From Korea With Love Concert

Temukan Surga Tersembunyi Di Desa Wisata Cikolelet, Kabupaten Serang

Pantai Anyer, sahabat wisato sudah sangat tahu dengan salah satu tempat wisata di Kabupaten Serang ini. Pantai yang terkenal sebagai tempat berlibur masyarakat Ibukota dan sekitarnya. Lalu bagaimana dengan desa wisata cikolelet? Masih terdengar asing bukan?. Mari kita ulas salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Serang ini.

Cikolelet adalah nama sebuah desa yang berada di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Desa ini terletak 45 km dari pusat Kota Kabupaten Serang, sementara dari ibukota berjarak 141 km. Kalian bisa mengakses desa ini dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Desa ini memiliki panorama alam yang sangat luar biasa indah. Masyarakatnya yang sangat kreatif menjadikan desa ini sebagai desa wisata. Desa Cikolelet merupakan salah satu desa yang masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di ADWI ( Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021. Bahkan kabar terbaru yang sangat menggembirakan, Desa cikolelet berhasil menarik hati para juri. Ini terbukti dengan berita yang tersiar pada tanggal 1 Oktober 2021. Desa ini berhasil dan sedang mengikuti penjurian untuk masuk ke dalam 10 besar desa wisata terbaik se-Indonesia. Selamat Desa Cikolelet!. Give A Plus!.

Baca Juga : 5 Hal Menyenangkan Yang Bisa Kalian Lakukan Di Desa Wisata Apar, Kota Pariaman

Desa ini memiliki beberapa potensi wisata alam dan wisata ekonomi kreatif yang wajib kalian kunjungi sahabat wisato. Wisata alamnya tentu akan sukses membuat pikiran kalian segar kembali dan ekonomi kreatif menjadikan kalian kreatif lagi. Lalu apa saja wisata alam yang ada di desa wisata ini? bagaimana bentuk dari ekonomi kreatif masyarakat sekitar?.

Air Terjun Curug Kembar

Air Terjun Curug Kembar merupakan air terjun yang terbentuk secara alami. Air terjun ini memiliki dua aliran yang bersebelahan sehingga terlihat kembar. Itulah mengapa dinamakan Curug Kembar oleh masyarakat sekitar.

Sumber Gambar: Google Maps @info unik

Sahabat wisato bisa menyegarkan badan dengan mandi di curug ini. Jangan lupa bawa baju ganti ya!. Sedikit saran jika kalian ingin kesini, lebih baik pada musim kemarau karena jalannya yang masih tanah akan lebih mudah dilewati.

Gunung Pilar

Untuk menikmati pemandangan alam yang sangat eksotis dan memacu adrenalin. Sahabat wisato bisa pergi ke wisata puncak gunung pilar di Jl. Kp. Cibunut, Cikolelet, Kec. Cinangka, Serang, Banten 42167. Sebaiknya gunakan sepeda agar terasa lebih mantap lagi agar bisa menikmati dengan jelas Taman Nasional Rawa Dano.

Sumber Gambar: Google Maps@IRM JUPITER MX

Disini kalian juga bisa berkemah bersama kerabat atau pun teman-teman.

Air Terjun Curug Lawang

Sumber Gambar: Google Maps@wisato.id

Air Terjun Curug Lawang merupakan air terjun yang terbentuk secara alami di Desa Cikolelet. Destinasi wisata ini menyajikan keasrian dan kesejukan selama perjalanan. Sahabat wisato bisa mengakses curug ini dengan bersepeda gunung sekitar 20 menit. Bagi kalian yang tidak punya sepeda gunung jangan khawatir. Kalian bisa mengakses curug ini dengan berjalan kaki selama 40 menit. Untuk masuk ke curug ini kalian akan dikenakan biaya yang sangat murah sekali, hanya Rp 5.000. Namun sahabat wisato harus ingat ini, sebaiknya datanglah di musim kemarau untuk menghindari jalan yang sangat licin dan terjal jika diguyur air hujan. Ini juga berguna untuk meningkatkan keselamatan sahabat wisato dalam berwisata. Saran khusus dariku juga, kenakanlah sepatu gunung agar perjalanan jauh dari kendala.

Budidaya Jamur Tiram

Di Desa Cikolelet bukan hanya wisata alam yang bisa dikunjungi. Ada beberapa wisata ekonomi kreatif dari masyarakat sekitar, salah satunya budidaya jamur tiram. Ada beberapa tempat budidaya jamur tiram. Rekomendasi untuk sahabat wisato adalah budidaya jamur tiram di samping bengkel las, Jl. Raya Sepang Jl. Buntu No.2, batok bali, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116. karena tempat ini buka 24 jam. 

Sumber Gambar: Google Maps @Budidaya jamur tiram serang banten

 

Disini kalian bisa melihat bagaimana cara penanaman spora jamur, membuat balok tumbuh jamur, cara merawat dan menyiram. Bahkan kalian juga bisa melihat dan ikut memanen langsung jamur tiram. Dengan catatan jika datang saat musim panen ya. Kalian juga bisa menjadikan ini sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

Pengolahan Melinjo

Pengolahan melinjo bukanlah hal yang aneh di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Produk yang terkenal dari pengolahan melinjo ini adalah Emping Melinjo. Nah disini kalian bisa melihat semua proses pengolahan melinjo menjadi produk jadi, seperti Emping Melinjo. Bahkan kalian bisa membelinya untuk oleh-oleh. Silahkan datang ke Sentra Emping Waringinkurung.

Sumber Gambar: Google Maps@Iim Sukses

Bagaimana sahabat wisato tanggapan kalian tentang Desa Wisata Cikolelet?. Apakah masih ragu menjadikannya sebagai tempat wisata kalian berikutnya?. Tentu tidak kan!.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.