OUR NETWORK

Masjid Baiturrahman Dompu, Istana Kerajaan Dompu yang Masih Eksotis

Sumber Gambar: cakrawalainfo.id

Salah satu alasan mengapa saat ini banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia adalah kawasan wisata yang lengkap. Tidak hanya soal alamnya saja, melainkan peninggalan-peninggalan kerajaan masa lalu juga menarik untuk disimak. Salah satunya adalah Masjid Baiturrahman Dompu.

Menariknya, masjid yang berdiri megah ini digunakan sebagai pengganti istana kerajaan Dompu. Walaupun, pada awalnya pembangunan masjid ini banyak menuai protes.

Mengenal Masjid Baiturrahman Dompu

Sumber Gambar: Instagram @nabil_alqatiri

Banyak pro dan kontra saat awal pembangunannya. Mereka berpikir, tempat sultan dan letak masjidnya tidak bisa diubah. Tetapi, setelah melalui proses perdebatan yang panjang. Akhirnya di bangunlah masjid ini. Dibangun pada tahun 1952, dengan luas lahannya mencapai 600 meter dan luas bangunan mencapai 1250 meter persegi.

Cara menuju ke masjid Baiturrahman Dompu

Objek wisata religi di Dompu ini terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Bada, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Timur. Bagi kamu yang berada di Jakarta, kamu bisa naik pesawat menuju ke Bima, dengan transit terlebih dahulu di Lombok. Waktu tempuhnya bervariasi mulai dari 4 jam hingga 7 jam.

Harga pesawat yang harus kamu bayar mulai dari 900 ribu rupiah. Setelah sampai di Bandara Bima, lanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Dari sini kamu akan menempuh jarak 47 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 4 menit 

Daya Tarik

Sumber Gambar: cakrawalainfo.id

Keunikan pertama yang bisa kamu dapatkan di sini adalah kubahnya. Cobalah kamu saksikan dengan seksama. Bentuknya seperti buah labu yang dicat dengan warna kuning. Hal ini menunjukan bahwa di bawahnya adalah ruangan utama untuk sholat. Kubah yang lain juga bisa kamu temui, berbentuk seperti bawang putih. Ditempatkan di atas menara utama. Menghadirkan kemegahan dengan warna kuningnya.

Saat di bangun pertama kali, kawasan ini hanya memiliki satu negara saja. Setelah mengalami perombakan, akhirnya tempat ini mempunyai empat menara di setiap sisinya. Dimana menara lama tetap dipertahankan dan menjadi yang utama. Di sisi timur, kamu bisa menikmati bangunan berada yang menghadap ke taman yang sudah dibentuk sedemikian rupa. Sangat asri dengan adanya air mancur. Tak heran bila saat bulan ramadhan. Kawasan ini dipenuhi oleh banyak pengunjung. Mereka seakan terbius dengan nuansa asrinya. Sehingga, menunggu bedug jadi tidak terasa.

Pusat Kajian Islam

Sumber Gambar: id.pinterest.com

Masjid Raya Baiturrahman ini menjadi masjid agung di wilayah Dompu. Tidak heran bila pusat keagamaan dan syiar islam berada disini. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan terutama di hari minggu dengan berbagai kajiannya.

Menariknya lagi di bulan Ramadhan, kamu akan melihat jajaran umat muslim mengantri berbuka puasa. Perlu diakui, berbuka disini memang sangat enak lho. Sudah kawasannya sangat asri, menu yang dihidangkan juga membuat puasa kamu terasa sangat berarti.

Hampir setiap hari menu selalu berubah. Dengan sajian teh hangat, kurma sebagai menu pembukanya. Membuat kamu wajib merasakan atmosfer bulan penuh berkah ini. Di setiap malam pula, mereka tidak pernah berhenti membaca ayat suci Al-Quran. Shalat hari raya pun juga dilakukan di sini lho.

Tidak hanya kegiatan soal islam saja, pada saat hari raya kemerdekaan RI, pusat kegiatan juga dilakukan disini. Mulai dari berbagai macam lomba, hingga pengajian mengenang jasa para pahlawan. 

Fasilitas yang Disediakan

Sumber Gambar: 1000 Beautiful Facebook @Mosque Pictures from Around the World

Tidak tanggung-tanggung, Masjid Baiturrahman juga mempunyai berbagai macam fasilitas yang menarik yang bisa kamu nikmati. Mulai dari perpustakaan yang menghadirkan berbagai macam buku baik islam maupun nasional.

Bagi kamu yang ingin mengadakan acara pernikahan di sini juga bisa lho, karena pengelola sudah menyiapkan sound sistem serta ruangan yang dilengkapi dengan AC. Selain itu, biasanya setiap minggu pula, ada beberapa tenaga medis yang akan memberikan pelayanan kesehatan gratis.

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas free wifi yang disediakan oleh takmir masjid. Bagimana, keren sekali bukan kawasan ini.

Kesimpulan

Masjid Baiturrahman Dompu adalah bukti bahwa kerajaan islam sudah masuk di kawasan ini. Keindahan arsitekturnya memang sangat terasa dan tampak mengesankan. Jadi, kapan kamu akan sholat di masjid ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…