OUR NETWORK

Kampung Nelayan Tanjung Binga, Pesona Belitung yang Tiada Duanya

Sumber: indonesiakaya.com

 

Indonesia memang dikenal dengan sebutan negeri bahari. Dimana, sebagian besar wilayah Ibu Pertiwi dikelilingi oleh lautan. Sebuah anugerah yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik. Tidak hanya untuk rakyatnya sendiri melainkan untuk banyak orang.

Dengan banyaknya lautan, ibu pertiwi menjadi pemasok ikan yang paling banyak. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya nelayan-nelayan yang berlayar menangkap ikan. Seperti halnya di kawasan belitung yang terkenal dengan nama Kampung Nelayan Tanjung Binga.

Oleh-Oleh Dari Tanjung Binga

Sumber: Instagram @mierdiansyah

Perlu diakui bahwa tanjung Binga adalah pusat perikanan di Belitung dan sumatera oleh karena itu, bila berkunjung ke sini rugi rasanya tidak membeli ikan-ikan dari nelayan yang masih segar. Ada salah satu camilan teri krispi yang biasa dijual di berbagai warung di sepanjang jalan kampung.

Sumber: menengokindanya.wordpress.com

Rasanya pun gurih dan sudah kekinian karena, memiliki beberapa varian rasa seperti keju, balado, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga bisa membeli keripik telur cumi, atau keripik ikan lainnya yang mempunyai cita rasa yang khas. Nah, yang tidak boleh dilewatkan dari buah durian yang biasanya tumbuh pada bulan desember hingga maret.

Mengenal Kampung Nelayan Tanjung Binga

Sumber: Instagram @belitung_asri

Objek wisata ini adalah sebuah perkampungan nelayan yang memiliki jumlah keluarga kurang lebih 100. Menariknya para penduduk sekitar sangat ramah terhadap wisatawan yang baru datang. Senyum sumringahnya membuat kamu merasa pulang ke rumah.

Disini, kamu bisa berkeliling menggunakan perahu nelayan yang bersandar. Air laut yang biru dan jernih ini menjadi pemandangan yang tidak akan terlupakan. Sungguh berkesan dengan cerita nelayan yang terkadang menarik untuk dijadikan sebagai sebuah hikmah kehidupan.

Sumber: indonesiakaya.com

Kamu juga bisa ikut mereka memancing atau mencari ikan. Selanjutnya, ikan ini akan dikeringkan di halaman rumah mereka. Memang sedikit bau tetapi, inilah keadaan nyata dari kampung nelayan ini.

Jika berada di sini, bangunlah pagi-pagi karena selain melihat matahari terbit, kamu juga bisa melihat para nelayan yang baru pulang dari melautnya.

Nah, untuk spot instagramablenya, kamu bisa mengunjungi dermaga yang panjangnya kurang lebih 100 meter. Disini, ada banyak kapal yang juga bisa kamu sewa. Disekitar kampung nelayan Tanjung Binga, ada kurang lebih 8 pulau yang tak berpenghuni bisa dikunjungi.

Sumber: Kaskus @Bheka

Berkunjung ke Tanjung Binga disarankan pada bulan desember. Di bulan ini pemandangan laut tanjung binga akan luar biasa. Begitu pula dengan panorama matahari terbit dan langit senja yang begitu epik untuk dinikmati.

Menuju Ke Kampung Nelayan Tanjung Binga

Menuju kampung nelayan ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengawali perjalanan dari bandara H.A.S Hanandjoeddin. Menuju ke tanjung pandang dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Rekomendasi Penginapan

Sumber: Instagram @tutikpujiastuti

Nah, berbicara masalah penginapan kawasan ini sudah sangat ramah. Rekomendasinya adalah Bukit Berahu Resort. Dimana, penginapan ini sangat ramah terhadap wisatawan konsepnya cottage yang ada di tepi pantai. Terletak di Desa Tanjung Binga Kecamatan Sijuk. Fasilitasnya cukup lengkap dimana, ada kolam renang baik anak-anak maupun dewasa. Kamu, juga bisa melakukan aktifitas snorkeling lho.

Di penginapan ini kamu juga bisa melihat keindahan matahari tenggelam dengan senja yang benar-benar mengesankan. Harga per malam per kamarnya mulai dari 550 ribu rupiah.

Selanjutnya, ada pondok impian belitung yang terletak di Jalan Patimura no. 8 harga per kamar per malamnya mulai dari 300 ribu rupiah. Dari segi kamarnya, cukup bersih, debu-debu yang ada di spray tidak terasa. Terdapat teras kecil di depan yang bisa digunakan untuk santai. Fasilitas pertama yang bisa dinikmati adalah air mineral serta minuman sachet.

Keunikan penginapan ini adalah hadirnya beberapa bale yang terletak di belakang hotel. Kamu bisa bersantai sembari menikmati laut lepas. Cocok digunakan saat sore hari dan bisa juga melihat sunrise dan sunset lho.

Fasilitas selanjutnya adalah sarapan pagi yang menyediakan menu serba lengkap. Ada nasi, roti, puding, kopi dan teh. Dari rasanya tidak terlalu buruk dan bisa menambah semangat pagi mu.

Kampung Nelayan Tanjung Binga adalah keunikan dari pariwisata Indonesia yang beragam dan bermacam-macam. Banyak hal bisa kita dapatkan di tempat ini. Termasuk pelajaran kehidupan. Ayo berkunjung ke Tanjung Binga.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…