OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Pulau Pisang, Mulai dari Browkis Sampai Kopi Durian

Tahu gak di mana letak Pulau Pisang? Ya, Pulau Pisang adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Kecamatan yang dahulunya menjadi bagian dari Lampung Barat ini berpenduduk sekitar 1.000 jiwa. Jika kamu berkunjung ke sana, tidak ada salahnya membeli beberapa oleh-oleh untuk sanak keluarga atau pun orang tercinta. Karena letak administratifnya yang berada di provinsi Lampung, oleh-oleh khas di Pulau Pisang tak jauh berbeda dengan daerah lainnya di provinsi tersebut. Berikut adalah 10 oleh-oleh khas Pulau Pisang.

Browkis

Sumber: traveloka

Memang benar, dan kamu gak salah baca. Karena memang jajanan yang satu ini bernama browkis, bukan brownis, seperti yang sering kamu jumpai biasanya. Browkis sendiri singkatan dari brownis kulit pisang, karena memang jajanan ini dibuat dengan menambahkan kulit pisang sebagai salah satu bahannya. Meskipun cukup unik, namun jajanan ini memiliki rasa yang lezat, karena dalam pembuatannya telah melalui beberapa proses khusus. Dengan keunikan dan kelezatannya, browkis pun layak untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Buak Tat

Sumber: Instagram @kuliner_lampung

Buak Tat bisa dibilang sebagai kue istimewa di Lampung. Karena memang kue ini hanya muncul di acara penting, seperti halnya acara sunatan, pernikahan adat, dan lebaran. Buak tat sendiri dibuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, margarin, telur, dan gula halus, yang kemudian di dalamnya diberi isi selai nanas. Jika dilihat secara sekilas, buak tat mirip seperti kue nastar. Akan tetapi buak tat tak memiliki tekstur renyah layaknya nastar, melainkan lembut dan lembek.

Kacang Tojin

Sumber: Instagram @ika_jaidi276_hotmummy

Kemudian ada kacang tojin, makanan khas Pesisir Barat yang berbahan baku kacang merah. Untuk membuatnya, pertama-tama kacang merah dikukus dan kemudian digoreng dengan campuran bumbu pedas atau pun asin, sesuai dengan selera. Biasanya, masyarakat Pesisir Barat dan Pulau Pisang mengonsumsi kacang tojin pada pagi dan sore hari, ditemani dengan secangkir kopi.

Keripik Pisang

Sumber: Instagram @kripik_pisang48

Lampung dan daerah sekitarnya terkenal sebagai salah satu daerah penghasil pisang terbesar di Indonesia. Jadi jangan heran kalau di Lampung dan Pesisir Barat terkenal akan produk olahan pisang. Selain browkis yang telah disebutkan di awal, kamu juga bisa menjadikan keripik pisang khas Lampung sebagai oleh-oleh. Keripik pisang Lampung memiliki cita rasa dan tekstur yang khas, karena terbuat dari pisang ambon, bukan dari pisang kepok seperti pada umumnya.

Kerupuk Kemplang

Sumber: Instagram @verajj

Selanjutnya ada kerupuk kemplang, kerupuk yang berbahan dasar ikan tenggiri. Proses pembuatan krupuk ini cukup unik, karena tidak digoreng menggunakan minyak goreng, melainkan menggunakan pasir. Meskipun berbahan dasar ikan tenggiri, namun harga kerupuk kemplang bisa dibilang cukup terjangkau. Karena harga satu plastik kerupuk kemplang ukuran besar hanya dibanderol sekitar 25 ribu rupiah.

Kopi Lampung

Sumber: Instagram @cofeentique

Tidak hanya makanan, kabupaten Pesisir Barat, termasuk Pulau Pisang juga terkenal dengan minuman khasnya, kali ini adalah kopi. Berbeda dengan kebanyakan kopi pada umumnya, kopi ini memiliki aroma dan rasa yang khas. Kopi berjenis robusta ini juga dianggap memiliki tekstur yang lebih lembut dari pada kopi lainnya.

Kopi Durian

Sumber: Instagram @juragankejuhalal

Ingin minum kopi dan makan durian secara bersamaan? Beli saja kopi durian khas Lampung, dijamin kamu akan ketagihan. Penambahan ekstrak buah durian ke dalam bubuk kopi memang suatu hal yang cukup baru, sehingga membutuhkan teknologi mutakhir dan inovatif. Pada umumnya kopi durian adalah perpaduan antara kopi robusta dengan ekstrak buah durian yang cukup manis.

Lapis Legit

Sumber: Instagram @diannoviantir

Di Pesisir Barat dan juga di wilayah Lampung lainnya, kue lapis legit disebut juga dengan kue spekuk. Kue ini sendiri dibanderol dengan harga yang cukup mahal, sekitar 300 hingga 800 ribu rupiah untuk satu loyang 350 gram. Meskipun mahal, namun kamu jangan khawatir dengan rasa yang ditawarkannya, dijamin lezat dan membuatmu ketagihan.

Pandap

Sumber: Instagram @kuliner_lampung

Kemudian ada pandap, makanan dan oleh-oleh khas Pesisir Barat yang bentuknya mirip seperti pepes. Namun berbeda dengan pepes pada umumnya yang terbuat dari olahan ikan, karena pandap terbuat dari daun talas yang dipadukan dengan olahan rempah-rempah dan ikan-ikan kecil.

Pie Pisang

Sumber: Instagram @basoaci_jajananbandung

Yang terakhir adalah pie pisang. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan terasa sangat lembut di dalam. Untuk harga pie pisang juga cukup terjangkau, sekitar 5000 hingga 10000 rupiah, dan bisa bertahan kurang lebih selama 5 hari dalam temperatur ruang.

Comments

Loading...