in

Nasi Lemak Kuliner Khas Malaysia Yang Mendunia Tersedia Di Nasi Lemak Wanjo

Sumber Gambar: Google Maps @Mohd Azlee Abdullah

Halo sahabat wisato, kali ini kita akan pelesiran ke Negara tetangga nih. Asalnya kita masih satu rumpun yaitu rumpun melayu. Sudah bisa menebak Negara apa ini? Bukan Brunei. Baiklah Negara ini di Indonesia terkenal dengan artisnya Siti Nurhaliza. Iya benar! Malaysia. Nah selain terkenal dengan Siti Nurhaliza, Malaysia juga terkenal dengan aneka kuliner khas. Seperti nasi lemak, ini merupakan masakan nasional Malaysia loh. Ada rekomendasi nasi lemak yang mantap yang harus kalian coba kalo kalian travelling ke Malaysia. Nasi Lemak Wanjo namanya. Ayo kita cari tahu lebih dalam tentang Nasi Lemak Wanjo.

Sekilas Tentang Malaysia

Malaysia adalah sebuah Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sebesar 329.847 km2. Ibukota Negaranya adalah Kuala Lumpur. Negara ini memiliki bahasa resmi yaitu Bahasa Malaysia. Mayoritas masyarakatnya beragama Islam sementara suku mayoritas di negara ini adalah suku Bumiputera. Mata Uang yang digunakan adalah Ringgit Malaysia. Bagi sahabat wisato yang ingin melakukan perjalanan ke Malaysia. Salah satu hal yang harus kamu lakukan yaitu menukarkan uang rupiahmu dengan ringgit Malaysia.

Apa Itu Nasi Lemak?

Sumber Gambar: Google Maps @Shazmin Ghazali

Nasi lemak adalah makanan khas Melayu dan dijadikan hidangan nasional Malaysia. Nasi Lemak juga bisa ditemui di Negara Singapura, Brunei Darussalam dan Indonesia(Riau dan Kepulauan Riau). Asal kata lemak berasal dari bahasa melayu. Lemak berarti merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa dengan melepaskan kandungan lemak nabatinya. Untuk sahabat wisato yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan, jika kalian ingin gambaran nasi lemak. Nasi lemak ini mirip-miriplah dengan nasi gemuk. Kedua nasi ini sangat cocok dijadikan sarapan pagi.

Nasi lemak biasanya disajikan dengan telur rebus atau telur dadar, ikan teri goreng, sambal tumis, kacang tanah goreng dan irisan mentimun.

Nasi Lemak Wanjo

Nasi Lemak Wanjo adalah warung yang menjual nasi lemak dengan aneka lauk. Letaknya di 8, Jalan Raja Muda Musa, Kampung Baru, 50300 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia. Tempatnya juga dekat dengan stasiun LRT, sahabat wisato cukup jalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke Nasi Lemak Wanjo.

Keunggulan nasi lemak ini adalah service yang sangat memuaskan. Mereka melakukan pelayanan yang sangat maksimal. Para pelayan-pelayan yang sangat ramah, tempat yang bersih dan rapi, serta penyajian secara prasmanan. Sahabat wisato bebas ambil sendiri dan pilih sendiri untuk lauk yang akan dimakan dan minuman yang ingin diminum. Jadi sistemnya nasi akan diambilkan sementara sianya pilih-pilih sesuka hati sendiri dan terakhir bayar di meja kasir. Setelah itu bawa nasi lemakmu ke meja yang tersedia lalu nikmatilah dengan lahap.

Selain itu, nasi lemak ini terkenal dengan kelezatannya yang tidak main-main. Sementara harganya jomplang banget alias murah meriah.

sumber Gambar: Google Maps @zarim zakaria

Tempat ini pun sangat baby care, jadi kalian tidak usah khawatir jika membawa bayi kesini. Mereka juga menyiapkan baby chair khusus untuk pelanggan yang membutuhkannya.

Sekedar saran hindari ke warung ini saat jam makan siang. Bisa dipastikan sahabat wisato akan pegal kaki dan sangat kelaparan. Karena kalian akan antrian sangat panjang. Bagi sahabat wisato yang membawa kendaraan usahakan tidak datang di malam hari. Karena akan sulit mencari tempat parkir.

Sumber Gambar: Google Maps @Samson Cheong

Aneka lauk yang disajikan juga sangat bervariasi. Menjadikan nasi lemaknya lebih terasa istimewa. Aneka menu lauk antara lain, ayam goreng, rendang daging, paru sambal, telur ceplok,telur rebus. Ada juga sambal kerang, sambal sotong, rendang ayam,perkedel kentang,tempe goreng dan banyak lagi.

Untuk sahabat wisato yang berasal dari jogja dan sekitarnya akan lebih bersahabat dengan sambal yang ada disini, karena rasanya cenderung manis pedas. Sementara untuk sahabat wisato yang berasal dari Sumatera dan Makassar biasanya agak komplain karena rasanya cenderung manis dan kurang pedas. Ya apapun lidahnya makan nasi lemaknya di Nasi Lemak Wanjo saja.

Sumber Gambar: Google Maps @Mohd Azlee Abdullah

Untuk harga nasi lemak biasa hanya 4RM sementara varian lauk harganya bervariasi. Dibandrol dengan harga 1RM sampai 4RM. Kelezatan nasi lemak ini pun terbukti dengan besarnya rating dari google yang mereka dapat. Sebesar 4,1 bintang. Hebat bukan!.

Bagaimana sahabat wisato? Sudah tidak bingung lagi kan mau makan dimana jika kalian ke Kuala Lumpur Malaysia. Jangan lupa juga untuk mencintai negeri sendiri dengan berkunjung ke Pulau Nus Eden, Taman Surga di BUmi Maluku Barat Daya.