in

Desa Wisata Rejowinangun Dengan Cluster Wisata Yang Super Lengkap

Desa Wisata Rejowinangun
Sumber Gambar: Googlemaps @ Dadik Rakhmato

Kampung Wisata Rejowinangun, merupakan salah satu satu destinasi terpopuler di Yogyakarta, yang terletak tepat di JL. Nyi Adisari, Gg. Dahlia I Pilahan KG I  No 722, Kel. Rejowinangun , Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55171.

Yo

Kampung wisata ini sangat berdekatan dengan obyek wisata Kebun raya gembira loka, bakmi jowo Mbah Gito, dan Yogyatourium Dagadu yang sangat terkenal seantero Yogyakarta, tempat yang sangat wajib kamu kunjungi jika berada di kota Yogyakarta.

Jika kalian baru pertama berada di Kota Yogyakarta, tempat yang satu ini sudah sangat terkenal dan sudah diketahui masyarakat sekitar. Kalian juga mencari tempat ini dengan Google maps pada smartphone kalian, karena tempat ini sudah terdaftar di dalam Google maps

Dewa wisata yang menawarkan Cluster wisata yang super lengkap desa yang asri, bersih dan sangat bersahabat bagi siapa saja yang berkunjung, cluster yang mereka tawarkan antara lain, kerajinan, seni budaya, kuliner, edukasi agro, souvenir, dan sejarah.

Merupakan paket lengkap bagi wisatawan dalam satu tempat, kampung wisata yang telah dirintis dari tahun 2010. Dengan berbagai macam obyek wisata sera gelaran upacara adat yang menarik.

Kalian akan mendapatkan kesempatan langkah serta pengalaman yang sangat berharga jika mengunjungi desa ini. Kalian akan langsung belajar dan bersentuhan dengan bermacam gelaran upacara adat, dan kebudayaan yang mereka miliki.

Latihan Menari di Desa Wisata Rejowinangun

Desa Wisata Rejowinangun
Sumber Gambar: Googlemaps @ Pdhe Upie

Kalian akan menemukan banyaknya cluster budaya yang ditawarkan di desa ini, salah satunya adalah. Sanggar Tari Sekar Arum, untuk kalian yang sangat senang dan mencintai tari, di desa ini menawarkan sanggar yang mengajarkan tarian tradisional, Khususnya Tari Jawa.

Sanggar tari ini membuka kelasnya pada hari Kamis dimulai Pukul 16.00 WIB. Di pendopo bapak Frans Gunawan, yang berada di Rejowinangun RW 09. Dan dibuka untuk umum. Selain itu juga ada karawitan dan Panembromo Reno Budoyo Rini.

Disini kamu akan dilatih dan dibimbing langsung oleh Bapak Untung Suparjo. Yang rutin berlatih di sana setiap jumat Malam dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Tertarik bukan untuk datang menyaksikan atau mencobanya langsung?

Kuliner Yang Ditawarkan di Desa Wisata Rejowinangun

Desa Wisata Rejowinangun
Sumber Gambar: Googlemaps @ Desa Wisata Rejowinangun

Setelah capek dan Lelah selepas dari memutar-memutari kampung ini dengan bermacam cluster budaya yang mereka sajikan, tang lengkap rasanya jika kalian, tidak mencicipi beberapa kuliner khas yang ditawarkan di kampung ini.

Desa ini juga menawarkan berbagai macam wisata kuliner yang sangat sayang jika tak dicipi, dengan makanan khas jawa yang kaya bumbu dan rempah, membuat siapa saja yang menyantapnya menjadi ketagihan.

Salah satu wisata kuliner yang ada di tempat ini adalah, Bakmi Jowo Mbah Gito yang berada di JL. Nyi Ageng Nis No 09, Rejowinangun. Dengan menu spesialnya adalah bakmi godhog. Merupakan makanan primadonanya disini. Atau melihat dan berkunjung langsung ke Industri pembuatan tempe dan makanan tradisional lainnya.

Ada juga klister kampung herbal, yang terletak di RW 8 dan 9. Klister ini mengeluarkan produk berupa jamu gendong dan jamu instan dengan produk unggulannya jamu J’GER.

Serta tak lupa bermacam souvenir yang indah bisa kalian beli untuk dimiliki sebagai kenang-kenangan dan oleh-oleh. Kerajinan yang ada di kampung ini antara lain, kerajinan batik, kerajinan lukis, kerajinan kaca, kerajinan blankon, kerajinan sampah non organic, kerajinan kulit, kerajinan akrilik. Dengan harga yang sangat bersahabat di kantong.

Gelaran Upacara adat Yang ada di Desa Wisata Rejowinangun

Dalam gelaran upacara adat desa ini memiliki upacara adat Wiwitan. Merupakan adat dan tradisi yang terkait dengan pertanian, yaitu ritual pemotongan padi dengan menggunakan alat yang disebut Ani-ani.

Upacara adat wiwitan ini dirangkai dengan gelaran kirab budaya,dan gelar seni pertunjukan wayang kulit. Sebagai ungkapan kegembiraan warga atas hasil panen yang melimpah. Sekaligus ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jika kalian betah dan nyaman serta ingin tinggal lebih lama. Pihak pengelola menyediakan penginapan berupa homestay, di rumah penduduk Desa Wisata Rejowinangun.

Bagaimana makin tertarik bukan untuk datang ke Desa Wisata Rejowinangun. Segera datang langsung ke sini Bersama teman dan keluarga kalian.

Baca Juga: Gudeg Yu Djum Kuliner Khas Yogykarta Yang Melegenda