spot_img

Candi Gebang – Candi Indah Di Yogyakarta Yang Masih Misterius

Daerah Istimewa Yogyakarta seolah menjadi “Rumah” bagi banyak Candi – Candi di Indonesia dengan Candi Prambanan yang merupakan Candi paling populer yang bisa kalian temukan di Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Selain Candi Prambanan kalian juga akan menemukan cukup banyak Candi – Candi lain yang memiliki keunikannya tersendiri sehingga membuatnya layak untuk kalian kunjungi terutama bagi kalian yang senang dengan sejarah.

Salah satunya adalah Candi Gebang yang merupakan sebuah Candi berukuran kecil akan tetapi memiliki keunikan dan pesona yang sangat khas, apalagi dengan lokasinya yang berada di tengah kota sehingga cukup mudah untuk kalian akses. Candi Gebang ini sendiri sangat cocok buat kalian yang ingin bersantai akan tetapi di saat yang bersamaan suka dengan lokasi – lokasi yang bersejarah.

Sumber Gambar: Google Maps @Wahyu Astungkara

Buat kalian yang memang kebetulan sedang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta rasanya sangat sayang sekali untuk melewatkan Candi yang unik ini, memangnya seberapa menyenangkannya sih liburan di Candi Gebang ini? Untuk memberikan kalian gambarannya, di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi informasi mengenai apa saja hal – hal menyenangkan yang akan kalian rasakan saat berlibur di Candi Gebang ini.

Apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas sehingga selain kalian mendapatkan gambarannya, kalian juga dapat melakukan beberapa persiapan sehingga waktu liburan kalian akan semakin menyenangkan.

Fasilitas Yang Dimiliki Candi Gebang

Sumber Gambar: Google Maps @stefanus wisanggono

Walaupun ukuran dari Candi Gebang terbilang cukup kecil akan tetapi fasilitas yang akan kalian temukan sudah cukup lengkap dan memadai sehingga kalian tidak perlu khawatir akan kerepotan saat sedang berlibur di Candi Gebang ini. Kalian akan menemukan sebuah area parkir yang cukup luas dan tentu saja aman sehingga kalian dapat menghabiskan waktu liburan kalian dengan tenang terutama bagi kalian yang membawa kendaraan sendiri.

Belum ada Mushola di Candi Gebang yang bisa digunakan bagi teman – teman yang beragama Islam akan tetapi tidak jauh dari lokasi Candi kalian akan menemukan sebuah Masjid yang bisa kalian gunakan untuk menunaikan ibadah kalian. Kalian juga akan menemukan beberapa warung – warung yang menjual hidangan – hidangan dengan cita rasa yang khas dan dapat kalian kunjungi saat perut mulai keroncongan.

Buat kalian yang ingin bersantai sudah ada beberapa fasilitas yang kalian gunakan sebagai bangku taman dan tentu saja taman yang posisinya mengelilingi dari Candi Gebang itu sendiri. Buat kalian yang ingin bersih – bersih, kalian dapat menggunakan toilet yang tidak hanya bersih akan tetapi juga terawat dengan sangat baik sehingga dapat kalian gunakan dengan nyaman saat kalian membutuhkannya.

Dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap ini, tentu saja waktu liburan kalian akan jauh dari kata merepotkan dan juga membuat pengalaman liburan kalian akan benar – benar menyenangkan.

Yang Menarik Dari Candi Gebang

Ada banyak hal menarik yang bisa ketahui dari Candi Gebang ini dan juga beberapa aktivitas menarik yang dapat kalian lakukan untuk mengisi waktu luang kalian selama berlibur di Candi Gebang, apa saja itu? Yuk, disimak!

Sejarah Candi Gebang Yang Masih Misterius

Sumber Gambar: Google Maps @Melinda Indini

Saat ini sejarah sebelum ditemukannya Candi Gebang masih menjadi misteri, hal ini dikarenakan tidak ada informasi mengenai siapa yang mendirikan bangunan Candi ini dan satu – satunya informasi adalah Candi ini adalah peninggalan Umat Hindu. Hal ini berkat ditemukannya Arca Ganesha, Lingga dan juga Yoni pada sekitar area Candi, bangunan utama dari Candi Gebang ini setinggi dua meter dengan luas mencapai 5 X 5 meter persegi.

Candi Gebang ini sendiri ditemukan oleh warga lokal setempat pada tahun 1936 yang pada awalnya hanya penemuan Arca Ganesha saja dan setahun kemudian bangunan Candi yang waktu itu ditemukan dalam kondisi rusak ditemukan oleh sekelompok Arkeolog yang dipimpin oleh Van Romondt.

Menikmati Keindahan Arsitektur Unik Dari Candi Gebang

Sumber Gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Candi Gebang ini sendiri memiliki gaya arsitektur yang cukup unik karena berbeda dengan bangunan atau gaya arsitektur Candi lainnya, Candi Gebang tidak memiliki bangunan tangga yang biasanya digunakan ke selasar. Kalian juga akan melihat beberapa reruntuhan bangunan yang dipercaya oleh banyak orang adalah bangunan Candi lainnya sehingga dapat disimpulkan jika pada awalnya Candi Gebang tidak hanya memiliki satu bangunan Candi saja.

Bersantai Di Taman Asri

Sumber Gambar: Google Maps @ Rindu Agatya

Jika kalian ingin menghabiskan waktu liburan kalian dengan santai maka ada satu tempat yang dapat kalian kunjungi saat berada di Candi Gebang, yaitu sebuah taman yang dipenuhi dengan pepohonan yang tinggi sehingga membuat tempat ini menjadi sejuk dan teduh. Kalian dapat melihat perkebunan warga saat sedang berada di taman ini, hal tersebut memberikan kalian sensasi seolah – olah sedang berada di sebuah desa dengan pemandangan yang asri.

Lokasi dan Alamat Candi Gebang

Jika kalian memang tertarik untuk berlibur di Candi Gebang, maka kalian dapat langsung mengunjungi lokasi Candi Gebang yang dapat kalian temukan di Jalan Jetis Raya, Jetis, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.