in

Destinasi Wisata Religi Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli

Sumber Gambar: jejaktrip.com

Taman Doa Bunda Maria / gua bunda Maria merupakan tempat berziarah sekaligus tempat beribadah bagi umat nasrani, baik itu Katholik maupun Kristen. Di tempat suci tersebut terdapat suatu tapak tilas dari perjalanan Yesus ketika berada di bumi.

Taman Doa Bunda Maria tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Semua gua / taman bunda Maria sama – sama mengisahkan perjalanan Yesus, terutama saat disalib. Perbedaan antara taman / gua bunda Maria satu dengan yang lain hanya terletak pada tatanan taman dan tapak tilas Yesus.

Sumber Gambar: mytrip.co.id

Sedangkan untuk Taman Doa Bunda Maria yang ada di Gunungsitoli, terdapat hal yang sangat istimewa. Hal tersebut berupa tatanan taman yang sangat terawat dan rapi. Suasana berdoa pun akan menjadi lebih tenang. Selain itu juga dapat bersantai sekaligus menikmati keindahan taman tersebut.

Lokasi Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli

Lokasi destinasi wisata religi Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli terletak di Kepulauan Nias. Tepatnya berada di Jl raya Pelud Binaka no km 6,5, Gunungsitoli Sel, Gunungsitoli, Sumatera Utara. Jadi lokasi tersebut bukan berada di daratan Pulau Sumatera, melainkan berada di sebuah pulau kecil yang masih termasuk ke dalam wilayah provinsi Sumatera Utara.

Dengan lokasi yang terletak di suatu pulau, tidak mengharuskan menggunakan perjalanan jalur laut. Sebab di kepulauan Nias telah terdapat sebuah bandara domestik, Binaka airport. Lokasi dari Binaka airport berada di Jl pelabuhan udara Binaka km 19,1, Binaka, Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Selanjutnya dapat melakukan perjalanan darat menuju ke destinasi. Baik itu menggunakan jasa sewa kendaraan maupun alat transportasi umum. Di kepulauan Nias terdapat puluhan pelabuhan yang dapat dijadikan sebagai alternatif destinasi transportasi laut. Tetapi hanya terdapat sebuah pelabuhan yang lokasinya berada tidak jauh dari destinasi wisata religi Taman Doa Bunda Maria. Pelabuhan tersebut adalah pelabuhan laut Pulau Nias.

Pelabuhan laut pulau Nias juga berada di daerah Binaka. Tepatnya terletak di Jl raya Pelud Binaka, Luaha Laraga, Gunungsitoli, Sumatera Utara. Sayangnya waktu operasional pelabuhan tersebut tidak 24 jam non stop dan setiap hari. Untuk waktu operasional pelabuhan laut Nias dimulai dari pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. Pelabuhan tersebut umumnya hanya beropasional pada weekday, mulai dari hari Senin – Sabtu. Khusus untuk hari besar dan hari libur nasional, terkadang ditutup dan waktu operasional pun berubah.

Sehingga apabila ingin menggunakan jalur laut, pastikan terlebih dahulu bahwa pelabuhan dalam operasional. Selain itu juga seharusnya tidak berlama – lama menikmati pesona dari destinasi wisata religi tersebut hingga lupa waktu. Atau terpaksa harus bermalam di pulau Nias.

Pembangunan Destinasi Wisata Religi Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli

Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli ini mempunyai luas sebesar ±1 hektar. Pembangunan wisata religi tersebut bukan dipelopori oleh gereja, melainkan perorangan. Hal ini pun cukup istimewa, karena biasanya pendirian gua / Taman Doa Bunda Maria merupakan hasil kesepakatan gereja. Pembangunannya pun sepenuhnya dibiayai oleh gereja dengan dana seadanya.

Sumber Gambar: Google Maps @Sandro Ptm

Khusus untuk Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli ini dipelopori oleh sepasang suami istri. Beliau adalah Johanes Gregorius Guma Tukan. Destinasi wisata religi tersebut didirikan pada 2014. Untuk pemberkatannya dilakukan oleh uskup keuskupan sibola mgr ludovicus si.

Harga Tiket Masuk Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli

Destinasi wisata religi untuk umat nasrani ini bukan merupakan destinasi wisata gratis seperti pada umumnya. Biasanya destinasi wisata religi gua / Taman Doa Bunda Maria adalah gratis. Tetapi masing – masing pengunjung diharapkan untuk memberikan sumbangan operasional seihklasnya. Tetapi hal tersebut bukanlah suatu kewajiban.

Sumber Gambar: mytrip.co.id

Untuk destinasi wisata religi Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli diberlakukan tarif tiket masuk. Tarifnya pun juga tidak mahal. Untuk dewasa, dikenakan tarif kontribusi sebesar 5.000 IDR per orang. Sedangkan untuk anak – anak gratis. Hasil dari kontribusi para pengunjung akan digunakan untuk biaya operasional taman Doa tersebut. Setiap saat pun akan terdapat pembaharuan spot – spot yang menarik dan bernuansa religi.

Sedangkan untuk hari operasional dari destinasi wisata religi tersebut adalah setiap hari. Sementara untuk waktunya selama 24 jam non stop. Jadi para pengunjung dapat berdoa setiap saat tanpa adanya batasan waktu. Biasanya pada hari libur atau weekend suasana di Taman Doa Bunda Maria di Gunungsitoli cukup ramai.

Aktivitas Di Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli

Untuk aktivitas di Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli tidak terbatas. Hanya saja ada perbedaan dan batasan aktivitas bagi masing – masing pengunjung. Pada dasarnya, pendirian taman Doa ini sebagai destinasi wisata religi. Namun tidak menuntut bagi umat non nasrani untuk berkunjung. Jadi siapa pun diperbolehkan untuk mengunjungi destinasi wisata religi ini. Tetapi bagi pengunjung non nasrani, tidak banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Hanya sebatas menikmati suasana alam dan hunting foto.

Sumber Gambar:
tentangkatolik

Sementara itu untuk pengunjung nasrani, aktivitas yang dapat dilakukan pun sangat tidak terbatas. Tetapi ada satu aktivitas utama yang harus dilakukan. Aktivitas tersebut adalah berdoa. Selain berdoa, aktivitas yang tidak boleh dilewatkan adalah menyelusuri tapak tilas perjalanan Yesus selama berada di bumi. Selain itu dapat mengikuti kebaktian yang diadakan oleh pengelola Taman Doa Bunda Maria tersebut. Khusus untuk kebaktian pada hari raya, akan diadakan suatu festival dan misa. Misalnya pada hari natal, akan muncul santa claus / sinterklas. Pengunjung pun juga dapat hunting foto di berbagai spot foto yang tersedia.

Taman Doa yang dibuka untuk umum, dapat dijadikan sebagai lokasi acara khusus seperti pernikahan. Dengan melangsungkan pemberkatan pernikahan di destinasi wisata tersebut, suasana pasti terasa lebih damai dan tenang.

Spot Foto Taman Doa Bunda Maria

Sumber Gambar: jejaktrip.com

Di dalam destinasi wisata religi tersebut, terdapat berbagai macam spot foto layaknya taman pada umumnya. Hasil fotonya sangat apik dan instragamable, apalagi destinasi wisata religi tersebut sangat hitz di media sosial.

Untuk spot foto utama adalah patung Bunda Maria. Selain itu patung tentang ilustrasi Yesus pun juga menjadi spot cukup menarik. Begitu pula dengan spot simbol salib dan ilustrasi perjalanan Yesus selama berada di bumi.

Selain spot religi juga terdapat spot yang bernuansa alam dan ghotic. Untuk spot alam berupa taman yang penuh dengan pepohonan hijau dan berbagai macam bunga. Taman disusun dan ditata dengan rapi, bersih dan subur. Dengan jalan setapak yang berupa keramik membuat suasana taman Doa tersebut sangat bersih. Hiasan di langit – langit juga menjadi spot favorit para pengunjung. Sedangkan untuk spot yang bernuansa Gothic adalah patung para angle / malaikat.

Itulah review lengkap mengenai destinasi wisata religi Taman Doa Bunda Maria yang berada di Gunungsitoli. Destinasi wisata tersebut merupakan referensi tempat wisata yang sangat rekomended, terutama untuk umat nasrani. Dengan mengunjungi destinasi wisata tersebut, dapat menambah keimanan dan lebih dekat dengan Yesus.