OUR NETWORK

Bukit Panyawangan, Nikmatnya Menjelajah Alam Jawa Barat

Sumber Gambar: travel.okezone.com

Pergi ke Purwakarta memang menjadi salah satu tempat yang tepat untuk berlibur. Kawasan ini mempunyai berbagai macam objek wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Salah satunya adalah Bukit Pinus Panyawangan dengan berbagai macam aktivitas yang membuat kamu susah move on.

Sumber Gambar: wisatainfo.com

Sebelum menjadi Bukit pinus Panyawangan, nama asli dari tempat ini adalah Ujung Aspal Wanayasa. Tempat ini memang masih baru tetapi, sudah banyak wisatawan yang datang dan pergi ke sini.

Mengenal Bukit Pinus Panyawangan

Sumber gambar: Instagram @hadi_roechiyat

Nama tempat ini berasal dari bahasa sunda yang artinya adalah menerawang. Artinya secara luas adalah menerawang diri tentang jati diri dan masalah hidup. Tempat ini merupakan kawasan pinus yang dikelola oleh perum perhutani yang bekerja sama dengan karang taruna sekitar serta warga penduduk. Objek wisata ini baru saja dibuka pada 23 maret 2016 oleh Bupati Purwakarta waktu itu, Dedi Mulyadi

Cara Menuju ke Bukit Panyawangan

Objek wisata ini terletak di Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kamu bisa menggunakan kereta api dan turun di stasiun Purwakarta. Dari sini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan K.K Singawinata. Menempuh jarak sejauh 27 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 55 menit. Sayangnya, menuju ke tempat ini kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja. Oleh karena itu, pesanlah kendaraan bermotor yang sudah banyak disewakan di sekitar stasiun.

Daya Tarik Ke Bukit Panyawangan

Kawasan ini menghubungkan 3 kabupaten sekaligus yaitu Purwakarta, Subang, dan Bandung. Keindahan utama yang disajikan adalah pesona Bukit pinusnya yang membuat suasana dan nuansanya semakin nyaman untuk berlama-lama.

Sumber Gambar: travel.okezone.com

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati selama menjelajah kawasan ini. Mulai dari menikmati secangkir kopi dan teh. Tidak jauh dari kawasan ini ada perkebunan teh dan kopi yang menghasilkan aroma dan cita rasa yang khas.

Kamu bisa mencobanya di beberapa warung-warung yang sudah menyediakan menu satu ini. Selain itu, dekorasinya pun sangat menarik dengan suasana dan nuansa alaminya yang membuat kamu terbuai. Bagi kamu yang suka gowes, kamu bisa menikmati jalur sepeda yang sudah di bangun. Namanya adalah Pusakamulya Bike Park dengan jaraknya kurang lebih 2000 meter lho.

Sumber Gambar: wisatainfo.com

Cukup mengesankan dengan pemandangan yang disuguhkan di depan mata. Nah, bagi kamu yang masih belum bisa move on dari sini, kamu bisa mengunjungi Curug Pamoyanan Indah. Jaraknya kurang lebih 600 meter, dari sini. Kamu juga bisa melihat peninggalan sejarah berupa goa jepang. Namanya adalah Guha Panyileukan.

Tidak hanya itu saja, masih ada lagi air terjun yang bisa kamu nikmati. Namanya adalah Curug Manahrasa. Tempat ini mempunyai panorama yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai tempat foto-foto.

Penginapan Sekitar

Rasanya kurang afdol bila tidak menginap dan menikmati suasana malam Bukit pinus Panyawangan. Disini, juga sudah disediakan tempat camping ground lho. Semua fasilitas juga sudah disediakan disini, mulai dari toilet dan juga warung yang menyediakan berbagai macam makanan serta minuman. Hanya saja, untuk semua peralatannya kamu harus bawa sendiri dari rumah ya. Selain area camping, tempat ini juga sudah banyak berdiri penginapan dengan berbagai macam harga.

Sumber Gambar: cijalu-resort.com

Rekomendasinya adalah Cijalu Resort yang jaraknya hanya 3,1 kilometer saja dari lokasi. Harga yang ditawarkan mulai dari 600 ribuan saja. Alamat kawasan ini terletak di Jl. Curug Cijalu, Desa Cipancar, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang.

Fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah ukuran kamar 30 meter persegi. Satu kamar untuk 3 orang, sarapan pagi, air panas, balkon, Televisi, Desk, serta shower. Semua pelayanannya pun sangat ramah dan bersahaja lho.

Dijamin, kamu tidak akan merasa rugi menginap di tempat ini. Suasananya memang sangat nyaman dengan kasur yang empuk. Kamu benar-benar akan dimanjakan disini.

Kesimpulan

Bukit Pinus Panyawangan menjadi salah satu sajian khas yang tidak boleh kamu lewatkan. Panoramanya memang mengesankan bagus, untuk foto-foto. Jadi, kamu tidak boleh lupa bawa kamera ya. Lalu, kapan kamu akan pergi ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…