OUR NETWORK

10 Tempat Menarik yang Bisa Dikunjungi Saat Berlibur ke Keerom

Kabupaten Keerom di Provinsi Papua, Indonesia merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif liburan ketika sudah bosan dengan destinasi yang itu-itu saja.

Sebenarnya ada apa saja sih di Kabupaten Keerom? Berikut ulasan 10 tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat singgah ke Kabupaten Keerom.

Kota Arso

Sumber: Instagram @angel_budiawan

Mengunjungi Kabupaten Keerom tentu tidak akan lengkap tanpa menapakkan kaki di ibu kotanya terlebih dahulu. Selain menjadi pusat pemerintahan, Kota Arso juga merupakan salah satu kota yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini (PNG). Suasana kota ini masih terasa begitu asri dan udaranya sejuk, sangat cocok untuk menikmati kuliner bubur papeda yang semakin jarang ditemukan.

Kampung Wisata Yowoung

Sumber: Instagram @chipy610

Kampung Wisata Yowoung yang terletak di Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom merupakan salah satu destinasi prioritas yang dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Keerom. Di Kampung wisata ini ada banyak aktivitas berkebun yang bisa dilakukan seperti menanam kayu gaharu, memetik dan menikmati langsung buat naga. Kampung wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sarana edukasi dan bersenang-senang bersama keluarga.

Taman Wisata dan Rekreasi “Waisamba”

Sumber: Google Maps

Taman Wisata Waisamba atau yang lebih sering dikenal sebagai Kolam Renang YeWe merupakan kolam renang yang airnya bersumber langsung dari mata air Gunung Gudang Garam. Kolam renang ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dimana tersedia pondok istirahat pada masing-masing sisi kolam. Tempat ini juga menyediakan fasilitas sewa pelampung dan aula serbaguna dengan tarif yang cukup terjangkau, sehingga cocok untuk dipakai berkumpul dalam kegiatan dengan nuansa yang lebih formal.

Tiket masuk menuju kolam renang ini juga masih sangat terjangkau, dimana anak-anak dikenai biaya sebesar Rp 10.000 dan dewasa sebesar Rp 20.000. Selain itu, jika pengunjung menggunakan kendaraan roda empat maka akan dikenai tambahan biaya parkir sebesar Rp. 5000 dan roda dua sebesar Rp. 2000. Jangan ragu lagi untuk mengunjungi Kolam Renang YeWe dan menimati kesejukan air kolam yang bersumber langsung dari mata air pegunungan, sensasinya jelas akan berbeda dengan kolam berkaporit.

Gua Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor

Sumber: Google Maps

Gua ini tepatnya terletak di Kota Arso, Kabupaten Keerom. Berada di Ibu kota Kabupaten Keerom membuat akses menuju tempat wisata ini mudah untuk dijangkau. Tiket masuknya seharga Rp 20.000. Tidak perlu khawatir datang jam berapapun ke tempat ini, karena tempat wisata ini beroperasi selama 24 jam.

Air Terjun Pintu Angin (Air Terjun Walukubun)

Air Terjun Pintu Angin di Keerom ini merupakan salah satu air terjun yang masih belum banyak terjamah oleh manusia. Meskipun air terjunnya tidak terlalu besar, namun kondisinya yang masih sangat alami membuat ait terjun ini memiliki daya pikat yang kuat.

Air Terjun Selani

Tidak kalah dengan Air Terjun Pintu Angin, Air Terjun Selani yang juga masih belum banyak tersentuh oleh manusia. Air terjun ini juga menjadi spot wajib yang dikunjungin saat berada di Kabupaten Keerom.

Danau Love dan Bukit Hijau

Sumber: Instagra, @erick20walewawan

Tempat wisata yang satu ini sebenarnya terletak di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur. Namun, akses menuju lokasi wisatanya akan lebih dekat dijangkau dari Keerom. Danau Love merupakan danau unik berbentuk hati. Danau ini dikelilingi oleh bukit hijau yang membuat bentuk hati dari danau ini semakin terlihat jelas. Banyak wisatawan yang menjadikan puncak bukit sebagai spot untuk berfoto bersama keluarga maupun pasangannya.

Gereja GKI Eklesia Dukwia

Sumber: eklesiadukwia.blogspot.com

Di daerah Arso Barat, Kabupaten Keerom terdapat gereja kecil bernama GKI Eklesia Dukwia. Gereja ini telah berdiri sejak tahun 1992, diinisasi oleh kepala-kepala keluarga Kristen dari Jawa Timur yang melakukan transmigrasi ke Papua pada tahun 1992. Gereja ini bisa dijadikan pilihan untuk wisata religi atau sekedar melihat sejarah.

Masjid Agung Nurul Huda Arso II

Sumber: Google Maps

Distrik Arso, Kabupaten Keerom juga memiliki Masjid Agung. Sama seperti masjid pada umumnya, Masjid Agung Nurul Huda dapat disinggahi oleh siapa saja dan cukup ramai pada saat hari Jum’at.

Pura Jagatnatha, Arso

Lokasi terakhir masih berhubungan dengan tempat peribadatan. Di Kabupaten Keerom juga terdapat sebuah Pura bernama Jagatnata. Pura ini menjadi tempat berkumpulnya tokoh dan sesepuh umat Hindu di Arso. Tidak hanya sebagai tempat beribadah umat Hindu, di dalam pura ini juga terdapat berbagi macam alat-alat kesenian.

 

Comments

Loading...