in

Lapangan Hiraq Sebagai Ikon Kota Lhokseumawe

Sumber Gambar: Kumparan

Lhokseumawe bukan merupakan pusat kota dari Provinsi Aceh, tetapi Lhokseumawe mempunyai ikon yang menjadikan kota tersebut sebagai pusat kegiatan Aceh. Ikon tersebut adalah Lapangan Hiraq dan Masjid Islamic Center. Kedua destinasi wisata tersebut adalah destinasi favorit dan andalan bagi semua orang, baik penganut muslim ataupun non muslim.

Lokasi Lapangan Hiraq Lhokseumawe

Lokasi dari destinasi wisata Lapangan Hiraq dan Masjid Islamic Center terletak di Jl Balai Kota, Simpang Empat, Banda Sakti, Lhokseumawe, Aceh. Lokasi tersebut merupakan jantung kota dari lhokseumawe. Sehingga lokasi tersebut sangat mudah dijangkau. Ada berbagai macam alat transportasi umum yang melewati destinasi wisata tersebut.

Sumber Gambar: foursquare.com

Sayangnya di Lhokseumawe tidak terdapat bandara. Sedangkan satu – satunya bandara di Provinsi Aceh terdapat di ibu kota Banda Aceh. Jarak dari Banda Aceh menuju ke Lhokseumawe pun sangat jauh. Seandainya di daerah Lhokseumawe terdapat bandara, pasti para wisatawan tidak akan mengalami kesulitan. Khususnya yang berasal dari luar Aceh. Mereka tidak akan mendapat kendala transportasi dalam mengunjungi ikon Lhokseumawe tersebut. Kota Lhokseumawe pun akan menjadi incaran banyak orang. Satu – satunya cara mengunjungi destinasi wisata tersebut adalah dengan menggunakan jalur darat.

Harga Tiket Masuk Lapangan Hiraq

Lapangan Hiraq merupakan tempat umum, jadi bagi yang mengunjungi destinasi wisata tersebut tidak akan dikenakan tarif kontribusi apapun. Begitu pula dengan bagi yang ingin mengunjungi Masjid Islamic center. Namun bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, harus mengeluarkan biaya kontribusi parkir. Untuk area parkir pengunjung berada di gedung Masjid Islamic center. Selain itu pengunjung juga mengeluarkan biaya untuk kuliner maupun wahana lain. Waktu operasional dari Lapangan Hiraq adalah selama 24 jam non stop. Dari pagi, sore hingga malam Lapangan Hiraq selalu ramai. Kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung pun sangat tidak terbatas.

Daya Tarik Lapangan Hiraq Lhokseumawe

Lapangan Hiraq merupakan lapangan biasa yang sangat istimewa. Sebab lokasi dari lapangan terletak tepat di depan Masjid Islamic Center Lhokseumawe. Destinasi wisata tersebut juga dijadikan sebagai pusat kegiatan warga Lhokseumawe.

Daya tarik utama dari Lapangan Hiraq adalah kemegahan dari Masjid Islamic Center. Lapangan hiraq menjadi lokasi yang tepat dalam menyaksikan secara langsung kemegahan dari Masjid Islamic Center.

Sumber Gambar: foursquare.com

Gedung dari Masjid Islamic Center tersebut terlihat jelas seperti istana Timur Tengah. Islam yang merupakan agama dari Timur Tengah memang selalu mengusung konsep bangunan ala Timur Tengah pada setiap masjid, musollah serta bangunan bernuansa Islam lainnya.

Dari lapangan tersebut, Masjid Islamic Center berdiri dengan megah dan sangat kokoh. Dengan warna bangunan kuning keemasan, membuat nuansa masjid lebih megah. Keindahan dari masjid pun tidak hanya nampak jelas pada siang hari.

Pada malam hari, masjid tersebut juga terlihat sangat mempesona. Dengan nuansa malam, Masjid Islamic Center menjadi sumber cahaya di daerah sekitar balai kota Lhokseumawe. Gedung masjid tersebut seakan menyala pada kegelapan. Warna cahaya yang dihasilkan adalah warna putih. Hal tersebut menjadi deskripsi yang sangat apik dan mempesona sebagai sebuah masjid.

Sumber Gambar: Youtube @TribrataTVlhokseumawe

Cahaya putih yang keluar dari gedung pun bukan berasal dari gedung itu sendiri. Namun cahaya lampu dari dalam gedung. Di dalam masjid, menggunakan cahaya lampu yang berwarna putih yang sangat terang. Sehingga refleksi dari cahaya lampu dapat menembus ke luar masjid. Jadi masjid pun seakan – akan mengeluarkan cahaya.

Dengan adanya Lapangan Hiraq menjadi spot yang sangat menarik dalam memandang pesona dari Masjid Islamic Center. Dengan background masjid pun menjadikan lapangan sebagai lokasi utama untuk mengambil foto. Hal tersebut menjadi suasana yang berbeda daripada mengunjungi masjid sendiri. Jika memasuki area masjid, hanya dapat menyaksikan gedung luas yang digunakan sebagai tempat ibadah muslim. Serta berbagai macam interior dan eksterior bernuansa islami.

Aktivitas Di Lapangan Hiraq Lhokseumawe 

Di Lapangan Hiraq menjadi tempat utama masyarakat dan pemerintah Lhokseumawe dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Aktivitas yang dapat dilakukan pun sangat luas dan tidak terbatas. Aktivitas tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Tempat gathering

Sebagai pusat Kota Lhokseumawe, Lapangan Hiraq sangat tepat untuk dijadikan sebagai lokasi gathering berbagai macam komunitas. Dengan lokasi lapangan sangat luas, membuat anggota komunitas pun merasa sangat leluasa dalam memilih bagian tempat yang nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berkumpul. Jenis komunitas yang menggunakan lapangan hiraq sebagai tempat berkumpul sangat kompleks. Mulai dari komunitas hobi, pekerjaan, pendidikan, komunitas agama dan lain – lain.

2. Acara Kenegaraan

Sumber Gambar: ms-lhokseumawe.go.id

Lapangan Hiraq juga menjadi lokasi pemerintah dalam melakukan berbagai macam acara Kenegaraan. Pada hari – hari tertentu, Lapangan Hiraq menjadi lokasi tempat upacara yang dihadiri oleh para pelajar dan para pegawai kepemerintahan hingga militer.

3. Pusat kegiatan Islami

Selain sebagai tempat acara Kenegaraan, Lapangan Hiraq juga menjadi lokasi utama dalam acara keagamaan islam. Ada berbagai macam kegiatan islami yang diselenggarakan di lapangan tersebut. Sebagian besar pelaksana dari kegiatan islami dilakukan oleh pengurus Masjid Islamic Center.

Acara keagamaan yang diadakan pun terbuka untuk umum. Hal yang istimewa, setiap acara keagamaan selalu mendapat sambutan yang sangat antusias dari setiap masyarakat. Acara keagamaan yang diadakan meliputi shalat berjamaah pada Idul Fitri dan Idul Adha, pengajian umum, penyambutan hari ramadhan dan lain – lain.

4. Karnaval dan festival

Di Lapangan Hiraq juga dijadikan sebagai lokasi utama dalam menyelenggarakan berbagai macam festival dan karnaval. Jenis karnaval dan festival pun juga sangat bermacam – macam. Mulai perayaan hari kemerdekaan, penyambutan hari ramadhan, festival sekolah dan lain – lain.

Ada hal yang menarik saat diselenggarakan festival maupun karnaval di Lapangan Hiraq. Hal tersebut adalah jumlah pengunjung yang melebihi batas. Pada setiap kegiatan, suasana lapangan sangat ramai dan padat. Pengunjung pun bukan hanya dari Lhokseumawe maupun Aceh, namun juga dari daerah lainnya.

Setiap karnaval dan festival yang diadakan pun juga sangat menarik dan kreatif. Hal tersebut menjadi hiburan yang paling dinanti setiap orang. Karena itu, setiap diadakan festival dan karnaval, jauh dari waktu acara, pengunjung telah bersiap – siap untuk menyambutnya.

5. Pusat street food

Ketika sore dan malam hari, Lapangan Hiraq dijadikan sebagai pusat street food. Banyak pengunjung yang berburu street food di lapangan tersebut. Ada berbagai macam aneka makanan dan minuman yang tersedia mulai dari kuliner tradisional hingga modern. Harganya pun juga sangat terjangkau.

6. Wahana permainan anak

Selain pusat street food, pada sore dan malam hari Lapangan Hiraq juga dipenuhi dengan berbagai macam wahana permainan. Wahana permainan tersebut hanya diperuntukkan bagi anak – anak. Jadi lapangan tersebut tergolong ke dalam wisata keluarga yang sangat rekomended. Wahana yang tersedia pun juga sangat sederhana, seperti mandi bola, odong – odong, rumah balon, mobil – mobilan, kereta mini, komedi putar dan lain – lain.