OUR NETWORK

Islamic Center Tubaba Pelopor Masjid Modern Yang Ikonik

Sumber: hasbundoya.com

Masjid Islamic center tubaba / Tulang Bawang Barat menjadi salah satu tempat ibadah yang bukan mempunyai fungsi utama untuk beribadah. Dapat dilihat secara jelas akan desain konstruksi bangunan masjid dan segala ornament yang ada di sekeliling masjid itu sendiri.

Sumber: netizenku.com

Selain itu masjid ini juga menjadi masjid pertama yang sangat jauh dari kesan konstruksi khas Timur Tengah. Hal ini merupakan suatu keunikan tersendiri dan merupakan satu – satunya masjid yang tidak mengandung unsur budaya middle east sama sekali.
Konsep bangunan dengan desain minimalis, membuat setiap orang sama sekali tidak sempat terpikir bahwa bangunan tersebut merupakan sebuah masjid. Karena pada dasarnya desain dari konstruksi lebih mirip dengan tempat observasi, gedung bisnis ataupun sebuah museum.

Sumber: newslampungterkini.com

Dengan desain tersebut membuat keberadaan dari masjid islamic center tubaba cukup mencengangkan dan sangat berani. Dimana hal ini mendobrak konservasi konstruksi masjid dengan modern building. Hal ini juga merupakan suatu inovasi terbaik dan menghilangkan suatu kesan dari agama islam untuk tidak selalu berkiblat ke arah middle east dalam segala hal, khususnya untuk konsep konstruksi masjid.

Terlepas daripada konstruksi bangunan non middle east, masjid ini mempunyai beberapa julukan. Dari julukan tersebut membuat masjid Islamic Center Tubaba mempunyai berbagai macam keunikan yang mungkin tidak akan pernah ada di masjid lain. Dengan keunikan tersebut, masjid ini menjadi kebanggaan Tulang Bawang dan menjadi ikon wisata religi yang sangat populer.

Lokasi Masjid Islamic Center Tubaba

Letak dari masjid Islamic center tubaba berada di Jl raya Panaragan Jaya – Pulung Kencana, Panaragan Jaya, Kab Tulang Bawang Barat. Letak dari masjid sangat strategis dan mudah dijangkau serta berada di jatung kota Tulang Bawang Barat. Entah itu menggunakan kendaraan pribadi maupun alat transportasi umum.

Selain mudah untuk dijangkau, masjid ini juga dekat dengan beberapa tempat penting. Seperti rumah dinas Bupati Tulang Bawang Barat, Tugu Naga, sekolah dan lain – lain. Dengan lokasi yang sangat strategis membuat masjid Islamic center tubaba selalu dalam kondisi ramai setiap hari. Apalagi pada saat hari tertentu, seperti musim liburan dan hari raya. Masjid pun dikerumini ribuan orang.

Keunikan Masjid Islamic Center Tubaba

Masjid Islamic center tubaba ini mempunyai segudang keunikan yang membuat masjid pun menjadi pusat perhatian banyak orang. Berikut ini adalah keunikan dari masjid Islamic center tubaba :

1. Tidak menggunakan konstruksi khas middle east

Keunikan masjid yang pertama yaitu konstruksi desain gedung masjid. Masjid Islamic Center Tubaba ini menjadi masjid pertama yang tidak memanfaatkan konsep middle east / timur tengah.

Sehingga bagi yang belum mengetahui tentang masjid ini, mungkin tidak langsung beranggapan bahwa gedung putih yang menjulang tinggi merupakan masjid. Kesan pertama untuk desain konstruksi tersebut merupakan gedung museum, tempat observasi, gedung komersial dan lain sebagainya. Karena tidak adanya kesan khas middle east dalam konsep konstruksi seperti masjid pada umumnya. Bahkan jika dilihat dari kejauhan, gedung masjid menyerupai dengan sebuah tugu.

Sumber: dreamfile.wordpress.com

Konsep gedung masjid memanfaatkan konsep bangunan minimalis. Hal ini membuat masjid menjadi sangat modern dan inovatif. Selain itu masjid Islamic Center Tubaba menjadi satu – satunya dan sekaligus pelopor akan masjid modern. Kemudian dalam konstruksi juga disisipkan arsitek khas Lampung.

Walaupun sama sekali tidak memanfaatkan konsep bangunan khas middle east, proses pembangunan masjid menggunakan berbagai macam pertimbangkan. Hal tersebut merupakan cerminan atas nilai – nilai Islami.

2. Mempunyai banyak nama dan julukan

Dengan konsep bangunan Masjid Islamic center yang sangat modern dan ikonik, tidak mengherankan bila masjid ini mempunyai berbagai macam julukan dan nama. Julukan / gelar darurat masjid yang paling mengesankan yaitu pelopor masjid modern. Dengan mendongkrak kesan masjid yang selalu identij dengan khas middle east, membuat masjid menjadi pelopor untuk masjid modern.

Sumber: lampungpost.id

Julukan yang lainnya yaitu Masjid 99 Cahaya. Dalam gedung masjid ini memancarkan cahaya lampu sebanyak 99 buah. Hal ini sesuai dengan jumlah Asmaul Husna. Pada langit – langit juga terdapat hiasan 99 Asmaul Husna.

Masjid yang dikenal sebagai Islamic Center Tubaba ini sebenarnya mempunyai nama asli Masjid Baitul Shobur. Nama dari masjid mengandung arti tempat orang yang dipenuhi dengan kesabaran. Sayangnya nama asli dari masjid ini kurang dikenal. Sedangkan untuk tubaba ialah kepanjangan dari Tulang Bawang Barat.

3. Konsep bangunan dengan nuansa islami

Sekilas konsep dari konstruksi bangunan masjid ini sangat juah dari kesan nuansa Timur Tengah / middle east. Tetapi pada dasarnnya konsep pembangunan dari gedung tidak jauh dari nilai – nilai yang terkandung dalam Islam.

Sumber: newslampungterkini.com

Bentuk bangunan segi 5, melambang jumlah sholat wajib 5 waktu. Masjid ini mempunyai 114 pilar yang merupakan jumlah surat dalam alquran. Tinggi dari gedung masjid 30 meter sebagai jumlah juz dalam kitab suci alquran. Sedangkan pada bagian atap memiliki 99 lubang dan masing – masing lubang memancarkan cahaya lampu. Jumlah dari lubang melambangkan 99 asmaul husna.

4. Memiliki danau buatan

Selain menjadi pelopor untuk masjid modern, masjid Islamic Center Tubaba ini juga menjadi salah satu masjid yang mempunyai danau buatan. Hal ini menjadi moment yang cukup langka dan unik. Dimana terdapat suatu tempat ibadah yang hampir mirip dengan tempat wisata.

Sumber: hasbundoya.com

Di dalam danau buatan tersebut terdapat berbagai macam spesies ikan. Mulai dari ikan lele, ikan patin, ikan mas, ikan nila dan lain – lain. Pengunjung juga dapat turut andil secara langsung dalam kelangsungan hidup ikan dengan memberikan mereka makan.

Di sekitar masjid terdapat pedagang yang menjual makanan ikan dengan harga terjangkau. Setiap satu bungkus makanan ikan dijual dengan harga 2000 IDR. Jika hendak membeli 3 bungkus sekaligus, hanya cukup membayar dengan 5000 IDR.

Selain dapat memberi makan ikan, pengunjung juga bebas dalam memancing ikan. Asalkan menggunakan alat pancing manual dan bukan jaring / alat memancing untuk area tambak lainnya.

5. Ada akses free wifi

Keunikan yang satu ini menjadi fasilitas tambahan yang sangat menarik dan favorit untuk para remaja. Selain itu akses free wifi juga menjadi salah satu kelebihan dari masjid Islamic center tubaba.

6. Area playground

Untuk area for playground ini bukan termasuk ke dalam fasilitas internal masjid Islamic center tubaba. Hanya saja fasilitas ini disediakan oleh pedagang kaki lima yang menyediakan jasa permainan untuk anak – anak. Jenis permainannya pun sangat menarik dan menyenangkan bagi anak – anak.

7. Spot foto

Di Masjid Islamic Center Tubaba ini juga disediakan sebuah area khusus spot foto. Spot foto yang tersedia bukan spot foto dengan konsep kekinian, namun sebuah lorong panjang yang berada di teras masjid.

Lorong ini bukan lorong biasa, tetapi memiliki suatu keunikan tersendiri. Lorong memang sangat sederhana dengan tersusun atas kerangka bambu dan kayu. Tetapi mempunyai kesan sangat ikonik akan kesederhanaannya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…