OUR NETWORK

Melihat Langsung Monumen Trikora Mandala Sakti. Monumen Bukti Perjuangan Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia

Sumber Gambar: web.titik.xyz

Banyak orang yang mengatakan jika berwisata dapat membuka mata dan telinga. Tak terkecuali terkait hal sejarah. Membaca, mendengar dan melihat langsung tentu saja memberikan kesan berbeda. Dengan melihat secara real anda akan mampu lebih memahami dan mengerti terkait apa yang sudah anda baca dan dengar sebelumnya, sehingga lebih menyiratkan makna yang berkesan. Termasuk ketika anda mengunjungi Monumen Trikora Mandala Sakti.

Ya, Monumen Trikora Mandala Sakti ditujukan untuk penghargaan sekaligus mengenang perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Ingin tahu lebih banyak tentang Monumen Trikora Mandala Sakti?

Berikut kami sudah rangkum ulasan spesialnya di bawah ini.

Bukti Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut Irian Barat (Papua)

Sumber Gambar: Instagram @oz_ombuh

Monumen Trikora Mandala Sakti berlokasi di Pulau Lember. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 15 menit dari Pelabuhan Bitung. Monumen ini adalah sebagai bukti perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut Irian Barat (Papua) dari Jajahan Belanda.

Loh apa hubungannya Irian Barat dengan Bitung Sulawesi Utara? Anda harus tahu bahwa pendaratan awal TNI sebelum membebaskan Irian Barat ya di Bitung. Ya, saat itu Indonesia ingin mengklaim seluruh wilayah Hindia Belanda, termasuk Irian Barat. Namun sayangnya Pemerintah Belanda ngotot dan menganggap bahwa wilayah itu masih menjadi hak miliki kekuasaan mereka. Puncaknya dimana Belanda mulai memiliki plan untuk menjadikan Irian Barat sebagai negara merdeka paling lambat tahun 1970.

Hal tersebut membuat Pemerintah Indonesia menentang dan berusaha mati-matian untuk membebaskan Irian Barat dari Belanda melalui Operasi Trikora ini. Operasi tersebut dimulai dari 19 Desember – 15 Agustus 1962. Selama masa tersebut, berbagai macam operasi penyelendupan, adu strategi secara mental dan fisik, serta pertempuran benar-benar tak terelakkan. Namun pada akhirnya ber-ending manis, para penjajah pun hengkang dari Irian Barat.

Sumber Gambar: web.titik.xyz

Nah, pada tahun 1969 melalui Pepera alias Penentuan Pendapat Rakyat, rakyat Papua akhirnya setuju untuk menggabungkan diri dengan Republik Indonesia. Dari hal tersebutlah dibuatkan Monumen Trikora Mandala Sakti pada tahun 80 untuk lebih mengenang peristiwa bersejarah tersebut.

Saat mengunjungi monument ini, anda akan menemukan beberapa undakan yang bisa dinaiki untuk masuk ke dalam monumen. Hati pun akan bergetar ketika anda mengingat bagaimana lugas dan lantangnya Bapak Proklamasi kita yaitu Ir. Soekarno dalam mengumandangkan Trikora pada 19 desember tahun 1961 silam.

Sumber Gambar: anastasye.com

Sayangnya, nih, belum ada pemandu khusus di monumen ini untuk mengajak tur wisatawan sambil mengisahkan cerita heroic dari pejuang bangsa kita dulu. Padahal jika ada, pasti wisata sejarah pun akan terasa semakin kental. Walaupun begitu monument ini sering dijadikan lokasi untuk belajar di luar terutama oleh anak-anak SMA, saat guru mereka ingin memberikan materi langsung terkait pelajaran sejarah.

Monumen Trikora Mandala Sakti yang Instagramable Banget

Sumber Gambar: Instagram @ardy.wentuk

Jangan lupa untuk membawa kamera andalan anda, untuk membidik monumen gagah ini, ya. Berfotolah bersamanya dan bagikan hasilnya sembari menyematkan caption informatif kenapa kita harus tahu, menghargai dan terus mengenang jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

Oh, ya, di area monumen ini juga terdapat pesawat DC-3 Dakota TNI-AU. Nah, Pesawat ini dulunya pernah dipakai ketika Operasi Trikora. Posisinya berada di kanan monumen. Jika berminat, jangan lupa dijadikan spot juga supaya koleksi foto terkait sejarah semakin banyak. Sangat bermanfaat bukan, jika membagikan foto bukan hanya untuk pamer saja melainkan sebagai media informatif sekaligus menyadarkan para netizen akan terkait pengetahuan sejarah negara sendiri.

Sumber Gambar: Instagram @blackmantaphotography

Selain itu ada pula Patung Tarsius. Salah satu hewan endemic dan sangat iconic di daerah ini. Patung ini dibuat dalam ukuran yang cukup besar, loh. Terlihat sangat unik, dan menggemaskan. Anda juga bisa berfoto disana.

Demikianlah ulasan menarik tentang Monumen Trikora Mandala Sakti. Apabila anda bertandang ke Provinsi Sulawesi Utara, maka jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi monumen ini, ya. Dijamin, deh, pasti tidak akan menyesal dan semakin membuat anda sadar betapa hebatnya para pahlawan kita dulu dalam mengusir penjajah.

Akhir kata, semoga informasi ini bermanfaat bag anda. Tunggu ulasan menarik lainnya terkait berbagai tempat wisata di Indonesia hanya di wisato.id

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…