in

Pesona Destinasi Favorit Dan Ikonik Taman Tanggo Rajo

Sumber Gambar: Instagram @seputartebo

Taman Tanggo Rajo adalah destinasi wisata Jambi yang sangat ikonik dan historical. Di samping kemegahan dan pesona dari taman tersebut, menyimpan suatu kisah yang sangat bersejarah bagi Jambi.

Lokasi Taman Tanggo Rajo

Destinasi wisata Taman Tanggo Rajo terletak di Jl Sultan No 15, Kasang, Jambi. Letaknya tepat berada di tepi sungai Batanghari dan di bawah Jembatan Gentala Arasy. Akses menuju ke destinasi wisata tersebut sangat muda. Begitu pula dengan akses transportasi umum sekitar. Di provinsi Jambi sendiri area tersebut menjadi pusat wisata sekaligus pusat perdagangan tradisional hingga modern. Jadi kompleks tersebut seakan tidak pernah tidur dan sunyi.

Di sekitar taman terdapat beberapa PKL (pedagang kaki lima). Sehingga area tersebut sangat mirip dengan pasar. Jenis produk yang tersedia sangat kompleks mulai dari makanan ringan, souvenir, aksesoris hingga pakaian. Tidak jauh dari lokasi, terdapat pusat perdagangan modern. Ada 2 buah Mall sekaligus yang terletak tidak jauh dari destinasi. Mall tersebut adalah Hypermart dan Ramayana. Ada juga gedung bioskop cinema XXI.

Rute Lokasi Menuju Taman Tanggo Rajo

Sebagai destinasi sekaligus perdagangan, Taman Tanggo Rajo menjadi destinasi utama bagi setiap orang yang mengunjungi Jambi maupun penduduk setempat. Taman tersebut menjadi daftar tempat yang harus dikunjungi ketika berada di Jambi.

Untuk rute lokasi dapat dimulai dari Bandara Sultan Thaha yang terdapat di Jl Jawa, Paal Merah, Jambi Selatan, Jambi. Rute dari arah bandara tersebut dapat dijadikan sebagai jalur alternatif bagi pengunjung yang menggunakan destinasi transportasi udara.

Dari arah bandara, ambil arah jalan lurus yang menuju ke utara. Jalan tersebut adalah Jl Soekarno Hatta. Setelah sampai di ujung jalan, ambil jalan yang menuju ke arah Jl Jenderal Sudirman.

Sumber Gambar: disporapar.tebokab.go.id

Setelah sampai di perempatan, ambil arah lurus yang menuju ke Jl Gatot Subroto. Ketika melalui jalan tersebut, akan menjumpai banyak persimpangan. Lalu pada perempatan pertama ambil arah lurus yang menuju ke arah Jl Veteran.

Kemudian saat pertigaan pertama, ambil arah ke kiri. Telusuri jalan tersebut hingga sampai di suatu pertigaan. Pada pertigaan, belok ke arah kanan. Lalu lurus sedikit dan akan sampai di destinasi wisata Jambi favorit.

Rute tersebut dapat dijadikan sebagai petunjuk arah bagi yang menggunakan kendaraan pribadi. Sementara bagi yang hendak menggunakan kendaraan umum, dapat memanfaatkan alat transportasi setempat yang menuju ke Jembatan Arasy.

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata Taman Tanggo Rajo tidak mempunyai biaya kontribusi tiket masuk. Dalam kata lain taman tersebut adalah free destinasi dan merupakan tempat terbuka yang bebas dikunjungi siapa pun. Bahkan waktu operasional dari taman selama 24 non stop tanpa batas.

Meskipun tidak mempunyai kontribusi tiket masuk, tetapi pengunjung harus membayar kontribusi parkir. Besarnya biaya parkir mulai dari 5.000 IDR. Untuk area parkir, di destinasi wisata tersebut cukup luas. Dapat menggunakan area parkir yang tersedia di taman maupun tempat lain. Seperti area parkir Ramayana maupun Hypermart.

Sejarah Tanggo Rajo

Sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata, Taman Tanggo Rajo adalah suatu bangunan kecil yang berfungsi sebagai jalan khusus bagi para raja. Berdasarkan sejarah nama Tanggo Rajo adalah sebuah kerajaan islam melayu pertama.

Tanggo Rajo sendiri merupakan salah satu tempat favorit sang raja sambil menikmati pemandangan sungai Batanghari . Sekaligus mengawasi hiruk pikuk dari aktivitas semua orang yang berada di sungai tersebut.

Sumber Gambar: Instagram @seputartebo

Setelah kerajaan runtuh, area tersebut dijadikan sebagai pusat wisata. Daerah tersebut menjelma menjadi suatu taman yang sangat cantik dan rapi. Sementara untuk bekas dari gedung istana kini menjadi kompleks pusat agama di Masjid Agung Al Fatah.

Selain sejarah tentang keberadaan Kerajaan Islam Melayu Tanggo Rajo, ada suatu sejarah lain yang tersirat dalam area taman. Nama Tanggo Rajo untuk kompleks wisata dari Jembatan Gentala Arasy disebabkan karena area tersebut merupakan tempat berlabuhnya kapal para raja di Jambi.

Dari semua versi yang ada, tidak begitu penting bagi setiap orang. Hal yang paling penting adalah kondisi taman yang kini menjadi tempat wisata favorit, harus dirawat dan dijaga dengan baik.

Fasilitas Taman Tanggo Rajo

Fasilitas yang tersedia di area Taman Tanggo Rajo sangat kompleks. Di bawah ini adalah daftar fasilitas yang ada :

1. Beraneka macam tamanan

Sumber Gambar: Instagram @ade_saputra_88

Di taman tersebut terdapat berbagai macam jenis tumbuhan. Meskipun spesies dari semua jenis tanaman yang ada tidak begitu kompleks, tetapi cukup istimewa. Hal yang istimewa dari taman tersebut adalah tatanan yang sangat rapi. Semua tanaman yang ada tidak ditanam secara bebas, namun sangat teratur. Hal tersebut menghasilkan suatu tatanan tumbuhan yang sangat rapi. Bahkan beberapa diantaranya dibentuk shape tertentu. Misalnya dibentuk menyerupai pagar ataupun bulat.

2. Gazebo dan area tempat duduk

Sumber Gambar: Instagram @wiyonowahyudi

Di sepanjang taman, terdapat beberapa area gazebo dan berbagai macam area tempat duduk. Baik gazebo maupun tempat duduk mempunyai area sangat nyaman. Untuk gazebo dilengkapi dengan atap. Sedangkan untuk area tempat duduk diletakkan tepat di bawah pohon. Letak dari gazebo maupun tempat duduk tersebut merupakan suatu letak yang sangat baik. Jadi bukan hanya sekedar untuk bersantai, tetapi juga sekaligus menjadi tempat berteduh dari panasnya matahari.

3. Area pedestrian

Sumber Gambar: Instagram @seputartebo

Area pedestrian ini merupakan hal yang sangat wajib untuk setiap taman. Area tersebut hanya untuk pejalan kaki dan dapat juga digunakan sebagai area jogging. Namun sebagian besar pengunjung memaafkan area tersebut untuk sekedar berjalan tepi sungai sambil menikmati lanscape jembatan Arasy dan sungai Batanghari.

4. Tempat observasi Jembatan Arasy

Jembatan Arasy adalah sebuah jembatan yang sangat ikonik dengan Jambi. Desain dari jembatan pun sangat menarik dan megah. Sehingga dapat dijadikan sebagai suatu hiasan pada Sungai Batanghari.

Sumber Gambar: hipwee.com

Tempat terbaik untuk observasi jembatan tersebut adalah Taman Tanggo Rajo. Dari taman besarnya dari jembatan terlihat dengan sangat jelas. Begitu pula dengan piar penyangga jembatan. Setiap area taman dapat menjadi tempat strategis untuk menikmati pesona dari jembatan yang ikonik tersebut.

Waktu yang tepat untuk menyaksikan pesona dari Jembatan Arasy adalah malam hari. Di waktu tersebut, jembatan akan menyala dan menghasilkan cahaya warna – warni yang sangat eksotis.

5. Pusat perbelanjaan

Di sekitar area Taman Tanggo Rajo, terdapat 2 buah jenis pusat perbelanjaan, yaitu pasar tradisional dan mall. Untuk pasar tradisional terletak di tepi sepanjang area taman. Ada berbagai macam kuliner tradisional Jambi hingga kuliner kekinian. Harga per porsi dibandrol sangat murah.

Selain menyediakan berbagai macam olahan makanan, pasar tradisional tersebut juga terdapat beraneka macam souvenir dan aksesoris. Bentuk dari souvenir dan aksesoris yang ada juga sangat menarik dan lucu.

Bagi yang tidak begitu nyaman dengan pasar tradisional, dapat mengunjungi mall. Di dalam mall juga menyediakan berbagai macam produk yang hampir sama dengan pasar tradisional. Hanya saja harga dan kualitas produk sangat berbeda jauh.