spot_img

Yuk Kunjungi Wisata Situ Bagendit

Situ Bagendit adalah salah satu wisata dari banyaknya pariwisata yanga ada di Kota Bandung wisata ini tepatnya berada di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pariwisata ini menyugukan objek wisata yang sangat menakjubkan dari segi tata letak koleksi alam yang indah dipandang sampai jembatan yang mempunyai bentuk unik menjalar di sepanjang danau.

Sumber Gambar: Google Maps @Yulianti Ulie

Juga di percantik lagi oleh perahu perahu yang berada di sisi sisi jembatan yang berbaris rapi, jika kita rajin melihat kembali sejarah sejarah Indonesia, kita tidak usah lagi keluar negeri hanya untuk liburan.

Tanpa kita sadari di Indonesia sendiri banyak sekali pariwisata yang  tak kalah menarik dari pariwisata luar negeri,untuk para traveller yang tertarik untuk menjelajah kalian bisa mulai dari pariwisata yang banyak sejarah nya seperti wisata Situ Bagendit ini.

Wisata Situ Bagendit ini merupakan pariwisata yang berupa danau, sebagian wisata di Indonesia memang sudah terkenal karena sejarah nya, seperti wisata ini juga terkenal dengan salah satu cerita legenda yang beredar di kalangan masyarakat.

Sejarah  Wisata Situ Bagendit

Sumber Gambar: Google Maps @Akhmad Hidayat

Kisah wisata ini berawal dari ada seorang wanita yang kaya raya tapi memiliki sifat yang tamak nan rakus harta, wanita ini bernama Endit atau biasa dipanggil Nyai Endit. Nyai Endit memiliki banyak harta dari warisan almarhum suami nya, suatu hari ada seorang kakek yang datang kepada Nyai Endit untuk meminta sedikit makanan, tetapi dengan angkuh Nyai Endit mengusir sang kakek.

Kakek lalu pergi tetapi sebelum pergi kakek menancapkan tongkat kayu di depan rumah Nyai Endit setelah kakek pergi Nyai Endit keluar rumah dan melihat ada tongkat yang menancap di depan rumahnya.

Ia pun merasa risih dengan tongkat itu, nyai pun langsung mencoba menyingkirkan nya tapi tidak bisa walaupun dengan sekuat tenaga tongkat itu tidak bergeming sedikitpun, lalu kakek kemarin datang kembali untuk mencabut tongkat itu.

Saat kakek mencabut tongkat keluar air yang memuncrat ke atas semakin lama air itu semakin deras dan membanjiri tempat itu, semua orang di desa pun bergegas mengungsi lain halnya dengan Nyai Endit, dia lebih memilih tetap tinggal menjaga hartanya.

Saat air semakin naik, Nyai Endit tenggelam bersama hartanya. Maka dari sejarah itulah tercipta sejarah Situ Bagendit sekarang. Kisah ini sudah sangat lazim di kalangan cerita dongeng anak anak.

Pusat Wisata Situ Bagendit

Situ Bagendit
Sumber Gambar: Rencana-Liburan

Banyak yang dapat di lakukan oleh para wisatawan saat berkunjung ke wisata ini seperti mengelilingi danau menaiki perahu atau rakit yang telah disediakan oleh pengelola wisata, para wisatawan cukup membayar Rp 10.000 perorang dan Rp 5.000 untuk anak anak.

Dengan harga tiket yang terjangkau kalian sudah dapat menikmati pesona alam Bagendit, wisata ini buka setiap hari dari mulai jam 08.00-17.00 WIB. Luas wisata ini mencapai 124 ha, tak hanya warga lokal, masyarakat luar wilayah pun banyak yang sengaja berkunjung ke wisata ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Drone Mamang

Para wisatawan dapat mengabadikan moment yang indah di tengah danau dan melihat beberapa pegunungan yang bisa terlihat saat berada di tengah tengah danau, ada Gunung Cikuray, Gunung Guntur, Gunung Kaledong, Talaga Bodas, dan Gunung Haruman.

Tak hanya menaiki perahu dan rakit para wisatawan dapat menghabis kan waktu dengan main sepeda air, dan memancing. Wisata ini sangat cocok untuk kaum milenial jaman sekarang apalagi jika kalian liburan untuk menghabiskan waktu.

Lokasi Situ Bagendit

Dari Kota Bandung ke wisata ini diperkirakan memakan waktu hingga 1 jam 40 menit lamanya, jika kalian dari Kota Garut, kalian hanya memerlukan waktu 28 menit untuk mencapai tujuan loaksi.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.