OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Paser

Keripik Pisang Rimpi

Sumber: Instagram @misskriukku

Keripik paling khas dari Kabupaten Paser, ya, keripik pisang rimpi. Camilan lezat yang satu ini terbuat dari pisang gepok. Dimana cara pengolahannya dengan mengasapi pisang tersebut di atas arang kayu atau bara, sampai berwarna kecokelatan dan mengeluarkan aroma khas yang manis dan lezat. Keripik pisang rimpi tersedia dalam berbagai rasa seperti madu, cokelat, vanila, original dan lain-lain. Kudapan ini sangat cocok disantap ketika bersantai.

Kue Jenderal Mabok

Sumber: Instagram @fiqhiqahab55

Namanya unik sekali bukan? Menurut masyarakat Paser, pemberian nama tersebut karena kue ini terkenal dengan rasa legitnya yang konon membuat sang jenderal jadi mabuk.

Kue berwarna hijau menyala ini memang begitu menggoda. Bahan-bahannya sendiri terbuat dari campuran susu, gula,dan telur. Dengan pesona rasanya yang sangat manis, kue ini selalu ludes diborong oleh para wisatawan yang sedang mencari oleh-oleh di Paser.

Petis Udang Paser

Sumber: Instagram @petisudang_nusantara

Petis ini adalah favorit masyarakat Paser Suku Laut Bajo. Bahan utamanya yaitu kepala udang, gula jawa serta bumbu penyedap.  Pembuatannya cukup sederhana, dengan cara mencampur kaldu dari kepala udang yang sudah disaring melalui perebusan. Biasanya perebusan tersebut berlangsung selama dua jam. Setelah itu dicampur gula merah dari aren secukupnya, serta ditambah sedikit garam. Kemudian tinggal diaduk hingga menjadi petis.

Soal rasa, tentu saja enak. Berbeda dari petis daerah lainnya. Hal ini karena udang yang ditangkap berasal dari udang asli di Kabupaten Paser yang terkenal lezat dan gurih.

Ponta

Sumber: Instagram @aispaser

Ponta adalah singkatan dari podangan ketan. Dimana makana ini memang diolah dari padi ketan yang masih muda. Pembuatannya dengan cara disangrai hingga matang dan didiamkan sampai dingin. Kemudian ditumbuk lalu dibersihkan dari kulitnya setelah itu Ponta pun sudah siap untuk disantap.

Masyarakat Paser biasanya menikmati Ponta dengan menambahkan gula merah dan serutan kelapa muda. Rasanya melebihi kata enak, alias enak banget! So, jangan sampai tidak jadikan oleh-oleh. Tenang, harga Ponta ramah di dompet, kok.

Sambalacan

Sumber: Instagram @sambal_acan_bapirik

Perkenalkan Sambal ter-hits di Paser, namanya Sambalacan. Rasanya sangat enak dan hot. Terlebih jika dihidangkan bersama nasi liwet. Umumnya cara pembuatan Sambalacan dengan cara membakar terasi, lalu dimasukkan ke cowek. Kemudian dicampur, tomat, bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan cabe keriting yang sudah digoreng bersamaan dengan bumbu penyedap. Sambal ini bisa didapat dari pusat oleh-oleh Paser. Tersedia dalam berbagai ukuran kemasan.

Dempo Duyan

Sumber: Instagram @dunia.etam

Dempo Duyan, begitulah sebutan masyarakat Paser pada panganan tradisional yang terbuat dari buah durian. Cara pembuatannya dengan diambil daging buah duriannya. Setelah itu biji dari daging buah dipisahkan, lalu dimasukkan ke dalam wajan di atas bara api.

Wah, mirip dengan lempok atau dodol durian, dong, ya?

Sekilas memang terbilang sama, namun perbedaan antara Dempo Duyan dan Lempok yaitu terletak pada pemasakannya, Jika lempok menambahkan bahan lain seperti gula dan garam, Dempo Duyan sama sekali tidak .Sehingga rasanya pun sangat khas dari lempok lainnya

Kacang Sembunyi

Sumber: Instagram @noviely1127

Kenapa disebut kacang sembunyi karena kacang tanah yang ada didalamnya diselimuti oleh adonan tepung sehingga secara kasat mata camilan ini sama sekali tidak terlihat ada kacangnya. Kacang tanah di Kabupaten Paser memiliki cita rasa khas tersendiri. Ini menjadikan kelezatannya berbeda. Terlebih jika sudah ditambahkan bumbu penyedap lain pada saat proses pembuatan kacang sembunyi. Uh, dijamin anda pasti susah berhenti ngunyah, karena rasanya yang super gurih dan kriuk-kriuk.

Putu Manis Mayang

Sumber: Instagram @Titozheng

Jajanan manis ini terbuat dari tepung beras. Tampilannya seperti gulungan mie bihun. Berbeda dengan kue putu manis dari Jawa yang memakai santan merah, putu manis khas Paser ini hanya ditaburi kelapa parut dari gula pasir. Rasanya kenyal, gurih dan manisnya berasal dari parutan kelapa dan gula pasir

Batik Cura

Sumber: Instagram @rafif_batik

Ini merupakan batik asli dari daerah Tana Paser. Sebuah batik yang benar-benar keren. Motif dari batik ini terinspirasi dari ornamen yang terdapat dimuseum Keraton Sadurengas. Sampai saat ini, Batik Cura sudah memiliki beberapa motif yaitu motif putri petung, panah asmara, pedang, dan dua cinta,

Gandul

Sumber: Instagram @sri.kusworini78

Anda mungkin mengenal Gandul khas Cinere, tapi ini bukan duplikasinya melainkan Gandul khas Tanah Grogot Paser. Makanan ini terbuat dari daging yang dikeringkan atau sering disebut dendeng dan pindang. Keistimewaan dari Gandul Paser adalah supnya yang merupakan kuah kari pedas namun menghangatkan Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, tinggal minta pisahkan antara kuah, daging dan juga nasinya.

Comments

Loading...