in

Yuk Berkunjung Ke Gua Loyang Datu Merah Mege Aceh Tengah

Gua Loyang Datu Merah Mege Aceh Tengah
Gua Loyang Datu Merah Mege

Tidak melulu ke pantai atau gunung ketika bisa ke gua. Benar, berkunjung ke gua bisa menjadi salah satu alternatif liburanmu yang lebih bervariasi. Banyak hal baru yang bisa kamu pelajari karena sebagian gua juga menyimpan nilai sejarah. Sebagai referensi kamu bisa mencoba berkunjung ke Gua Loyang Datu Merah Mege Aceh Tengah. Apasih yang menarik dari gua tersebut? Yuk simak ulasannya berikut.

Gua Loyang Datu Merah Mege Aceh Tengah terletak di Isak Kecamatan Linge, Aceh Tengah. Lebih tepatnya sekitar 26 kilometer jaraknya jika kamu berangkat dari ibu kota Takengon. Cukup mudah kamu bisa kesana dengan mengendarai transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Letaknya yang berada di wilayah pegunungan membuat medan menuju goa ini lebih menantang.

Indah Dan Uniknya Gua Loyang Datu Merah Mege Aceh Tengah

Gua ini memiliki luas ruangan sekitar 1.980 meter persegi dan berada di daerah pegunungan yang sejuk. Meski begitu tak lantas membuat susana gua menjadi gelap, karena cahaya matahari masih bisa masuk lewat mulut gua. Daerah sekitar gua banyak di tumbuhi tanaman kopi, kemiri, kayu manis, tenung dan pohon durian. Tetapi sebelum melihat indahnya Gua Loyang Datu Merah Mege Aceh Tengah kamu harus berjuang menuruni 172 anak tangga.

Uniknya lagi menurut sejarah dulunya gua ini digunakan sebagai jalan pintas orang-orang membawa kerbau mereka. Rute perjalanannya dari Linge ke Takengon atau dari Takengon ke Linge. Gua ini juga terkenal memiliki vibes yang positif, aliran air di dasar gua terdengar begitu menenagkan.

Fasilitas Yang Tersedia

Objek wisata yang satu ini sudah memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Jalan menuju gua sudah berupa tangga semen dengan pinggiran tali sebagai pengaman sekaligus pegangan. Terdapat juga tempat duduk sebagai sarana peristirahatan yang bersih dan nyaman. Sebelah timur mulut gua juga terdapat bangunan sederhana dari kayu yang dijadikan sebagai toilet umum.

Balai atau pendopo dengan atap seng dan tiang kayu bisa kamu jadikan tempat berteduh sambil menikmati indahnya suasana gua. Gemericik air di dasar gua dijamin akan memberikan efek tenang dan jernih pada fikiranmu.

Kegiatan Menyenangkan Yang Bisa Dilakukan

Banyak kegiatan menarik dan menyenangkan tentunya yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke gua di kawasan Aceh Tengah ini. Inilah beberapa list kegiatan seru tersebutt.

  1. Menikmati Keindahan Suasana Gua

Ketika berkunjung ke tempat yang cantik tentu saja hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menikmati panoramanya. Menyusuri ataupun sekedar duduk santai sambil memandangi indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa. Kamu bisa duduk di balai atau pendopo sambil bercengkrama dengan teman atau keluarga.

  1. Belajar Sejarah

Karena Gua Loyang Datu punya kisahnya tersendiri tentu saja itulah yang bisa kamu pelajari. Peran apa yang gua tersebut miliki di masa lampau dan di masa sekarang. Pelajaran demi pelajaran tersebut pastinya akan membuat wawasanmu menjadi lebih luas.

  1. Hunting Foto

Hunting foto adalah salah satu momen penting dan menyenangkan ketika berlibur ke tempat wisata. Terlebih jika tempat tersebut unik dan berbeda dari yang lainnya, tentu harus di abadikan. Gunanya agar kelak ada memory yang bisa kamu lihat kembali saat tak bisa datang untuk kedua kali.

Tips Saat Berkunjung

  • Hati-hati ketika berjalan di sekitar gua karena adanya aliran air memungkinkan tempat ini licin terkena percikan air.
  • Jangan berbuat hal yang nantinya akan berdampak buruk pada gua itu sendiri, seperti membuang sampah sembarangan, corat-coret dinding gua dan sebagainya.
  • Tetap patuhi aturan yang berlaku di sana agar liburanmu lancar dan menyenangkan.

Gua Loyang Datu Merah Mege Aceh Tegah memang indah dan sarat akan nilai sejarah. Inilah mengapa tempat sperti ini harus di lestarikan dan terus di kenalkan ke dunia luar. Nah, sekian dahulu pembahasan menarik kali ini semoga bermanfaat.

Geomedia - JFK 2022