in

Terlahir Dari Kisah Pilu, Inilah Gua Putri Pukes Aceh Tengah!

Gua Putri Pukes Aceh Tengah
Gua Putri Pukes Aceh Tengah

Wilayah Aceh Tengah ternyata memang menyimpan banyak potensi wisata yang tak main-main. Banyak pilihan mulai dari air terjun, danau, pantai hingga gua. Berbicara mengenai wisata gua, jika ke Aceh Tengah kamu wajib mampir ke Gua Putri Pukes Aceh Tengah. Konon gua ini selain indah juga menyimpan legenda yang menarik. Penasaran bukan? Langsung saja simak ulasannya di bawah!

Legenda Gua Putri Pukes Aceh Tengah

Dikisahan Gua Putri Pukes Aceh Tengah muncul bermula dari legenda seorang putri raja yang menyukai pangeran dari negeri nan jauh di sana. Dia adalah Putri Pukes yang berasal dari tanah Gayo kemudian jatuh cinta pada seorang pangeran dan memohon dinikahkan oleh orang tuanya.

Karena kegigihan mereka berdua akhirnya orang tua putri menikahkan keduanya dan putripun di bawa ke kerajaan pangeran. Meskipun dengan berat hati dan penuh kesedihan orangtua sang putri melepas keduanya untuk ke negeri seberang.

Sang putri dan pangeran berangkat dengan rombongan pengawal kerajaan. Sebelum pergi kedua orang tua putri berpesan “anakku jika kamu pergi menyusul suamimu pergilah dengan damai dan ikhlas, jikapun rindu jangan melihat ke belakang”.

Tetapi saat itu putri lupa dan melihat kebelakan, seketika itu pula hujan petir datang membuat para rombongan berteduh di dalam sebuah gua. Lama-kelamaan tubuh sang putri terasa dingin dan perlahan mengeras seperti batu. Kisah inilah yang membuat gua tersebut dinamai gua putri pukes.

Lokasi Gua

Gua Putri Pukes Aceh Tengah ini sendiri berada di wilayah kota Takengon. Perjalanan dari pusat kota membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Lokasi pasnya gua putri pukes berada di kampung Mendale, kecamatan Kebayakan, kabupaten Aceh Tengah. Atau bisa dibilang letaknya tepat di pinggiran danau laut tawar yang juga tak kalah indah.

Pesona Keindahan Gua Putri Pukes Aceh Tengah

Lokasi gua yang berada di pinggiran danau air tawar membuat pesona keindahannya semakin lengkap saja. Untuk memasuki gua kamu harus naik ke atas lewat bibir gua, lalu masuk ke dalam melalui tangga semen sekitar 6 meter. Panjang mulut guanya sekitar 8 meter dan kedalaman 10 meter dengan luas 1,5 meter. Banyak hal unik yang bisa kamu temukan seperti, batu yang dipercaya sebagai Putri Pukes yang telah membatu, kendi, juga sumur besar.

Konon air yang keluar dari sumur tiga bulan sekali tersebut bisa dijadikan sebagai obat. Tak hanya itu saja kamu juga akan menjumpai tempat duduk yang dipercaya sebagai tempat pertapaan masa lalu. Ada pula alat pemotong kuno, batu berbentuk ikan dan pulau Papua.

Fasilitas Yang Tersedia

Beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di tempat ini seperti akses masuk yang lumayan mudah karena telah berbentuk tangga semen. Tour guide yang dengan sigap mengantar serta memandu para pengunjung dengan sabar. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau hanya Rp 5.000/orang untuk sekali kunjungan. Sayangnya untuk masalah penerangan masih sedikit kurang, maka ada baiknya jika kamu kesana jangan lupa membawa senter sendiri.

Hal Menarik Yang Bisa Dilakukan

Beberapa hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung kesana misalnya seperti:

  1. Belajar Sejarah

Bukan rahasia lagi jika Gua Putri Pukes Aceh Tengah ini penuh dengan cerita lengenda. Cerita tersebut bahkan sampai ada bebrapa versi yang berbeda. Dari kisah-kisah tersebut sedikit banyak tentu ada pelajaran yang dapat kamu ambil. Jika ada yang baik bisa di contoh pun jika terdapat sisi buruknya bisa dihindari.

  1. Menikmati Keindahan Gua

Tempatnya yang sejuk dan unik tentu menyimpan keindahan tersendiri yang sayang jika di abaikan. Dinding gua yang seperti terjal merupakan relief alam yang begitu menarik untuk disimak juga di nikmati. Suasana ini rasanya cukup untuk mengusir kepenatanmu dalam beraktifitas.

Tips Saat Berkunjung

  • Bawa senter saat berkunjung karena penerangan di gua tersebut masih sangat kurang.
  • Berhati-hatilah saat berjalan memasuki area gua karena permukaan batu dan jalannya lumayan licin.
  • Tetap menjaga sikap dan mematuhi aturan yang ada dimanapun tempatmu berada.

Setelah ditelisik ternyata begitu banyak hal yang bisa di dapat ketika berkunjung ke Gua Putri Pukes Aceh Tengah. Selain pemandangan indah ada pula kisah yang sedikit banyak bisa di ambil pelajarannya. Nah, bagaimana sudah tertarik ingin berkunjung bukan? Kali ini sampai disini dahulu ya pembahasan artikel menarik ini, semoga bermanfaat.

Geomedia - JFK 2022