OUR NETWORK

Bukit Batu Tumpang Bukit Fenomenal Dengan Lafadz Allah

Sumber Gambar: jurnalposmedia.com

Bukit Batu Tumpang Lampung menjadi destinasi wisata yang sedang hits. Sebab ada sebuah fenonema alam yang terjadi baik itu disengaja ataupun tidak disengaja. Fenomena alam tersebut berupa sebuah bongkahan batu besar yang terdapat lafadz Allah dalam hurup Arab.

Dengan adanya fenomena tersebut keberadaan dari bukit ini sangat cepat populer. Apalagi bukit ini menjadi spot foto terbaik di area Lampung Tengah. Dengan konsep spot foto yang diusung sangat colorful.

Tempat wisata spot foto batu tumpang ini pertama kali dibuka pada 12 februari 2017. Jadi pada tahun 2020, tempat wisata spot foto ini genap berumur 3 tahun. Pelopor dari berdirinya tempat wisata ini yaitu Camat Pubian, Isa Ansori, S.sos.

Sumber Gambar: Youtube @nayna kalila

Lalu tempat wisata spot foto ini mempunyai nama lain yaitu bukit batu over lapping. Arti dari over lapping sendiri yaitu tumpang / tumpah. Perpaduan dari konsep colorful dengan pesona tebing menjadi perpaduan landscape yang cukup sempurna. Hasil foto pun sangat instagramable dan natural. Terlebih lagi area di tempat wisata ini telah mempunyai fasilitas yang cukup memadai. Termasuk akses jalan menuju bukit yang telah dapat dengan mudah diakses dengan tangga.

Lokasi Bukit Batu Tumpang Lampung

Letak dari wisata spot foto Bukit Batu Tumpang terletak di Payung Rejo, Kec Pubian, Kabupaten Lampung Tengah. Untuk akses menuju ke destinasi tersebut cukup mudah. Kondisi jalan yang dilalui juga cukup baik. Letak dari lokasi wisata ini sangat strategis dan tidak terpencil. Lokasi dari tempat wisata tersebut sangat mudah diakses dari 2 titik berbeda, yaitu dari arah Kotabumi dan Bandar Lampung.

Untuk waktu perjalanan yang dibutuhkan dari arah Kota Bandar Lampung sangat singkat dan hanya memerlukan waktu selama ±1 jam perjalanan. Begitu pula dengan akses dari arah Kotabumi yang juga memerlukan waktu perjalanan ±1 jam.

Rute Jalan Menuju Ke Wisata Spot Foto Batu Tumpang

Rute jalan menuju ke destinasi wisata Batu Tumpang terdapat 2 buah, yaitu rute Bandar Lampung dan rute Kotabumi. Kedua rute tersebut memakan waktu perjalanan yang hampir sama pula.

1. Rute Kotabumi

Untuk rute dari Kotabumi dapat dimulai dari pusat Kota Kotabumi dan jalur lintas Sumatra. Dari arah ini telusuri sepanjang Jl Raya Way Rarem. Ambil arah lurus hingga memasuki area Pubian. Lalu untuk patokan arah yang menuju ke wisata spot foto batu tumpang yaitu Toko Eva. Tepat di sebelah toko Eva ada jalan masuk. Lalu ambil jalan masuk tersebut. Saat tiba di suatu perempatan, belok ke arah kiri. Kemudian ambil arah lurus dan bahkan saat menjumpai suatu perempatan / pertigaan ambil arah lurus. Setelah menjumpai toko AZ Zahra, ambil arah jalan masuk yang berada di samping toko tersebut. Lalu ikuti saja petunjuk arah yang ada.

2. Rute Bandar Lampung

Untuk rute dari arah Kota Bandar Lampung, dapat ditempuh dengan menyelusuri sepanjang Jl Jendral Sudirman. Setelah sampai di ujung jalan, ada sebuah pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambil arah kiri / arah menuju ke Kotabumi.

Lalu lurus terus hingga menjumpai toko Eva. Kemudian untuk rute selanjutnya dapat mengikuti rute arah Kotabumi. Selain rute jalan di atas, ada rute lain yang mungkin jauh lebih efektif dan efesien. Rute tersebut dapat diperoleh dari Google map.

Harga Tiket Masuk Dan Waktu Operasional Wisata Spot Foto Bukit Batu Tumpang

Harga tiket masuk untuk destinasi wisata ini cukup murah. Saat hari normal, dalam arti weekday (senin – jumat), harga tiket masuk sebesar 5.000 IDR per orang. Sedangkan untuk weekend (Sabtu – minggu), harga tiket masuknya sebesar 10.000 IDR per orang. Khusus untuk tarif ini tidak hanya berlaku pada saat weekend, namun juga berlaku pada musim liburan dan lebaran. Jadi saat musim liburan dan lebaran berlangsung tarif tiket masuk normal tidak berlaku.

Sumber Gambar: Youtube @Yosep Alie

Sementara itu untuk waktu operasional dari tempat wisata ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB. Untuk jam tutup pada pukul 18.00 WIB. Untuk waktu operasional ini dapat berubah sewaktu – waktu dan tergantung dengan kondisi dari Bukit Batu Tumpang, apakah terlihat masih ramai ataupun telah sepi.

Fasilitas Wisata Spot Foto Bukit Batu Tumpang

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup kompleks. Terutama untuk akses jalan menuju ke atas bukit. Kondisi dari akses jalan tersebut sangat baik dengan wujud tangga telah dicor. Dengan demikian, setidaknya pengunjung pun tidak perlu khawatir, terutama pada saat musim penghujan. Karena akses jalan pun jauh dari resiko becek dan berlumpur. Namun pada saat musim penghujan, jalan pun juga tidak terhindar dari resiko licin. Sehingga pengunjung pun harus ekstra berhati – hati saat tangga licin.

Sumber Gambar: Google Maps @Alas 0025

Lalu di samping tangga juga telah dilengkapi dengan pegangan. Jadi mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi. Di area tempat wisata ini juga terdapat akses parkir yang cukup memadai. Lalu area food court juga sangat kompleks dengan berbagai macam pilihan menu makanan dan minuman. Selain itu ada pula toilet, tempat ibadah dan lain sebagainya.

Dari semua fasilitas yang ada, untuk fasilitas utama dari wisata ini yaitu area spot foto. Untuk area spot foto yang tersedia sangat sederhana, tetapi cukup berkarakter dengan konsep colorful. Terlebih lagi untuk pemanfaatan spot foto adalah gratis.

Daya Tarik Wisata Spot Foto Batu Tumpang

Daya tarik utama dari destinasi spot foto ini terletak pada spot foto. Bahkan spot foto menjadi pusat dan juga konsep utama pada Bukit Batu Tumpang ini. Di setiap sudut pun dipenuhi dengan area spot foto. Hasil foto yang dihasilkan di Bukit Batu Tumpang ini sangat apik dengan background area perbukitan. Lalu untuk spot foto sangat colorful dan variatif. Jumlah dari spot foto juga cukup banyak.

Sumber Gambar: Google Maps @cristianus fredy

Untuk spot foto yang pertama yaitu area sky tracking. Area ini merupakan sebuah jembatan bambu yang dijadikan sebagai akses jalan. Hal ini juga sering dimanfaatkan di hutan mangrove. Hanya saja letak dari jalur berada di ketinggian dan warna – warni. Untuk sky tracking menjadi salah satu spot utama. Mengingat wisata spot foto batu tumpang berada di daerah ketinggian.

Spot selanjutnya yaitu love sign. Untuk spot ini terlihat sangat keratif dengan memanfaatkan benda dengan bentuk silinder. Kemudian disusun secara rapi hingga membentuk love sign. Di bagian tengah terdapat ikon huruf batu tumpang.

Sumber Gambar: Google Maps @Visensius Ragil ageng

Selain spot foto sky tracking dan love sign, ada beberapa spot foto lain seperti gardu padang. Namun tidak begitu banyak diminati. Sedangkan untuk spot foto yang paling utama yaitu batu tumpang itu sendiri. Batu tumpang pada tempat wisata ini hanya berupa bongkahan batu besar. Lalu di bagian dari batu besar tersebut terdapat simbol Allah dalam huruf Arab.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…