in

Wisata Tersembunyi Bengkulu Air Terjun Kucing

Sumber Gambar: Instagram @fadliale

Air Terjun Kucing adalah destinasi wisata Bengkulu yang sangat terpencil. Letaknya pun seolah tersembunyi di hutan yang lebat. Hal tersebut didukung dengan kondisi tempat wisata yang masih sangat sepi pengunjung.

Keberadaan dari air terjun ini memang belum begitu populer. Hanya segelintir warga yang mengetahui tentang keberadaan dari air terjun ini. Sebagian besar pengunjung hanya merupakan penduduk setempat serta kerabat dan teman dari penduduk setempat tersebut.

Lokasi Air Terjun Kucing

Air Terjun Kucing terletak di Ds Pagar Gunung, Karang Tinggi, Bengkulu Tengah. Dari sudut lokasi tersebut, letak dari air terjun tidak begitu terpencil. Sebab dekat dengan daerah Kepahiang, Bengkulu. Hanya membutuhkan waktu selama ±30 menuju ke daerah Kepahiang.

Sumber Gambar: mediabengkulu.co

Daerah Kepahiang sendiri juga merupakan salah satu pusat Kota Bengkulu, selain kota Bengkulu itu sendiri. Kondisi dari Kepahiang juga telah lebih modern dan memiliki akses jalan cukup memadai. Selain itu, Kepahiang juga telah terdapat mall, hotel, taman kota dan lain – lain.

Meski dekat dengan daerah Kepahiang, sayangnya tidak terlalu berdampak baik pada lokasi air terjun kucing ini. Mulai dari akses yang kurang memadai hingga keberadaan dari air terjun sendiri yang belum populer. Masih banyak orang yang mengetahui keberadaan dari air terjun kucing tersebut.

Rute Arah Menuju Ke Destinasi Air Terjun Kucing

Rute lokasi menuju ke destinasi wisata air terjun cukup mudah. Walaupun pada dasarnya lokasi dari Air Terjun Kucing belum terdaftar pada Google map. Namun rute ini adalah sebuah rute jalur yang mudah untuk dijangkau dan diingat.

Bahkan khusus untuk lokasi dari destinasi ini, sangat tidak dianjurkan supaya memanfaatkan akses Google map. Sebab sangat besar kemungkinan untuk tersesat dan teralihkan ke destinasi wisata lain, seperti air terjun bukit kucing yang berada di Provinsi Jambi. Rute menuju ke lokasi air terjun dapat ditempuh melalui jalan Bengkulu – Kepahiang.

Untuk rute lokasi ini dari arah kota Bengkulu. Sementara dari daerah lain dapat menyesuaikan. Telusuri arah jalan Bengkulu – Kepahiang hingga sampai ke ujung jalan. Ujung jalan dari Jl Bengkulu – Kepahiang berupa persimpangan / pertigaan. Dari pertigaan tersebut, ambil arah menuju ke utara. Atau belok ke kiri.

Kemudian setelah sampai di Kecamatan Karang Tinggi, ambil arah yang menuju ke Ds Pagar Gunung. Setelah sampai di Ds Pagar Gunung hanya tinggal ikuti petunjuk arah jalan yang menuju ke destinasi wisata Air Terjun Kucing. Jarak antara Kec Karang Tinggi hingga ke Ds Pagar Gunung mencapai ±2 km.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan akses transportasi. Di area tersebut akses transportasi umum memang sangat kurang memadai. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Bagi pengunjung yang berasal dari luar Bengkulu, dapat memanfaatkan jasa sewa kendaraan yang ada. Sehingga jauh lebih leluasa ketika mengelilingi Bengkulu maupun hunting ke destinasi wisata air terjun kucing.

Pesona Air Terjun Kucing

Pesona alam dari air terjun ini masih sangat natural. Terlihat dari warna air yang sangat jernih. Hingga bebatuan yang terdapat di dasar nampak jelas dari permukaan.

Suasana destinasi wisata juga masih sangat sepi. Hal ini justru menjadikan suatu hal yang lebih positif. Pengunjung yang ada tidak perlu merasa canggung dengan pengunjung lain. Serta bebas melakukan hal apapun dengan leluasa. Jadi air terjun serasa milik sendiri.

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Sumber air dari air terjun, mengalir langsung dari sumber mata air sungai kemumu. Sungai tersebut masih sangat bersih dan belum tercemar sama sekali. Jadi dapat dipastikan kondisi air di air terjun kucing sangat jernih dan segar.

Arus aliran air terjun juga tidak begitu deras. Hal ini memungkinkan untuk didekati. Cara tepat mendekati air terjun adalah dengan menyelusuri kolam kecil yang berada tepat di bawah aliran arus air terjun. Kondisi kolam juga tidak terlalu dalam.

Sumber Gambar: mediabengkulu.co

Selain itu air terjun dikelilingi dengan bebatuan yang cukup. Batuan itu dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai maupun sarana untuk cliff jumping. Bagi yang lebih menyukai suasana ekstream, dapat melakukan aksi free cliff jumping di atas air terjun.

Kondisi dari Air Terjun Kucing sendiri tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar ±3 meter. Sehingga mungkin pesona dari air tidak sederhana. Namun suasana air terjun dan sekitarnya membuat pesona alam air terjun menjadi sangat kompleks.

Fasilitas Destinasi Wisata Air Terjun Kucing

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata alam ini, tergolong sangat minim. Hal ini mungkin disebabkan karena pengelolaan yang belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Bahkan destinasi wisata air terjun kucing sama sekali belum diresmikan. Hal ini mungkin menuai suatu simpati dari beberapa pihak. Lantaran air terjun tersebut sangat potensial.

Sebagai tempat wisata yang belum mendapatkan pengakuan dari pemerintah, fasilitas yang tersedia di destinasi wisata tersebut masih sangat minim. Hal tersebut mungkin membuat pengunjung merasa tidak terlalu nyaman, terutama untuk akses toilet dan tempat makan. Sehingga pengunjung pun harus pandai memanfaatkan fasilitas alam seadanya. Hal yang perlu diperhatikan adalah membawa air minum sendiri. Baik dari rumah maupun dari outlet lain, supaya tubuh tidak dehidrasi.

Sementara untuk makanan, dapat hunting tempat makan yang berada tidak jauh dari destinasi wisata. Ada berbagai macam tempat makan yang menyediakan menu yang sangat variatif, mulai dari makanan khas Bengkulu, Sumatera hingga makanan yang tengah hits.

Meskipun fasilitas yang tersedia masih sangat minim, namun justru hal tersebut menjadi suatu hal yang cukup positif. Karena di destinasi wisata air terjun kucing tidak tersedia jasa kontribusi tiket masuk apapun. Sebagai tempat wisata yang sama sekali belum dikelola, membuat destinasi wisata ini tidak memperlakukan adanya kontribusi tiket masuk.

Kontribusi tiket masuk akan diberlakukan setelah adanya peresmian dari pemerintah. Kemudian secara perlahan, fasilitas penunjang pun disediakan. Mulai dari toilet, area parkir, mushola hingga tempat makan.

Fakta Dibalik Pesona Air Terjun Kucing Yang Masih Natural

Meskipun pesona dari Air Terjun Kucing sangat natural, ada suatu hal yang perlu diwaspadai. Hal tersebut ialah keberadaan dari harimau dan kucing hutan.

Area hutan yang masih sangat lebat, penduduk setempat mengklaim bahwa di hutan yang menjadi lokasi air terjun menjadi habitat hewan buas. Diantaranya adalah harimau dan kucing hutan. Kedua binatang tersebut memang dikenal sangat liar dan tidak segan – segan memakan makhluk hidup spesies apapun yang berada di hadapannya. Terutama ketika hewan buas sedang dalam kondisi lapar.

Untuk itulah pengunjung sangat diharapkan untuk sangat berhati – hati. Terutama pada kucing hutan yang berkeliaran. Kucing hutan mempunyai sifat yang jauh berbeda dengan kucing pasar yang mudah dijinakkan hanya dengan makanan.

Sementara untuk kucing hutan mempunyai mata yang sangat tajam seperti harimau. Begitu pula dengan bentuk tubuh dan warna bulu yang membuat kucing nampak seperti anak harimau.

Geomedia - JFK 2022