OUR NETWORK

Fakta Menarik Tentang Lembah Baliem Puncak Jaya

Sumber gambar: beritapapua.id

Lembah Baliem, sebuah desa yang berada di ketinggian 1600 Mdpl. Terletak di Pegunungan Jayawijaya. Tempat bermukimnya suku Dani, menjadi salah satu desa di Papua yang paling terkenal. Keramahan penduduk, adat istiadat yang masih dijunjung tinggi, serta kebiasaan hidupnya menjadi salah satu daya tarik yang seakan tidak pernah luntur.

Sumber Gambar: jejakpiknik.com

Penemuan kawasan ini memang sedikit mengejutkan. Sekitar tahun 1938, seorang ekspedisi tanpa sengaja menemukan sebuah lembah yang dihuni oleh orang-orang suku. Semenjak itu, perlahan kawasan ini mulai diperhatikan dan dijadikan sebagai objek wisata andalan, termasuk festival Lembah Baliem yang sangat terkenal sampai ke seluruh penjuru.

Fakta-Fakta Menarik Seputar Lembah Baliem

Nah, berkunjung ke Lembah Baliem jangan hanya saat Festival Lembah Baliem saja. Karena, ada beberapa fakta menarik yang bisa kamu jelajahi dan bisa kamu dapatkan disini. Penasaran dengan fakta-fakta menarik tersebut? Mari kita lanjutkan perjalanannya di bawah ini.

  • Tradisi yang Masih Dijaga Sampai Sekarang

Sumber Gambar: Instagram @barrykusuma

Sisi menarik dari kawasan ini adalah tradisi yang masih tetap dijaga dengan baik. Ada beberapa tradisi yang masih bisa kamu nikmati disini. Mulai dari Potong jari tangan atau yang disebut dengan Ikipalin. Biasanya, bila ada keluarga yang meninggal sebagai salah bentuk tanda kesedihan.

Sumber Gamvbar: borobudurnews.com

Selain potong jari, kamu juga bisa melihat mereka yang kehilangan anggota keluarga dan mandi lumpur. Sebagai salah satu bentuk meluapkan kesedihan. Biasanya, setelah upacara kematian selesai. mereka akan melakukan pesta bakar batu. Sebenarnya, pesta ini tidak untuk upacara meninggal saja, melainkan bagi mereka yang lahiran pun para warganya juga akan melaksanakan kegiatan ini.

Sementara, untuk apinya sendiri cukup unik. Tidak menggunakan korek api lho,                  melainkan menggunakan gesekan kayu. Sebelum batu dikumpulkan, diberi alas terlebih dahulu dengan menggunakan dedaunan. Kemudian, bebatuan ini digunakan untuk bakar babi atau umbi

  • Pusat Pendidikan Islam Terbesar di Papua

Inilah hal yang mungkin, kamu tidak percaya mendengarnya. Maklum saja, kawasan Papua memang selalu dihadapkan dengan anjing dan babi. Tetapi, di Lembah Baliem inilah penduduk muslim menjadi yang terbesar di Papua. Pusat ajaran agama Islam pun juga berkembang disini, dengan hadirnya masjid sebagai salah satu tempat dakwah.

Menariknya, mereka masih hidup berdampingan dan merayakan upacara bakar batu bersama. Biasanya, yang dibakar adalah daging ayam terlebih dahulu, baru babi. Sungguh surga yang indah dengan kerukunan yang menjadi pemandangan nyata.

  • Potensi Wisata yang Tidak Pernah Habis

Sumber Gambar: Instagram @post_from_the_edge

Lembah Baliem mempunyai banyak pesona wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Dimana, kamu bisa melihat pemandangan Goa dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang cukup unik.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pesona pasir putih yang membuat kamu terpukau. Dengan perbukitan hijau yang pemandangannya hampir seperti pantai. Airnya juga asin lho. Hal ini yang menguatkan bahwa, lembah baliem dulunya adalah sebuah danau. Dimana, ada banyak batu granit yang menyembul dari tanah.

Sumber Gambar: papuadalamberita.com

Konon, terbentuknya lembah baliem karena dari sebuah lempeng-lempeng yang bergerak sehingga, membentuk kawasan yang bisa kamu saksikan saat ini. Ada juga Telaga Biru Maima, dimana disini dipercaya sebagai tempat manusia papua pertama yang ada. Terakhir kamu juga bisa menikmati Danau Heberna yang menjadi yang paling besar di pegunungan tengah.

  • Mumi Lembah Baliem

    Sumber Gambar: travel.detik.com

Fakta menarik selanjutnya, adalah penemuan mumi. Jadi, Indonesia juga punya mumi seperti di mesir. Biasanya, mumi ini disimpan di pilamo, atau rumah laki-laki suku Dani. Di tempat ini juga punya mumi yang usianya mencapai 300 tahun lho.

Kesimpulan

Lembah Baliem memang menjadi kawasan yang sangat menarik. Festival yang hampir setiap tahun diadakan menjadi salah satu daya tariknya. Kamu juga bisa mengikuti acara perang atar suku ini lho. Jadi, tidak ada salahnya menjadi warga suku Dani sejenak.

Hanya saja, untuk bisa mencapai kawasan ini. Kamu harus menempuh waktu yang tidak sedikit. Serta biayanya yang juga tidak murah. Tetapi, percayalah semuanya akan terbalas saat kamu sampai di tempat ini. Dari sudut sampai ke sudut lagi begitu indah. Begitupula dengan masyarakatnya. jadi, sudah siap berkunjung ke Lembah Baliem?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…