OUR NETWORK

Wisata Sambil Belajar di Kebun Binatang Gunung Tua Sumatera Utara

Sumber: google

Sudah ada rencana liburan bersama keluarga di akhir tahun? Meskipun sering kali dianggap hanya menghabiskan uang, namun pada kenyataannya liburan adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap manusia, terutama untuk memenuhi kebutuhan psikis. Padatnya aktivitas sehari-hari juga menjadi salah satu alasan kenapa kamu harus segera meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga demi menghindari kejenuhan. Dengan berlibur secara otomatis otak akan me-refresh dirinya dan akan membuatmu lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Liburan juga gak perlu jauh-jauh dan mewah, karena pada dasarnya definisi liburan adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan otak dan menghilangkan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari.

Jika kamu memiliki buah hati yang masih berada dalam masa pertumbuhan, kamu harus mengajaknya untuk berwisata edukasi. Jadi gak hanya berlibur, karena di sana kamu juga bisa memberikan edukasi kepada si buah hati. Salah satu wisata edukasi yang bisa kamu jadikan destinasi alternatif liburan adalah kebun binatang. Karena di sana si buah hati akan belajar mengenal berbagai jenis hewan yang mungkin tidak akan dia jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kamu tinggal di Sumatera Utara dan sekitarnya, kamu bisa mengajak si buah hati dan keluargamu berlibur di Kebun Binatang Gunung Tua. Meskipun tidak terlalu besar layaknya Kebun Binatang Ragunan Jakarta atau bahkan Bali Zoo, namun Kebun Binatang Gunung Tua tetap layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata liburan bersama keluarga tercinta.

Lokasi Kebun Binatang Gunung Tua

Sumber: Semedan.com

Seperti namanya, lokasi kebun binatang yang satu ini berada di Jalan SM. RAJA GUNUNG TUA TOBAT, Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara. Jika kamu datang dari ibu kota Sumatera Utara, Medan, maka kamu harus menempuh perjalanan sejauh 480 km dengan waktu tempuh selama 10 jam 30 menit untuk sampai di Kota Gunung Tua. Jika dirasa perjalanan terlalu melelahkan, kamu juga bisa menggunakan pesawat dari Medan menuju ke Padang Sidempuan, dengan waktu tempuh selama 50 menit untuk kemudian dilanjutkan dengan menggunakan transportasi darat menuju ke Kota Gunung Tua. Akan tetapi untuk kamu yang datang dari ibu kota Kabupaten Padang Lawas Utara, Sibubuhan, maka kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 14 km menuju ke timur untuk sampai ke Kota Gunung Tua.

Pesona Kebun Binatang Gunung Tua

Sumber: youtube

Kebun Binatang Gunung Tua tergolong sebagai kebun binatang yang masih baru di Padang Lawas Utara. Oleh sebab itu, koleksi hewannya pun masih belum terlalu banyak seperti halnya kebun binatang lainnya di Sumatera Utara, salah satunya di Siantar. Meskipun demikian, di sana juga sudah ada beberapa hewan langka dan dilindungi yang menjadi koleksi, seperti kera putih, burung merak, dan hewan-hewan yang lainnya. Di tengah-tengah kebun binatang juga ada sebuah kolam ikan yang cukup luas.

Sumber: Berjalanjalan.com

Meskipun masih tergolong baru, namun Kebun Binatang Gunung Tua hampir selalu dipadati pengunjung ketika akhir pekan atau pun hari libur nasional. Mayoritas pengunjung yang datang di Kebun Binatang Gunung Tua adalah keluarga bersama anak-anaknya.

Aktivitas di Kebun Binatang Gunung Tua

Sumber: Facebook@Poetry Hayhap

Layaknya di kebun binatang lainnya, di sana kamu bisa mengajak si buah hati untuk melihat hewan-hewan langka yang dilindungi. Memberi makan hewan juga bisa menjadi pilihan untuk bisa membahagiakan si kecil. Namun jangan memberi hewan dengan makanan sembarangan demi menjaga kesehatannya.

Fasilitas di Kebun Binatang Gunung Tua

Walau pun baru, fasilitas di Kebun Binatang Gunung Tua bisa dibilang sangat memadai. Di sana kamu pun tidak akan kesulitan menemukan fasilitas umum seperti halnya toilet, warung makan, hingga musholla. Oh ya, di sana juga banyak jasa foto dengan tarif yang cukup murah. Jadi untuk kamu yang lupa membawa kamera atau ingin segera mencetak hasil foto, tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan jasa mereka dengan tarif sekitar 20 ribu rupiah untuk cetak foto ukuran 10 inch.

Bagaimana, apakah tertarik untuk mengajak si kecil berwisata di Kebun Binatang Gunung Tua? Tiket masuk ke sana juga tak mahal, dan dipastikan tidak akan menguras isi dompetmu.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…