spot_img

De Tjolomadoe – Lokasi Wisata Keren Dari Pabrik Berusia 161 Tahun

Tahukah kalian jika di Kabupaten Karanganyar memiliki sebuah lokasi wisata yang disulap dari sebuah pabrik gula yang sudah berusia selama 161 tahun? Lokasi wisata tersebut bernama De Tjolomadoe yang disulap dari pabrik gula bernama Pabrik Gula Colomadu yang sudah berdiri sejak tahun 1861. Namun Pabrik Gula Colomadu ini dihentikan dari segala aktivitasnya pada tahun 1988 dan barulah pada tahun 2018 kemarin digunakan kembali akan tetapi sebagai tempat wisata.

Sumber Gambar: Google Maps @De Tjolomadoe

Dengan kata lain sebelum digunakan kembali sebagai sebuah lokasi wisata De Tjolomadoe sudah terbengkalai sekitar 20 tahun. Akan tetapi bangunan pabrik yang terbengkalai tidak akan kalian lihat lagi melainkan digantikan dengan bangunan megah yang mengesankan. Kalian bahkan sudah dapat melihat kemegahan dan keindahan bangunan De Tjolomadoe dari kejauhan.

Buat kalian yang suka mengunjungi museum maka De Tjolomadoe mungkin akan kalian sukai, kenapa? Kalian kalian akan melihat berbagai macam alat – alat yang digunakan untuk memproduksi gula yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Nah, kalian penasaran dengan apa saja yang ditawarkan oleh lokasi wisata De Tjolomadoe ini?

Kalau begitu, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas untuk mendapatkan gambaran seseru apa sih berlibur di De Tjolomadoe.

Fasilitas Di De Tjolomadoe

Sumber Gambar: Google Maps @butterfly

Fasilitas yang ada di De Tjolomadoe ini sendiri sudah sangat lengkap, yang mana akan membuat waktu liburan kalian semakin menyenangkan. Fasilitas pertama tentu saja adalah area parkir yang dapat kalian gunakan untuk memarkir kendaraan pribadi kalian. Dengan begitu, kalian dapat berlibur dengan tenang karena kendaraan kalian akan terjaga dengan baik.

Semua ruangan dari De Tjolomadoe juga sudah diberikan dengan nama sesuai dengan fungsinya ketika masih beroperasi yang tentu saja sangat memudahkan kalian. Buat kalian yang lapar, ada warung – warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Selain itu De Tjolomadoe juga menyediakan ruangan yang dapat kalian sewa untuk berbagai aktivitas bahkan sebagai tempat resepsi pernikahan.

Sedangkan untuk bersih – bersih, sudah ada toilet yang dapat kalian gunakan dengan nyaman karena tidak hanya bersih tapi juga terawat dengan baik.

Aktivitas Di De Tjolomadoe

Saat berlibur di De Tjolomadoe kalian juga akan dimanjakan dengan berbagai aktivitas menyenangkan sehingga tidak perlu takut akan bosan. Dan di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai beberapa aktivitas menyenangkan apa saja yang bisa kalian lakukan di De Tjolomadoe. Penasaran? Yuk, simak!

Melihat Berbagai Alat Produksi Gula Berusia Lebih Dari 100 Tahun

Sumber Gambar: detjolomadoe.com

Bagi kalian yang senang menghabiskan waktu di tempat bersejarah layaknya museum maka kalian sudah tepat dengan datang ke De Tjolomadoe. Kenapa? Karena lokasi wisata yang satu ini juga sudah bisa dianggap sebagai museum, lebih tepatnya museum produksi gula. Kalian dapat melihat kembali berbagai alat – alat yang digunakan untuk memproduksi gula pada zaman itu yang usianya sudah lebih dari 100 tahun lamanya.

Sumber Gambar: Google Maps @Dany Satyogroho

Di De Tjolomadoe kalian dapat melihat alat – alat yang digunakan untuk memproduksi gula mulai dari tebu hingga menjadi gula. Kalian dapat melihat alat seperti mesin uap, mesin giling dan mesin lainnya. Apalagi alat – alat ini sudah di cat ulang sehingga memberikan kesan estetik yang lebih baik.

Untuk mempermudah kalian dan para pengunjung lainnya, pihak pengurus De Tjolomadoe memberikan nama kepada ruangan – ruangan sesuai dengan fungsinya ketika pabrik gula ini masih beroperasi. Dengan begitu kalian tidak akan kesulitan dan dapat melihat apa yang ingin kalian lihat, walaupun disarankan untuk melihat semua yang ada disini.

Berburu Foto Indah

Sumber Gambar: detjolomadoe.com

De Tjolomadoe memiliki banyak sekali spot – spot foto dengan latar belakang yang tidak hanya indah tapi juga unik. Terlepas dari alat – alat produksi gula, bangunan De Tjolomadoe ini juga menjadi salah satu spot foto yang tidak boleh kalian lewatkan. Ukurannya yang besar membuatnya terlihat sangat megah dan mengesankan.

Sehingga tidak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai latar belakang foto, kalian bahkan dapat menemukan foto bangunan De Tjolomadoe di sosial media yang diunggah oleh para pengunjung. Jadi siapkan kamera kalian atau setidaknya isi baterai smartphone kalian hingga penuh sehingga kalian dapat berburu foto yang indah.

Lokasi dan Alamat De Tjolomadoe

 Kalian tertarik? Kalau begitu langsung saja kunjungi lokasi De Tjolomadoe yang berada di Jalan Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.