Oleh-oleh khas Danau Toba

Salah satu hal menyenangkan dari berlibur adalah menghabiskan waktu untuk mencari oleh – oleh khas yang ada pada lokasi wisata yang kalian kunjungi dan Danau Toba adalah tempat yang tidak ingin kalian lewatkan jika ingin berburu oleh – oleh yang khas. Danau Toba sendiri merupakan salah satu lokasi wisata unggulan yang saat ini sedang menjadi fokus Kemenparekraf agar lebih dikenal lagi mau itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Danau Toba tidak hanya memiliki pemandangan yang sangat indah akan tetapi juga memiliki oleh – oleh khas yang hanya bisa kalian temukan di lokasi wisata yang satu ini, buat kalian yang senang berburu oleh – oleh maka tempat ini cocok buat kalian. Mungkin kalian bertanya – tanya dan penasaran, oleh – oleh khas apa saja yang bisa kalian dapatkan saat memutuskan untuk berlibur di Danau Toba.

Untuk membantu kalian akan kami berikan kalian informasi menarik mengenai oleh – oleh apa saja yang akan kalian temukan saat kalian memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan kalian di Danau Toba. Apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga selesai sehingga kalian akan mendapatkan gambaran mengenai oleh – oleh yang ada disini.

Kain Ulos

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: BukaReview

Jika kalian ingin mencari oleh – oleh dan Danau Toba rasanya tidak sah jika kalian tidak mencoba untuk membeli Kain Ulos yang memang sudah menjadi Ikon sebagai oleh – oleh khas tidak hanya Danau Toba tapi juga Sumatera Utara. Keindahan dan keunikan dari Kain Ulos ini tidak hanya sudah dikenal oleh wisatawan dalam negeri akan tetapi juga sudah dikenal bagi para wisatawan luar negeri.

Kalian tidak perlu kaget jika ada banyak sekali pengunjung yang berasal dari luar negeri ini sedang membeli Kain Ulos sebagai oleh – oleh yang mana dibuat dengan berbagai macam kreasi seperti tas, dompet dan benda lainnya.

Tunggal Panaluan

Sumber Gambar: Instagram @bagasnitorang

Kalian ingin mencari sebuah oleh – oleh yang benar – benar khas? Kalau begitu kalian dapat membeli sebuah produk khas dari Danau Toba bernama Tunggal Panaluan yang merupakan sebuah benda berupa tongkat ukiran. Tunggal Panaluan ini terbuat dari kayu Tada – Tada atau kayu Jior yang memiliki ukiran yang bertumpuk dan biasanya diukir dengan ukiran berupa gambar manusia, cicak, ular dan juga kalajengking.

Tongkat Ukir Tunggal Panaluan ini sendiri merupakan sebuah tongkat yang dipercaya oleh masyarakat Suku Batak sebagai penolak bala yang sering mereka gunakan pada ritual adat masyarakat Suku Batak.

Piso Halasan

Sumber Gambar: Tobaria

Jika Suku Dayak dari Kalimantan memiliki Mandau sebagai senjata tradisionalnya maka masyarakat Suku Batak memiliki sebuah senjata tradisional bernama Piso Halasan yang mana sudah cukup terkenal, sehingga dapat kalian jadikan sebuah oleh – oleh yang menarik. Piso Halasan ini sendiri merupakan sebuah senjata yang berupa sebuah pedang dengan bentuknya yang menyerupai sebuah golok, senjata yang satu ini bermata tunggal dan memiliki sedikit lengkungan pada bagian ujungnya.

Bagi kalian para kolektor senjata tradisional rasanya Piso Halasan adalah sebuah senjata tradisional yang tidak boleh kalian lewatkan yang mana akan sangat cocok untuk masuk ke dalam koleksi kalian.

Hapetan

Sumber Gambar:Tobaria

Dari senjata tradisional kita beralih ke alat musik tradisional yang mana seperti suku – suku lainnya yang ada di Indonesia, Suku Batak juga memiliki alat musik tradisional yang khas bernama Hapetan atau juga yang biasa disebut sengat Hasapi. Alat musik tradisional Hapetan atau Hasapi ini dikenal sebagai gitarnya Suku Batak dengan bentuk yang mirip dengan kecapi dan biasanya dibuat dari kayu Jior.

Alat musik tradisional ini sendiri berasal dari daerah Tapanuli dan sering sekali digunakan untuk meramaikan pertunjukan musik pada sebuah acara pernikahan yang mana akan memberi alunan melodi yang khas. Buat kalian yang memang senang dengan musik maka alat musik tradisional Hapetan atau Hasapi yang satu ini akan sangat sayang jika kalian lewatkan sebagai oleh – oleh.

Saat ini lokasi wisata Danau Toba ini semakin membenahi dirinya agar dapat memberikan pengalaman liburan yang lebih menyenangkan lagi buat para pengunjungnya, apalagi Danau Toba merupakan salah satu lokasi wisata unggulan yang sedang menjadi fokus Kemenparekraf.

Must Read

Berita sebelumyaCamping Di Danau Toba
Berita berikutnyaMisteri Danau Toba

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.