in

Wisata Religi Di Desa Adat Bubohu Gorontalo

Wisata Religi Di Desa Adat Bubohu Gorontalo

Sumber Gambar: Instagram @lensaombus

Desa Bubohu yang terletak di Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu dari 50 desa yang masuk menjadi nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI ) 2021. Yang dimana dinilai oleh banyak orang wajar saja karena desa yang satu ini tidak hanya memiliki semua syarat untuk menjadi desa wisata. Akan tetapi juga memiliki keunikan yaitu memiliki wisata religi disamping wisata alam dan juga budayanya yang indah dan menarik.

Menjadi Lokasi Penyelenggaraan Festival Walima

Sumber Gambar: ANTARA FOTO @Adiwinata Solihi

Di Indonesia pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Hijiriah masyarakat muslim mengenal akan perayaan hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW dengan istilah Maulid. Di Gorontalo sendiri merayakan Maulid Nabi dengan membuar Walima ( Kreasi Seni Kue Tradisional ).

Pada bulan Rabiul Awal dimulai dari tanggal 12 setiap Masjid – masjid di seluruh pelosok Kota Gorontalo diramaikan oleh umat Islam dengan kegiatan Zikir yang dimulai dari Isya hingga jam 11 pagi. Kegiatan yang dilakukan kurang lebih 15 sampai 16 jam dan pada akhir doa pengunjung dan pezikir akan mendapatkan kua Walima ini.

Dan di Desa Bubohu inilah Festival Walima ini diselenggarakan, festival ini dirayakan dengan membuat dan mengarak kue Walima secara kolosal ( besar ) ke Masjid. Festival inilah yang menjadi salah satu daya Tarik bagi wisatawan. Mau itu wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara.

Desa Wisata Religi Dan Wisata Budaya

Sumber Gambar: Instagram @jaldi_attailah

Desa Bubohu yang telah ditetapkan sebagai Desa Wisata Religius oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo karena pesona dari Wisata Keagamaan dan juga Wisata Budaya yang tersimpan dengan baik di desa ini. Desa Wisata yang satu ini juga merupakan sebuah pesantren alam yang di dalamnya terdapat para santri yang tengah menimba ilmu agama Islam.

Selain mempelajari agama Islam, Desa Wisata Bubohu juga merupakan tempat belajar untuk mengenal lebih jauh sejarah dari Kerajaan Gorontalo. Maa Taduwolo, sebuah tempat di dalam lingkungan di Desa Bubohu menyimpan berbagai macam sumber yang berkaitan dengan sejarah Kerajaan Gorontalo.

Sumber Gambar: Google Maps @Ajier Paiyo Mpo

Begitu kalian mau masuk ke lingkungan desa ini saja kalian sudah disambut oleh kumpulan fosil kayu di depan pintu masuk desa yang berbaris rapi di atas permukaan tanah. Di dalam lingkungan pesantren alam Bubohu terdapat satu pemandangan khas yaitu barisan gubuk khas Gorontalo yang disebut dengan Wambohe yang sedang berjajar dengan rapi di lungkungan pesantren.

Selain Wombohe di dalam lingkungan pesantren juga terdapat beberapa bangunan kaya yang bentuk nya menyerupai Toyopo atau wadah yang biasa di gunakan masyarakat sekitar untuk menyimpan kue saat memperingati Maulid Nadi Muhammad SAW. Selain itu jauh di atas bukit yang masih masuk ke daerah Desa Bubohu terdapat sebuah masjid yang diberi nama Masjid Walima Emas.

Pembenahan Semua Fasilitas Demi Menyambut ADWI 2021

Sumber Gambar: @gorontaloprov.go.i

Masyarakat Desa Bubohu yang sadar bahwa desa mereka masuk ke dalam nominasi ADWI 2021 dan harus terus meningkatkan kualitas desa mereka agar dapat melaju ke tahap selanjutnya. Para masyarakat pun mulai melakukan pembenahan berbagai fasilitas wisata agar mendapat penilaian positif.

Warga pun memberntuk Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Mandiri Pariwisata, agar dapat melakukan pembenahan di destinasi wisata unggulan dengan lebih tersistematis dan tepat sasaran. Terutama kategori – kategori yang menjadi kategori penilaian utama seperti Homestay atau tempat penginapan, Toilet, Suvenir, Desa Digital, Konten Kreatif, dan Daya Tarik Wisata.

Adapun kategir lainnya yaitu CHSE yaitu Cleanliness ( Kebersihan ), Health ( Kesehatan ), Safety ( Keamanan ), dan Environment ( Ramah Lingkungan ). Mereka juga memberikan apresiasi yang sangat besar kepada masyarakat setempat karena masyarakat setempat melakukan kerja bakti secara sukarela demi desa mereka dapat melangkah jauh di ADWI 2021 ini.

Jadi buat kalian yang ingin wisata paket lengkap sepertinya Desa Wisata Bubohu ini jangan sampai terlewatkan karena desa ini memang menawarkan pengalaman berwisata yang mungkin tidak ditawarkan oleh destinasi wisata yang lain. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Sahabat Wisato mengajak rombongan keluarga ataupun dengan teman-teman kantor dan teman sekolah untuk berlibur disini.