in

Wisata Danau Biru Pugaan, Tempat Terbaik Mengasingkan Diri

Source Image: Instagram @haris.caprysipahutar

Apa yang pertama kali kamu pikirkan soal wisata di Kalimantan? Mungkin, salah satunya adalah Pulau Derawan yang eksotis itu, atau bisa juga Danau Labuan Cermin yang keindahannya sudah terkenal hingga mancanegara. Memang bukan hal yang salah, karena Pulau Derawan dan Danau Labuan Cermin adalah destinasi wisata ikonik di Borneo, pulau yang sebenarnya lebih identik dengan hutan hujan tropis yang lebat. Selain itu, Kalimantan sebenarnya juga memilik banyak destinasi wisata yang menawan, terutama soal danau. Ya, di Kalimantan kamu akan menemukan banyak danau buatan, yang tercipta akibat bekas lahan galian tambang yang ditinggalkan begitu saja tanpa ada upaya rehabilitasi lahan. Hasilnya, kubangan bekas galian lambat laun akan terisi penuh oleh air hujan, dan membentuk menyerupai danau.

Dari sekian banyak danau buatan yang ada di Kalimantan, kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke Danau Biru Pugaan yang ada di Kalimantan Selatan. Bisa dibilang danau tersebut adalah tempat terbaik bagi warga kota untuk mengasingkan diri dari penatnya rutinitas dan bisingnya deru kendaraan bermotor.

Lokasi Danau Biru Pugaan

Sumber: Instagram @anggiyavrigia_

Danau Biru Pugaan yang mulai dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar sejak tahun 2014 itu berada di Desa Pugaan, Kecamatan Pugaan, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari ibu kota Tabalong, Tanjung, hanya sekitar 25 km atau 45 berkendara dengan kendaraan bermotor. Sementara itu, untuk kamu yang datang dari Banjarmasin, yang merupakan ibu kota Kalimantan Selatan, masih harus menempuh jarak sekitar 186 km menuju ke utara dengan waktu tempuh 5 hingga 6 jam. Soal akses tidak perlu khawatir, karena jalan menuju ke Danau Biru Pugaan telah teraspal mulus, sehingga kamu pun bisa menunggangi kendaraanmu hingga sampai di tepi danau.

Danau dengan Air Jernih Biru Kehijauan

Sumber: wartawisata.id

Dinamakan Danau Biru Pugaan, karena selain berada di Desa Pugaan, danau yang satu ini juga memiliki air yang sangat jernih, berwarna biru kehijauan. Sementara di sekitar danau tumbuh deretan pepohonan yang cukup rindang, yang bisa menjadi teman di saat matahari sedang bersinar terik di atas kepala. Walau pun memiliki air yang cukup jernih, namun para pengunjung yang tidak bisa berenang dilarang menceburkan diri ke dalamnya, karena cukup dalam.

Keunikan Danau Biru Pugaan

Sumber: Instagram @pujjilestari_49

Danau Biru Pugaan sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dari danau yang tercipta akibat bekas galian tambang lainnya, yang membuatnya unik adalah keberadaan saung yang terbuat dari bambu tepat di tengah-tengah danau. Lebih menariknya lagi, para pengunjung juga bisa singgah di saung tersebut, duduk bersantai sembari menikmati pesona alam yang disuguhkan oleh Danau Biru Pugaan.

Sumber: Instagram @zirahregar

Selain itu, pihak pengelola juga telah menyediakan wahana sepeda air dan rakit, yang bisa disewa oleh para pengunjung. Untuk bisa menyewa wahana tersebut, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 10 ribu rupiah, harga sewa yang tentunya sangat bersahabat di kantong. Apabila ingin menguji adrenalin, di Danau Biru Pugaan juga telah disediakan wahana flying fox, yang terbentang melintasi danau. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba?

Harga Tiket dan Fasilitas

Sumber: meratusgeopark.org

Menurut informasi, para pengunjung tidak akan dibebankan biaya tiket masuk untuk menikmati keindahan Danau Biru Pugaan. Mereka hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Sementara soal fasilitas, walau pun tidak terlalu lengkap karena masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat, namun beberapa fasilitas dasar seperti toilet dan tong sampah sudah bisa kamu jumpai di sana. Di sana kamu juga bisa menjumpai beberapa warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan, tentunya dengan harga yang masih bisa dibilang wajar untuk tempat wisata. Untuk menjamin keselamatan para pengunjung, di Danau Biru Pugaan juga telah disediakan lima orang petugas, yang berasal dari warga sekitar.

Itulah sekilas cerita tentang Danau Biru Pugaan yang berada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Tabalong. Untuk berlibur ke sana, ada baiknya saat hari kerja atau weekday, karena akan lebih sepi, berbeda jauh ketika hari libur atau akhir pekan.

Selamat Berlibur!!!