in

Desa Tulpa di Yahukimo Ini Wajib Kamu Masukin Ke Wisata Budaya

Sumber Gambar: Twitter @peziarah_bebas

Terletak di bagian ujung timur Indonesia, Papua memang sudah terkenal dengan keindahan pariwisatanya. Bahkan keindahannya sudah mendunia lho! Papua sendiri dibagi ke dalam dua provinsi, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua. Nah, jika kamu berencana untuk berkunjung ke Provinsi Papua jangan lupa untuk mampir ke Desa Tulpa ya. Sayang banget lho kalau sampai dilewatin!

Mendengar namanya mungkin kamu masih merasa asing dengan desa ini kan? Desa yang bisa dijadikan sebagai pilihan destinasi wisatamu ini akan menyuguhkan keindahan dan sisi lain dari Papua. Disini kamu bisa melihat dan merasakan secara langsung tentang bagaimana sih masyarakat Papua hidup. Atmosfirnya yang masih sangat kental dengan unsur tradisi dan budaya akan membuatmu takjub.

Daya Tarik Desa Tulpa Yahukimo

Yahukimo merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Papua dengan ibu kotanya yang berada di Sumohai. Dinamakan Yahukimo karena ada 4 suku yang mendiami kabupaten ini. Terdiri dari Suku Yali, Hupla, Kimyal, dan Momuna. Daerah Yahukimo memang dikenal sebagai daerah yang tergolong masih minim fasilitas jika dibandingkan dengan daerah lainnya, terutama daerah-daerah yang ada di luar Papua.

Dengan alasan inilah, daerah Yahukimo akan sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisatamu. Karena disini masih sangat asri dan alami, dimana penduduk sekitar masih menjunjung tinggi nilai adat istiadat dan budayanya. Sungguh tempat yang sangat cocok untuk melepas penat dan melihat sisi lain dari keindahan Indonesia. Meskipun fasilitas masih sangat minim, namun daerah ini sudah memiliki Bandara Nop Goliat Dekai yang akan mempermudah para wisatawan jika ingin berkunjung.

Di Yahukimo sendiri, ada desa wisata lain yang namanya mungkin sudah familiar di telinga traveler yaitu Desa Kilise. Namun ada satu lagi desa yaitu Desa Tulpa yang tidak kalah indahnya lho. Di desa ini kamu akan menjumpai mayoitas bangunan akan di dominasi oleh Rumah Honai, rumah adat khas Papua yang sangat unik dan menarik.

Pemandangan yang disuguhkan pun juga sangat memukai karena tepat di belakang desa berdiri barisan pegunungan hijau. Melihatnya saja mampu menyejukkan mata siapapun yang memandangnya. Selain itu, suhu atau udara di desa ini juga sangat sejuk berkat di kelilingi oleh pegunungan dan kawasan desa yang sangat asri. Dijamin betah deh berlama-lama di desa ini.

Karena luas dari desa ini cukup kecil, kamu bisa berkeliling desa untuk melihat beragam aktivitas penduduk. Jika kamu baru pertama kali berkunjung, biasanya kamu akan disambut dengan tarian adat sebagai tanda penyambutan dan penghormatan kepada tamu. Kamu juga bisa melihat salah satu tradisi bernama bakar batu yang identik dengan bentuk rasa syukur penduduk kepada Tuhan atas hasil panen yang di dapatkan.

Tradisi bakar batu biasanya terdiri dari beberapa hasil panen yang dibakar seperti ubi, sayuran, dan daging babi. Hasil pembakaran ini juga bisa kamu nikmati bersama dengan penduduk sekitar lho! Berkunjung ke desa ini sungguh akan menjadi salah satu pengalaman yang dijamin tidak akan pernah kamu lupakan deh! Sebab hampir seluruh kegiatan penduduk masih sangat alami dan kental dengan unsur budayanya.

Penduduk Desa Tulpa juga sangat ramah, meskipun kehidupan mereka sangat berbeda namun rasa kebersamaan dan kekeluargaan akan kamu dapatkan. Setelah puas berkeliling di desa ini, kamu bisa berkunjung ke Bukit Klise yang ada di belakang desa. Di bukit ini kamu bisa menikmati keindahan Desa Tulpa dan keindahan Papua dari atas. Sungguh menakjubkan!