Arsitektur Sangat Megah Nan Indah Masjid Ruhama Aceh

Masjid Ruhama merupakan salah satu masjid yang namanya cukup populer di Provinsi Aceh. Alamat lengkapnya berada di Jalan Merah Mersa, Tankengon Barat, Kecamatan Tawar, Aceh Tengah.

Bangunan Masjid Ruhama ini terletak di pusat Kota Takengon dan sekaligus menjadi masjid agung atau masjid utama di ibukota Aceh Tengah tersebut.

Sebagai ibukota Aceh Tengah, Takengon tentu menjadi kota yang cukup ramai. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke masjid megah ini.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Setiap orang yang baru pertama kali datang dan beribadah di Masjid Raya Ruhama pasti akan merasa kagum dengan keistimewaan yang dimiliki oleh masjid ini. Lantas, apa saja keistimewaan yang dimiliki oleh Masjid Raya Ruhama?

Inilah 5 Keistimewaan Masjid Ruhama di Aceh

Masjid Raya Ruhama tidak sulit untuk ditemukan mengingat lokasinya yang berada di pusat Kota Takengon. Perjalanan ke masjid ini dari Banda Aceh pun tidak memakan banyak waktu.

Bahkan, udara sejuk dan pemandangan yang sangat indah akan menemani perjalanan Anda saat menuju ke sini. Nah, berikut ini adalah sejumlah keistimewaan dari Masjid Raya Ruhama.

  1. Desain masjid yang unik

Masjid Raya Ruhama memang sangat mengagumkan karena memiliki desain yang sangat unik dan menarik. Desain masjid ini merupakan perpaduan antara arsitektur tradisional Suku Gayo dengan arsitektur modern. Suku Gayo sendiri merupakan suku yang menjadi penduduk asli di wilayah dataran tinggi Gayo.

Bangunan masjid ini memiliki ciri khas yang membuatnya sangat mudah dikenali, yaitu adanya kubah emas di bagian gapura. Kubah emas tersebut memiliki ukuran yang besar dan sangat berkilau, sehingga dapat dilihat meskipun dari kejauhan.

Mengingat letaknya berada di dataran tinggi, Masjid Raya Ruhama ini dapat dilihat dari ketinggian puncak pegunungan yang melingkar di Kota Takengon.

  1. Arsitektur masjid sangat menarik

Arsitektur Masjid Ruhama juga sangat menarik karena mengambil gaya arsitektur Asia Barat. Bangunan masjid ini memiliki banyak tiang yang terletak di bagian teras, namun cukup luas di bagian dalamnya.

Desain interior yang diimplementasikan dalam masjid ini juga sangat unik karena berasal dari perpaduan antara barisan kaligrafi dengan nuansa Gayo.

Pada mihrab utama, terdapat berbagai jenis kaligrafi islami yang membuat interior masjid ini tampak sangat cantik. Lapisan karpet di dalam masjid yang lembut juga turut diaplikasikan untuk menunjang kenyamanan jamaah selama beribadah di masjid.

Karena memiliki arsitektur yang begitu indah, maka tidak heran jika jamaah yang datang selalu dibuat kagum akan keindahannya.

  1. Bangunan masjid yang luas

Masjid yang pertama kali didirikan pada tahun 1969 ini berdiri di atas tanah wakaf seluas 1.431 meter persegi. Masjid ini terbilang cukup luas karena mampu menampung hingga 2.000 jamaah sekaligus.

Tidak hanya memiliki bangunan yang luas, udara di sekitar masjid ini juga sangat sejuk. Udara khas pegunungan yang sejuk membuat masjid ini selalu menjadi favorit bagi para pelancong yang ingin beribadah dengan nyaman sembari istirahat sejenak.

  1. Fasilitas masjid lengkap

Masjid ini sangat nyaman karena sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Beberapa fasilitas yang tersedia sudah lengkap.

Di antaranya adalah taman, parkir, gudang, ruang belajar, tempat penitipan alas kaki, aula serba guna, perpustakaan, perlengkapan pengurusan jenazah, kantor sekretariat, pembangkit listrik atau genset, tempat wudhu, kamar mandi atau toilet, sound system, multimedia, dan sarana ibadah.

  1. Banyak kegiatan yang rutin dilakukan

Sebagai masjid raya yang terletak di pusat kota, Masjid Raya Ruhama tentu menjadi pusat bagi berbagai kegiatan islami. Selain dimanfaatkan sebagai tempat sholat jamaah, masjid megah ini juga menjadi pusat kegiatan sosial dan keagamaan untuk Kota Takengon.

Kegiatan yang dilakukan di masjid ini antara lain Musabaqoh Tilawatil Qur’an, pengajian rutin, tabligh akbar, pemberdayaan infaq dan zakat, kegiatan pendidikan seperti TPA, dan perayaan hari besar Islam lainnya.

Itu dia beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh Masjid Ruhama. Masjid yang terletak di pusat kota ini memang sangat nyaman untuk beribadah dan memiliki desain yang indah.

Tidak heran jika banyak pelancong yang menyempatkan waktu untuk mampir ke masjid ini sekedar untuk beribadah dan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

 

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.