From Korea With Love Concert

Hotel Sriwijaya, Hotel Tertua di Jakarta

Hotel Sriwijaya adalah salah satu hotel yang ada di Jakarta. Hotel ini adalah hotel pertama yang dibangun di Jakarta dan menjadi tempat penginapan jadul yang kini telah disulap modern.

Sejarah Singkat Hotel Tertua Di Jakarta – Hotel Sriwijaya

Hotel Tertua Di Jakarta - Hotel Sriwijaya
Sumber Gambar: Kompas.com

Hotel Sriwijaya berdiri pada tahun 1863 sejak Conrad Alexander Willem Cavadino atau CAW Cavadino yang mencoba untuk memulai restoran dan juga Toko Kue. Sembilan tahun kemudian tepatnya 1872 Restoran ini berubah menjadi Hotel sementara itu Toko Kue dan juga Restoran dipindahkan ke Toko Cavadino yang terletak pada bagian depan bangunan hotel.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Pada saat itu banyak orang orang yang berasal dari Belanda maupun Eropa lainnya yang juga bermukim di Batavia. Hotel Cavadino ini sempat bertahan sampai pada tahun 1898 kemudian berubah nama menjadi Hotel du Lion d’Or.

Kemudian pada tahun 1941, hotel ini Kembali berganti nama menjadi Park Hotel dan pada tahun 1950 nama hotel ini berubah menjadi Hotel Sriwijaya yang mana nama tersebut bertahan sampai sekarang. Pada saat itu, Hotel Sriwijaya adalah sebuah hotel berbintang dua dan merupakan hotel milik Angkatan Udara Indonesia.

Hotel dan Toko Cavadino

Hotel Tertua Di Jakarta - Hotel Sriwijaya
Sumber Gambar: pinterest

Sebagai informasi nih guys, jadi berdasarkan sebuah iklan yang tersebar pada tahun 1894, Toko Cavadino disebutkan menjual berbagai makanan manis.

Hotel Tertua Di Jakarta - Hotel Sriwijaya
Sumber Gambar: GuideKu.com

Toko ini dulunya menyediakan berbagai macam permen, coklat, cerutu (Havana, Belanda, Manila), hingga menjual berbagai jenis minuman memabukan seperti bir, anggur, dan juga minuman beralkohol lainnya.

Terkenalnya Hotel dan tempat usaha ini dapat dilihat dari nama sebuah jembatan yang berada tepat di depan hotel ini, jembatan ini dinamakan dengan nama Jembatan Cavadino (Cavadino Bridge). Jembatan ini masih ada sampai sekarang. Kini letaknya berada di samping Hotel Sriwijaya, yaitu sejajar dengan pintu masuk kedalam hotel ini.

Perubahan Modernisasi Yang Terjadi Pada Infrastruktur Hotel Tertua Di Jakarta – Hotel Sriwijaya. Pada tahun 1999 bangunan lama pada hotel ini terpaksa harus diubah. Hal ini dikarenakan kondisi kayu jati yang ada di hotel ini sudah lapuk. Walaupun hampir sebagian besar bangunan di Hotel Sriwijaya ini telah diubah, jejak hotel dari masa Hindia Belanda ini masih dipertahankan kok sampai sekarang. Tentunya agar menjadi bukti bahwa hotel ini adalah hotel tertua yang dibangun di Ibukota Indonesia yaitu DKI Jakarta.

Fasilitas Dan Akomodasi yang Tersedia Pada Hotel Tertua Di Jakarta – Hotel Sriwijaya

Hotel Tertua Di Jakarta - Hotel Sriwijaya
Sumber Gambar: Agoda

Jadi Hotel Sriwijaya ini memiliki beberapa akomodasi yang lengkap dan tentunya nggak kalah modern dengan hotel hotel berkelas lainnya yang ada di Jakarta. Pada hotel ini tersedia tiga kelas yang tentunya memiliki fasilitas yang berbeda beda, sesuai dengan kelasnya.

Kelas kelas yang tersedia pada hotel ini adalah Standard Twin Rooms, Double Standard Rooms, dan pada kelas yang paling mahal terdapat Deluxe Double Rooms.

Sumber Gambar: traveloka.com

Pada Standard Twin Rooms luas kamar sekitar 24 meter persegi, kamar ini memiliki 2 kasur terpisah yang diperuntukan untuk 2 orang,lalu terdapat kulkas, mesin pembuat kopi dan teh, AC, kamar mandi pribadi, televisi, bangku, mini bar, shower dan juga sebuah toiletries.

Kemudian pada kelas double standar, kamar ini tidak jauh berbeda dengan Standard Twin Room semua fasilitas yang ada pada kamar ini sama saja. Yang membedakan hanyalah Kasur yang tersedia bukan single bed, melainkan double bed.

Selanjutnya adalah kelas Deluxe Double Room kamar ini cocok untuk dipakai keluarga karena terdapat sebuah single bed dan juga double bed sehingga dapat memuat banyak orang, fasilitas nya juga sama seperti kamar yang lain. Teman teman juga bisa menyewa gedung di Hotel Tertua Di Jakarta – Hotel Sriwijaya untuk acara pernikahan ataupun acara kumpul kumpul ainnya.

Lokasi Hotel Tertua Di Jakarta – Hotel Sriwijaya

Hotel ini berlokasi di Jl. Veteran No.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Bali atau kalian bisa menghubungi nomor telepon ini  10110.

Nah hotel ini bisa menjadi tempat persinggahan kalian loh apabila kalian berkunjung ke Jakarta.

 

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.