasi juga tergolong cukup lama dengan kondisi jalan setapak yang sangat kurang mendukung. Para pengunjung pun harus rela menempuh tracking selama ┬▒30 menit.

Sumber Gambar: medanwisata.com

Sebelum keberangkatan, sangat disarankan supaya menjaga kesehatan dan memastikan tubuh berada dalam kondisi fit dan mampu menempuh perjalanan jauh. Selain menjaga tubuh tetap fit, bekal dalam perjalanan juga harus memadai. Namun para pengunjung dapat mampir sejenak di beberapa tempat makan dan rest area untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh.

Sementara untuk referensi bandara terdekat adalah Bandara Simalungun dan Sibisa Airport. Kedua dari bandara tersebut dapat dijadikan sebagai destinasi penerbangan bagi wisatawan yang berasal dari luar Sumatera. Letak dari bandara Simalungun berada di Moho, Jawa Maraja Bah Jambi, Simalungun. Sedangkan untuk lokasi Sibisa Airport terletak di Pardamean Sibisa, Ajibata, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Tiket Masuk Tempat Wisata Surga Tersembunyi Paccur Napitu / Pansur Napitu

Untuk sementara ini, harga tiket masuk Paccur Napitu adalah gratis. Hal ini disebabkan karena belum ada pihak yang secara resmi mengelola destinasi wisata tersebut. Walaupun destinasi wisata tersebut telah ramai dikunjungi oleh beberapa wisatawan. Sementara itu pemerintah juga belum secara resmi menjadikan tempat tersebut sebagai destinasi wisata alam. Kondisi dari tempat wisata pun juga masih sangat natural dan asri. Maka dari itu, setiap pengunjung sangat diharapkan supaya menjaga kealamian dan tidak meninggalkan jejak yang berupa sampah.

Daya Tarik Destinasi Wisata Tersembunyi Paccur Napitu

Sumber Gambar: northsumatrainvest.id

Daya tarik utama dari destinasi wisata alam ini adalah kondisi alam yang masih sangat asri, sehingga udara di sekitar masih sangat sejuk. Terlebih lagi sejauh ini sebagian besar para pengunjung mempunyai kesadaran yang cukup besar akan kebersihan, membuat tempat ini masih terawat dengan baik dan bersih.

Selain itu kondisi air yang masih sangat jernih juga menjadi salah satu daya tarik utama dari destinasi wisata alam ini. Bahkan air sama sekali belum terkontaminasi dengan zat manapun. Hal ini menyebabkan air cukup aman untuk diminum. Selain itu dasar kolam juga dapat terlihat dengan sangat jelas.

Sumber Gambar: Instagram @hendzkurniawan

Disamping kondisi air yang masih sangat jernih, kolam pun juga tidak terlalu dalam. Arus air yang juga tidak begitu deras. Sehingga berbagai macam aktivitas dalam air cukup aman dan tidak berbahaya.

Di area tersebut terdapat suatu bendungan kuno yang telah berumur. Bendungan tersebut seperti peninggalan dari kolonial Belanda. Dalam bendungan tersebut terdapat beberapa lubang yang merupakan tempat aliran air. Jumlah keseluruhan dari lubang tersebut adalah tujuh. Karena itulah destinasi wisata ini disebut dengan Paccur Napitu, Pansur Napitu atau Pancuran Tujuh. Selain itu pesona alam dari pepohonan yang menyembunyikan destinasi wisata ini juga sangat eksotis. Dengan waterfall yang tidak terlalu tinggi mengalir dengan sangat apik.

Aktivitas Di Paccur Napitu / Pansur Napitu

Ada berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan ketika berada di Paccur Napitu. Dengan kondisi arus tidak begitu deras, kolam dangkal dan tebing yang tidak begitu tinggi, membuat aktivitas yang hendak dilakukan sangat leluasa. Selain itu tingkat resiko bahaya juga cukup rendah. Pengunjung pun dapat mengeksplorasi Paccur Napitu sesuka hati, selama masih dalam batas kewajaran.

Berikut ini adalah rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan di Pansur Napitu :

1. Berenang

Berenang mungkin menjadi aktivitas utama ketika berada di destinasi wisata alam tersebut. Dengan kondisi air yang sangat jernih membuat kolam aman digunakan untuk berenang. Selain itu juga aman untuk anak – anak dengan kondisi kolam dangkal.

Sumber Gambar: Youtube @Ariq Sinaga

Namun untuk anak – anak dibawah 12 tahun sebaiknya dilengkapi dengan ban maupun pelampung. Selain itu juga harus mendapat pengawasan ekstra dari orang tua, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

2. Bersantai di Hammock

Sumber Gambar: pariwisatasumut.net

Cara ini adalah cara yang tepat dalam menikmati suasana alam Pansur Napitu. Dengan memanfaatkan pepohonan yang ada, pengunjung dapat memasang hammock. Kemudian bersantai sambil berbaring menikmati suasana alam sekitar.

3. Free Cliff Jumping

Untuk aktivitas yang satu ini sebaiknya jangan dicoba. Karena free cliff jumping tergolong ke dalam extream sport, dimana harus terjun bebas dari atas bukit.

Sumber Gambar: gramho.com

Namun bagi yang menyukai tantangan, Free cliff jumping termasuk ke dalam aktivitas yang cukup menyenangkan. Terlebih lagi kondisi tebing tidak begitu tinggi. Jadi tidak terlalu berbahaya bagi yang hendak melakukan kegiatan ekstream tersebut.

4. Bersantai di Rumah Pohon

Rumah pohon adalah satu – satunya spot buatan yang terdapat di destinasi tersebut. Kondisi dari rumah pohon juga sangat sederhana. Tetapi berada di rumah pohon terdapat sensasi tersendiri dan dapat merasakan secara langsung kesejukan dari pepohonan sekitar.

5. Hunting Foto

Aktivitas ini merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang, terutama para remaja yang tidak dapat terlepas dari jeratan media sosial. Supaya hasil foto lebih kompleks, gunakan kamera dengan fitur water resistant. Jadi aktivitas dan spot bawah air pun dapat dieksplorasi.

Itulah review lengkap mengenai destinasi wisata alam terbaru Pansur Napitu / Paccur Napitu. Tempat yang terpencil membuat destinasi wisata tersebut patut memperoleh gelar surga tersembunyi.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…