in

Sejarah, Asal-Usul, dan Legenda Danau Toba

Sumber Gambar: Google Maps @Mohamad Amirul Syafiq

Indonesia memang beruntung diberkati dengan berbagai lokasi – lokasi wisata alam yang sangat mengesankan, tidak hanya memiliki pemandangan yang luar biasa indah akan tetapi juga memiliki nilai budaya dengan karakter yang kuat. Salah satu lokasi wisata tersebut adalah Danau Toba, sebuah lokasi wisata Danau yang merupakan Danau terbesar yang ada di Asia Tenggara.

Lokasi wisata Danau Toba ini tidak hanya digemari oleh wisatawan lokal akan tetapi juga para wisatawan dari mancanegara yang datang untuk menikmati keindahan dari lokasi wisata yang satu ini. Apalagi sebagai salah satu yang menjadi fokus Kemenparekraf, Danau Toba sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai dan juga lengkap sehingga menjadi lokasi wisata yang cocok untuk kalian kunjungi bersama dengan keluarga.

Di balik keindahan dari lokasi wisata Danau Toba ini, ada banyak fakta – fakta menarik yang menarik untuk diketahui mulai dari Sejarah, Asal Usul dan juga Legenda dari Danau Toba yang satu ini. Di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi menarik mengenai fakta – fakta tentang Danau Toba yang mungkin banyak dari kalian belum ketahui, apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Sejarah Dan Asal – Usul Danau Toba

Sumber Gambar: Kompas

Pertama – tama mari kita bahas mengenai sejarah dan juga asal – usul dari Danau Toba, Danau terbesar yang ada di Asia Tenggara ini sendiri merupakan danau yang terbentuk karena letusan yang sangat besar dari Gunung Api Purba Toba. Atau lebih tepatnya terjadi karena adanya proses Vulkanik dan juga Tektonik yang membuat bagian tengah dari Gunung Api Purba Toba yang satu ini roboh atau amblas.

Runtuhnya bagian tengah Gunung Api Purba Toba tersebut menciptakan cekungan yang sangat panjang, cekungan tersebut bahkan memanjang ke arah Barat Laut hingga arah Tenggara yang mana tidak heran jika Danau Toba menjadi Danau terbesar di Asia Tenggara. Proses ini sendiri juga yang membentuk Pulau Samosir karena naiknya sebagai daratan dengan posisi miring ke arah Barat Daya dan kemudian menutup Kaldera Toba dengan bebatuan beku, bebatuan beku tersebut kemudian mencair sehingga membentuk sebuah danau.

Dan danau yang terbentuk tersebut adalah Danau Toba yang kita kenal saat ini, sebuah danau dengan keindahan yang akan memanjakan mata kalian dan membuat kalian untuk betah berlama – lama menghabiskan waktu liburan kalian yang berharga.

Legenda Dari Danau Toba

Sumber Gambar: Kompasiana

Ada banyak sekali Legenda atau Cerita Rakyat yang melatar belakangi sebuah lokasi wisata dan tidak terkecuali lokasi wisata sepopuler Danau Toba yang konon katanya terbentuk karena terbongkarnya rahasia seorang Putri yang merupakan jelmaan dari seekor Ikan Mas.
Diceritakan jika pada zaman dahulu kala hiduplah seorang petani yang bernama Toba, yang kerjaannya adalah mengurus ladang dan di sela – sela waktunya selalu dia gunakan untuk memancing di sebuah sungai yang jernih dan selalu mendapatkan ikan dengan cukup mudah.

Nah, ikan yang dia dapatkan akan dia masak untuk menjadi lauk pauk dan pada suatu sore saat dia sudah menyelesaikan segala aktivitasnya di ladang, Toba pun kemudian seperti biasanya pergi ke sungai untuk memancing. Akan tetapi berbeda seperti biasanya yang mana si Toba dengan mudahnya mendapatkan Ikan, hari ini dia tidak mendapatkan Ikan seperti biasanya walaupun sudah memancing dalam waktu yang lama.

Karena sudah terlalu lama dia memutuskan untuk menyudahi kegiatan memancingnya dengan hati yang kesal, akan tetapi ketika dia hendak menyudahi kegiatan memancingnya dia merasakan jika kailnya disambar oleh ikan yang berukuran cukup besar. Melihat ikan sebesar itu menyambar pancingnya Toba pun sangat senang dan butuh waktu yang cukup lama untuk membawa ikan tersebut ke atas.

Dengan perasaan gembira dia pun pulang ke rumah yang mana hari juga sudah mulai senja sesampainya di rumah, Toba langsung meletakan ikan tersebut dan segera menyalakan api untuk memanggangnya akan tetapi kayu bakar habis sehingga dia harus mengambil kayu bakar di kolong rumahnya. Betapa kagetnya dia ketika kembali ke dapur ikan besar tersebut hilang dan menemukan beberapa keping emas yang berada di tempat yang sama seperti ikan tersebut, karena kaget dia kemudian berlari menuju ke kamar tidur.

Tapi bukannya menjadi lebih baik akan tetapi dia menjadi lebih kaget lagi karena ada seorang wanita berparas cantik yang berada di kamarnya sedang menyisir rambutnya yang panjang di depan sebuah cermin. Wanita tersebut kemudian melihat si Toba yang hendak masuk ke kamar tidur dan mengajaknya ke dapur untuk memasak makan malam mereka dan menjelaskan bahwa dia adalah sosok jelmaan dari ikan yang berhasil dia pancing dan bawa pulang.

Wanita itu kemudian tinggal bersama Toba dan setelah beberapa lama akhirnya wanita cantik ini bersedia untuk menerima pinangan dari Toba kalau dia bersedia untuk bersumpah jika tidak akan mengungkit asal – usul sang wanita yang mana disanggupi oleh Toba, sehingga mereka pun akhirnya menikah. Setelah setahun menikah mereka pun dikarunia seorang anak yang mereka beri nama dengan Samosir dan anak mereka sangat disayang dan dimanja oleh ibunya sehingga membuatnya memiliki sifat yang kurang baik dan pemalas.

Si Samosir ini sendiri sering menolak ketika diminta ibunya untuk mengantarkan makanan ke ladang sehingga membuat si Ibu yang harus mengantarkannya, hingga akhirnya pada suatu hari Samosir menyanggupi setelah di paksa oleh ibunya. Dengan berat hari Samosir kemudian pergi untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya, akan tetapi karena merasa lelah di tengah perjalanan makanan tersebut dimakan sendiri dan hanya tersisa sedikit untuk sang ayah.

Sesampainya di ladang Samosir pun memberikan makanan tersebut kepada sang ayah yang kemudian marah besar karena hanya diberikan sisa – sisa makanan, apalagi si anak seolah tidak menunjukan rasa penyesalan membuat amarahnya semakin meledak – ledak. Toba pun memukul Samosir sambil mengatakan jika Samosir adalah anak yang kurang ajar dan tidak tahu diuntung dan anak dari seorang perempuan yang berasal dari ikan, mendengar hal tersebut Samosir pun menangis dan mengadu kepada ibunya.

Samosir menceritakan apa yang dia alami, mendengar hal tersebut si Ibu menjadi sedih karena Toba telah melanggar sumpah yang telah dia ucapkan dan meminta Samosir untuk pergi ke bukit dan memanjat pohon tertinggi yang ada di sana, yang mana dituruti oleh Samosir. Setelah sang Ibu melihat anaknya sudah melakukan apa yang dia minta, maka dia cepat – cepat berlari ke sungai yang tidak jauh dari rumah mereka, melompat ke dalamnya dan kemudian menjelma menjadi seekor ikan besar.

Setelah beberapa waktu mulai muncul genangan dan semakin besar yang akhirnya menenggelamkan di Toba hingga tewas, genangan ini semakin hari semakin besar dan akhirnya berubah menjadi sebuah danau yang kemudian diberi nama Danau Toba dan pulau kecil di tengahnya dengan Pulau Samosir.

Nah, itulah beberapa fakta – fakta unik yang ada di balik keindahan dari Danau Toba yang mana Legendanya sendiri sudah diceritakan kembali secara turun temurun.