OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Kepulauan Aru

Papeda

Sumber: Instagram @noiwinata85

Siapa yang tidak tahu Papeda. Jajanan ini paling sering diburu oleh anak SD. Makanan berupa bubur sagu ini memiliki tekstur yang lengket, berwarna putih, kenyal dan juga tawar. Selain itu, Papeda juga kaya akan serat, rendah kolestrol dan memiliki nutrisi yang baik Di Kepulauan Aru sendiri Papeda sering dijadikan pengganti nasi Biasanya mereka menyantap Papeda dengan kuah kuning.

Kuah kuning merupakan kekayaan kuliner populer dari Indonesia Bagian Timur yang terbuat dari ikan tongkol dan sudah dibumbui dengan kunyit, jahe dan lain-lain. Cara menyantap Papeda yaitu dengan menyeruputnya langsung dari wadahnya.

Bagea

Sumber: Instagram @hestihhakim

Bagea termasuk ke dalam jenis kue kering. Memiliki tekstur yang renyah dan gurih bentuknya bulat dan memiliki retakan-retakan kecil dipermukaanya.

Bahan dasar kue Bagea terbuat dari sagu yang dicampur dengan kayu manis dan kacang-kacangan. Varian rasa Bagea sangat banyak. Setidaknya ada tiga yang paling sering diburu oleh para pelancong yaitu Bagea Kacang Kenari, Kelapa dan Gula. Apapun jenis rasa yang dipilih semuanya tetap enak. Apalagi jika dicicipi sambil ditemani teh atau kopi hangat. Dijamin semakin mantap.

Pom Pom

Sumber: Printest

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar nama  oleh-oleh ketiga ini? Mungkin tersirat bahwa Pom Pom yang dimaksud adalah alat yang sering digunakan oleh para cheeleaders. Jika itulah yang anda pikirkan, berarti salah. Pom Pom yang dimaksud disini adalah sebuah camilan.

Yup, Pom Pom merupakan makanan yang terbuat dari sagu  dan sudah disaring serta diambil sarinya dari batang pohon sagu. Ada juga yang terbuat dari tomat. Desa-desa di Kepulauan Aru yang memproduksi Pom Pom diantaranya yaitu Desa Gulili, Desa Namara,  dan Desa Tabarfane

Halua Kenari

Sumber: Instagram @Laura_radit

Sesuai namanya makanan ini terbuat dari kenari dan ditambah dengan gula merah. Teksturnya sangat manis dan legit. Makanan ini memiliki kandungan gizi yang baik sebab merupakan sumber dari protein. Disamping itu kandungan kenari di dalamnya juga mampu menurunkan risiko kanker payudara, loh. Sehingga tidak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai camilan enak dan menyehatkan.

Ikan Asin Balobo

Sumber: Instagram @ayam_ikan_bakar_bolobolo

Ikan Asin Balobo terbuat dari bahan dasar Ikan Hermihamphus Far atau akrab disapa juga dengan sebutan ikan terbang. Rasanya tidak terlalu asin, namun enak dan gurih. Makanan ini juga tahan lama dan tidak cepat membusuk bahkan hingga satu tahun. Selain itu tanpa menggunakan bahan pengawet atau bahan kimia apapun. Cobain, deh. Anda yang tidak suka ikan asin pun rasanya pasti akan suka dengan makanan ini, karena memiliki cita rasa yang khas dan lain daripada yang lain.

Kacang Botol

Sumber: Instagram @twens.co

Kacang ini masih diolah dengan cara tradisional tanpa disisipi bahan pengawet. Memiliki rasa yang beragam, ada yang manis, asin, pedas, bawang dan mix. Semuanya enak dan nikmat serta asli diproduksi oleh masyakarat Kepulauan Aru..

Sarut Kenari

Sumber: Instagram @atriasupermarketsolo

Satu lagi kue yang terbuat dari bahan kenari yaitu Sarut Kenari. Kue ini memiliki bentuk seperti Bagea hanya saja ukurannya lebih kecil. Rasanya enak dan manis karena olahan kenari sebagai bahan utamanya dicampur dengan gula aren. Senasi renyah akan langsung terasa ketika anda mulai mengecapnya.

Udang Banana

Sumber: Instagram @udangtiger

Udang Banana adalah salah satu jenis dari Udang Jerung. Rasanya sangat manis dan memiliki gurih yang khas. Dagingnya pun terasa lembut sehingga mudah jika anda ingin mengolahnya untuk berbagai jenis masakan. Misal, di goreng, dicampurkan ke dalam sup, dipepes, ditumis juga dibakar, semuanya bisa! Dan pastinya lezat.

Oh, ya, sebagai informasi jika udang ini ingin dibakar jangan meletakannya diatas api terlalu lama karena kulit Udang Banana terbilang cukup tipis,

Aksesoris Sisik Ikan

Sumber: Instagram @aisyahbanuc

Aksesoris ini terbuat dari sisik ikan dan merupakan kerajinan tangan asli masyakarat Kepulauan Aru. Aksesorisnya cukup beragam ada anting, hiasan dinding, buket bunga, tusuk konde, kalung gelang, dan lain lain. Harganya bervariasi dari mulai Rp.25.000 sampai jutaan rupiah

Mutiara Air Laut

Sumber: Instagram @rya_accessories

Kepulauan Aru sering disebut dengan julukan Nusa Mutiara karena memiliki kekayaan mutiara laut yang sangat melimpah. Oleh karena itu, rasanya tidak lengkap jika pulang dari sana namun tidak membawa butiran mutiara indahnya. Terlebih  jika ingin memberikan kado spesial untuk gadis yang anda dicintai.

Di samping mutiara laut, ada juga mutiara air tawar yang tidak kalah cantik. Selain itu harganya pun lebih ramah didompet, mutiara air laut biasanya dijual mulai harga Rp.250.000, sedangkan mutiara air tawar mulai Rp. 25.000 saja.

Comments

Loading...