spot_img

Pantai Krakal, Pantai Terpanjang Dan Terluas Di Gunung Kidul

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang sudah terkenal akan banyaknya destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Mulai dari destinasi wisata sejarah, alam, candi, air terjun, hingga wisata pantai. Salah satu daerah di Yogyakarta yang memiliki potensi besar terhadap wisata air adalah kabupaten Gunungkidul. Wisata pantai merupakan kelebihan yang dimiliki oleh kabupaten Gunung Kidul. Deretan keindahan wisata pantai pasti akan membuat para wisatawan bingung untuk menentukan pilihan, destinasi wisata mana yang akan dikunjungi. Di gunung Kidul sendiri para wisatawan direkomendasikan untuk mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai yang di maksud yaitu Pantai Krakal Gunung Kidul. Sesuai dengan namanya wisata pantai Krakal di terletak di perkampungan Krakal. Tepatnya Pantai Krakal terletak di kelurahan Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul.

Sumber Gambar: Google Maps @Albertus Aditya Budi Setiawan

Pantai Krakal di Gunung Kidul ini Lokasinya berada sekitar kurang lebih 37 kilometer dari arah selatan Kota Wonosari. Pantai Krakal adalah objek wisata pantai yang mempunyai luas serta paling panjang bila dibandingkan dengan pantai Gunung Kidul lainnya. Tak jauh dari Pantai Krakal, ada destinasi wisata pantai yang cukup memikat juga yaitu Pantai Drini, yang berjarak 2 kilometer disebelah timur. Salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini masih satu jalur dengan wisata pantai Baron Jogja dan pantai Kukup.

Sumber Gambar: Google Maps @Thankful Servant

Pantai Krakal memiliki pasir berjenis pasir putih, ditambah dengan bebatuan karang yang berada di tepi sepanjang pantai. Hal itu membuat Pantai terlihat sempurna ditambah pula dengan  kesegaran angin sepoi-sepoi dan panorama laut, sayang untuk dilewatkan. Pantai Krakal ini memiliki beragam biota laut yang ikut menghiasi pinggiran pantai. Para wisatawan juga dapat berburu biota laut yang ada di sini. Untuk dapat berburu biota laut, para wisatawan bisa menggunakan alat bantu seperti jaring kecil yang biasanya di jual oleh pedagang sekitar area pantai.

Sumber Gambar: Google Maps @Kristian Muladi

Sama seperti tempat wisata lain yang selalu memberikan pesonanya untuk memikat hati para wisatawan, Pantai Krakal Gunung Kidul ini juga ikut memberikan berbagai panorama alam yang dapat mendamaikan hati dan pikiran. Ketika perjalanan menuju objek wisata, para wisatawan akan disugguhkan berbagai pemandangan bukit kapur serta bongkahan batu karang yang menjadi pemandangan yang indah. Di sepanjang perjalanan juga para wisatawan bisa melihat adanya Bebatuan di bagian kanan dan kiri yang disebut dengan daerah karst.

Pantai Krakal, Pantai Cantik yang Menawan Hati di Gunung Kidul - Java Travel
Sumber Gambar: javatravel.net

Wisatawan bisa  melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di pantai Krakal seperti

  1. Karena Pantai yang satu ini memiliki berbagai aktivitas yang bisa menjadi pilihan para wisatawan. Para wisatawan bisa melakukan aktivitas air seperti bermain air, berenang, untuk yang ingin melakukan kegiatan berenang pastikan selalu berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  2. Para wisatawan juga bisa berselfie ria dan mengabadikan momen bersama keluarga atau orang-orangdiinginka Pantai Krakal ini juga menjadi tempat favorit karena pantai Krakal memiliki pasir putih yang cantik, sehingga membuat para wisatawan yang ingin berfoto bisa dengan menggunakan latar belakang suasana pantai yang akan membuat hasil foto menjadi sangat instagenic. Tidak hanya pasir pantai saja, wisatawan juga dapat berfoto di icon pantai krakal yaitu berupa bangunan berbentuk ikan yang terletak di bukit sebelah kanan. Untuk menuju ke icon pantai krakal, pengunjung harus bejalan kaki menaiki bukit kurang lebih hanya 200 meter saja
  3. Para wisatawan juga bisa melihat biota serta bebatuan karang yang menjadi habitat asli di Pantai ini
  4. para wisatawan juga bisa melakukan penjelajahan kuliner di warung-warung makan yang berada di kawasan Pantai.
  5. Di sini para wisatawan bisa berburu ikan hias di pinggiran pantai, bermain sepak bola pantai, bermain layang layang dengan memanfaatkan luasnya bibir pantai yang sangat panjang, kira kira panjang pantai Krakal sekitar 40.000 meter.

Pantai Krakal, Surga Tersembunyi di Gunungkidul, Yogyakarta
Sumber Gambar: pegipegi.com

Di Pantai Krakal ini, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas umum yang dapat mendukung kenyamanan para wisatawan saat berkunjung. Fasilitas yang di sediakan sudah cukup lengkap mulai dari,

  1. Musholla

Pihak pengelola wisata ini menyediakan Musholla yang bisa digunakan secara umum dan sepanjang waktu, bagi para wisatawan yang ingin beribadah sholat bisa dilakukan dengan nyaman.

  1. Toilet

Fasilitas yang kedua yaitu berupa toilet. Toilet di Tempat wisata ini cukup rapi dan tertata juga bersih, sehingga nyaman untuk digunakan.

  1. Warung

Bagi para wisatawan yang merasa lapar bisa dengan mudah menemukan warung makan yang ada di sepanjang kawasan Pantai Krakal ini. Letaknya yang tertata membuat warung makan mudah di temukan.

  1. Gazebo

Gazebo di sediakan untuk tempat istirahat para wisatawan, juga tempat menaruh barang bawaan.

  1. Penginapan

Meski fasilitas yang satu ini tidak gratis, tapi bagi para wisatawan yang hendak bermalam bisa banget untuk menikmati malam di Pantai Krakal ini. Sambil menikmati suasana malam di temani suara deburan ombak.

Bagi Anda yang hendak berkunjung, biaya yang harus di bayar untuk tiket nya seharga Rp. 7.000,-/orang. Sangat terjangkau dan ramah dikantong sekali bukan. Tunggu apalagi ayo segera berkunjung.

Lokasi : Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.