in

Sensasi Berkemah Di Kawasan Candi Gedong Songo Semarang

Sumber Gambar: google maps @Zuhriyan Bahlawan

Berkemah di Gunung atau sebuah perkebunan sepertinya sudah biasa ya, berkemah di camp site mewah seperti Glamping rasanya juga sudah sangat biasa karena sudah banyak camping ground yang menawarkannya. Akan tetap rasanya masih jarang camping ground yang menawarkan kalian untuk berkemah di kawasan candi yang tentu saja sarat dengan pengetahuan mengenai budaya sehingga sensasi yang kalian rasakan juga akan berbeda.

Dan salah satu kawasan candi yang dapat kalian gunakan untuk berkemah adalah di Kawasan Candi Gedong yang dapat kalian temukan di Kabupaten Semarang yang cukup banyak digemari bagi mereka yang menyenangi kegiatan berkemah. Tidak heran sih karena berkemah di sebuah kawasan candi tentu saja akan memberikan kalian sensasi yang berbeda ketika kalian berkemah di camping ground seperti di gunung atau bahkan pedesaan.

Sumber Gambar: google maps @Hadi Siswanto

Candi Gedong Songo yang berada di Semarang ini sendiri merupakan sebuah kawasan candi yang merupakan peninggalan dari budaya Hindu yang terletak di ketinggian sekitar 1.200 kilometer di atas permukaan laut. Dengan ketinggian seperti itu membuat lokasi kawasan candi ini memiliki udara yang cukup dingin dengan rata – rata suhu mencapai 19 derajat hingga 27 derajat celcius.

Lokasi Dan Alamat Kawasan Candi Gedong Songo

Kalian dapat menemukan kawasan candi ini di kaki Gunung Ungaran yang beralamat di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah dengan akses jalan yang cukup menantang sehingga pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Untuk kendaraan kalian dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat akan tetapi seperti yang sudah disebutkan kondisi jalan yang sedikit sempit dan banyak tanjakan membuat kalian harus memastikan kondisi dari kendaraan kalian.

Jika kalian dari pusat Kota Semarang maka kalian perlu menempuh jarak perjalan kurang lebih sejauh 36 kilometer yang dapat kalian capai dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam jika kondisi jalan lancar. Kalian juga dapat menggunakan Aplikasi GPS seperti Google Maps dan Aplikasi serupa untuk mengantarkan kalian ke lokasi dengan mudah.

Fasilitas Yang Disediakan Kawasan Candi Gedong Songo

Sumber Gambar: Google Maps @ Frendi Setiawan Pradikdo

Di kawasan candi ini kalian akan menemukan sembilan candi yang memberikan kalian rasa yang berbeda pada masing – masing candi dan kawasan candi ini sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1804 yang ditemukan oleh Raffles. Sedangkan kawasan candi ini sendiri merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra pada abad kesembilan atau pada tahun 927 masehi.

Selain pemandangan yang indah dan juga wisata nilai budaya dan juga sejarah kalian juga akan menemukan sebuah pemandian air panas yang sumber mata airnya merupakan sumber mata air alami dari pegunungan Ungaran yang mengandung belerang. Dengan sumber mata air panas yang mengandung belerang maka kalian tidak heran jika sumber mata air ini memiliki khasiat yang baik untuk kulit kalian.

Sumber Gambar: tripadvisor.co.id

Dan satu kegiatan yang cukup dikenal di sini adalah kegiatan berkuda yang dimana digunakan untuk mencapai candi ketiga dan candi keempat yang jaraknya cukup jauh jika kalian harus berjalan kaki dari satu candi ke candi lainnya. Apalagi sambil kalian berkuda kalian bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona sehingga menambah pengalaman liburan kalian.

Sumber Gambar: google maps @Frendi Setiawan Pradikdo

Fasilitas dari kawasan candi ini sendiri juga sudah tergolong lengkap selain spot – spot foto indah yang sudah disediakan oleh para pengelola buat kalian yang ingin mengabadikan momen – momen kalian selagi kalian berada disini. Kalian juga akan dilengkapi dengan area parkir yang luas sehingga buat kalian yang datang dengan kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraan kalian dengan tenang.

Toilet yang bersih, warung makan dan juga tempat ibadah sudah tersedia di kawasan candi ini sehingga kalian dapat berlibur dengan tenang karena kalian dapat menemukan fasilitas pendukung yang cukup lengkap di sini. Dan untuk kalian yang ingin menginap di sini jangan khawatir karena sudah disediakan area camping ground yang dapat kalian gunakan untuk memasang tenda kalian.

jadi buat kalian yang ingin melakukan kegiatan berkemah dengan sensasi yang berbeda maka sepertinya kalian perlu mencoba untuk berkemah di Kawasan Candi Gedong Songo ini karena selain tempatnya yang indah kawasan candi ini memiliki nilai sejarah yang mungkin belum kalian ketahui.