OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Kepulauan Tanimbar, Lezat dan Unik

Kabupaten Kepulauan Tanimbar adalah nama baru dari kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku. Kabupaten ini memiliki banyak pantai yang indah, dan juga kaya akan hasil laut. Karena memang kabupaten Kepulauan Tanimbar berbatasan langsung dengan laut. Jika kamu berkunjung ke kabupaten yang satu ini, entah untuk menikmati keindahan alamnya atau mungkin karena hal lainnya, jangan lupa untuk mampir ke pusat oleh-oleh. Karena memang Kepulauan Tanimbar memiliki beberapa oleh-oleh khas, yang tentunya tidak akan kamu temukan di daerah lainnya. Nah, berikut adalah 10 oleh-oleh khas Kepulauan Tanimbar.

Ampas Terigu

 Sumber: myfunkitchen.blogspot.com

Meskipun bernama ampas terigu, namun jajanan ini berbentuk seperti roti. Pada umumnya, ampas terigu adalah jajanan yang dikonsumsi oleh masyarakat Maluku, termasuk di kabupaten Kepulauan Tanimbar, di kala sore hari sambil bersantai menikmati senja. Ampas terigu sendiri terbuat dari adonan yang berisi campuran antara gula merah, bubuk kayu manis, dan kelapa parut atau kelapa cincang.

Batik Maluku

Nah, berkunjung ke Kepulauan Tanimbar juga tak lengkap jika kamu tidak membeli batik khas Maluku, yang dinamakan batik Tubo. Batik ini memiliki corak yang khas, yakni bergambar kelapa, pala, cengkeh, ikan dan juga karang. Selain memiliki banyak corak, warna batik ini juga cukup cantik dan tentunya sangat menggoda mata.

Besi Putih

Sumber: www.theambonmaniseshop.com

Maluku juga terkenal sebagai daerah penghasil besi putih. Jadi jangan heran, kalau di sana kamu akan menjumpai banyak para pengrajin dan toko penjual besi putih. Banyak produk hasil olahan besi putih, seperti halnya kalung, gelang, cincin, dan yang lainnya. Menurut informasi, besi putih juga tidak mudah berkarat, sehingga lebih tahan lama dan tetap mengkilat meskipun telah digunakan bertahun-tahun lamanya.

Ikan Komu Asar

Sumber: Instagram@_yona27

Ikan komu asar adalah olahan khas Ambon dan Maluku, termasuk Kepulauan Tanimbar. Dalam bahasa Indonesia, kata ‘asar’ berarti ‘asap’ dan komu adalah sejenis ikan tongkol. Sehingga ikan komu asar adalah ikan sejenis tongkol yang diolah dengan cara diasap. Biasanya ikan ini diolah dengan cara ditusuk dengan menggunakan bambu, sebelum kemudian di bakar. Untuk menikmatinya, kamu bisa menambahkan sambal colo-colo dan nasi hangat. Dijamin, kamu akan ketagihan dan nambah.

Kain Tenun Ikat Tanimbar

Sumber: www.tahuribabunyi.com

Kepulauan Tanimbar juga menjadi pusat produksi kain tenun Tanimbar. Sebenarnya tak jauh berbeda dengan kain tenun pada umumnya, akan tetapi kain tenun tanimbar memiliki warna dan motif yang lebih beragam, seperti halnya motif alam sekitar, tumbuhan, hewan, hingga manusia. Beberapa motif yang terkenal dari kain tenun ikat Tanimbar adalah motif tunis, matantur, wulan lihir, ruas bambu, bunga anggrek, ulerati, hingga ular cincin.

Kasuami

Sumber: Instagram@liyatogo.village

Kasuami adalah makanan khas Kepulauan Tanimbar yang terbuat dari singkong parut. Cara membuat kasuami adalah dengan memarut singkong, kemudian diperas hingga keluar air sarinya. Kemudian singkong tersebut dipadatkan dan dibentuk menyerupai kerucut. Setelah itu, singkong yang telah berbentuk kerucut tadi dikukus hingga mengeluarkan aroma yang wangi. Biasanya, masyarakat Kepulauan Tanimbar menyantap kasuami dengan ikan bakar panas.

Kerajinan Kulit Kerang

Sumber: news.indotrading.com

Seperti halnya daerah di Maluku lainnya, di Kepulauan Tanimbar juga terkenal akan kerajinan dari kulit kerang. Ditangan para pengrajin, kulit kerang yang sudah tak bernilai tersebut disulap menjadi berbagai perhiasan dan aksesoris yang cantik dan memiliki nilai jual tinggi. Harga dari kerajinan kulit kerang pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kerumitan pembuatannya.

Keripik Pisang

Sumber: lelemuku.com

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa kamu beli ketika berkunjung ke Kepulauan Tanimbar adalah keripik pisang. Karena selain terkenal akan hasil laut, Maluku juga terkenal sebagai produsen pisang. Bahkan di sana ada pisang yang khas, yakni pisang mulu babe.

Pisang Goreng Embal

Sumber: www.picbon.com

Kemudian ada juga pisang goreng embal. Sebenarnya pisang goreng embal tak jauh berbeda dengan pisang goreng pada umumnya. Akan tetapi yang membuatnya unik adalah pisang goreng ini dibalur dengan tepung embal, yang terbuat dari singkong beracun yang telah diolah dan dihilangkan racunnya.

Pizza Tuna

Sumber: www.manusmenu.com

Maluku memang kaya akan hasil laut. Jadi jangan heran, kalau mereka memiliki banyak makanan khas yang berbahan dasar ikan. Nah, salah satu makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah pizza ikan tuna. Meskipun harganya sedikit mahal, namun untuk rasa kamu dijamin tidak akan pernah kecewa. Kamu akan dibuat ketagihan olehnya, pinginnya nambah terus.

Comments

Loading...