OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Halmahera Timur, Jangan Sampai Kelewatan

Halmahera Timur adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Maluku Utara. Selain memiliki banyak pemandangan alam yang menawan, kabupaten yang beribu kota di Maba ini juga memiliki beberapa oleh-oleh khas yang cocok untuk dijadikan buah tangan orang tercinta. Mau tahu apa saja oleh-oleh khas Halmahera Timur? Ini dia jawabannya, jangan sampai kelewat.

Abon Ikan Tuna

Sumber: Instagram @claudiathe7

Seperti yang kita ketahui, Maluku Utara adalah provinsi yang dikelilingi oleh laut. Jadi jangan heran, kalau provinsi yang satu ini, termasuk Halmahera Timur, kayak akan hasil laut. Salah satu kekayaan laut di Halmahera Timur adalah ikan tuna. Nah, jika kamu berkunjung ke sana, kamu bisa membeli abon ikan tuna sebagai oleh-oleh. Dijamin, kamu akan dibuat ketagihan dengan cita rasanya.

Aksesoris Sisik Ikan

Sumber: enaknyakemana

Selama ini sisik ikan hanya dianggap sampah oleh masyarakat. Namun berbeda halnya dengan masyarakat di Maluku, termasuk di Halmahera Timur, yang di mana mereka memanfaatkan sisik ikan untuk berbagai kerajinan yang memiliki nilai jual, seperti halnya kalung, gelang, tusuk konde, anting, hingga bucket bunga. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal, sekitar 25 hingga 850 ribu rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya.

Gohu Ikan

Sumber: Instagram @suzanty_sitorus

Ternyata makanan yang terbuat dari daging ikan mentah seperti halnya sashimi tidak hanya berasal dari Jepang. Karena Indonesia juga memiliki makanan yang serupa, yakni Gohu Ikan, makanan khas Maluku dan Halmahera Timur. Makanan ini sendiri terbuat dari daging ikan cakalang atau tuna mentah yang dipotong kecil-kecil, kemudian dicuci dan dilumuri dengan perasan lemon serta ditaburi garam secukupnya. Setelah itu ditaburi daun kemangi dan didiamkan selama beberapa saat, menunggu bumbu agar meresap dengan sempurna.

Ikan Bakar Dabu-Dabu

Sumber: Instagram @yayuk_martin

Jika kamu berkunjung ke Halmahera Timur, tak ada salahnya kamu membeli ikan bakar dabu-dabu untuk dijadikan oleh-oleh. Dengan perpaduan rempah-rempah khas Nusantara, rasa ikan bakar dabu-dabu dijamin akan membuatmu ketagihan.

Ikan Cakalang Fufu

Sumber: Instagram @haydir_abbas

Selain menjadi makanan khas Manado, ikan cakalang fufu juga menjadi makanan khas Maluku, termasuk Halmahera Timur. Ikan cakalang fufu adalah olahan ikan cakalang yang telah melalui proses pengasapan, kurang lebih sealam 4 jam. Sementara di Manado dan di Maluku, proses pengasapan ikan inilah dinamakan dengan fufu. Sebelum dilakukan proses pengasapan, ikan cakalang dibersihkan terlebih dahulu sisiknya dan kemudian dilumuri dengan bumbu. Untuk harga sendiri bervariasi, sekitar 35 hingga 65 ribu rupiah.

Halua Kenari

Sumber: Instagram @degioklapertaart

Kemudian ada juga halua kenari, makanan khas Maluku Utara dan Halmahera Timur yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Jajanan ini sendiri terbuat dari campuran antara gula merah dan kacang kenari. Rasanya yang manis akan membuatmu ketagihan, dan jajanan ini cocok disantap bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat. Untuk harganya sendiri sekitar 10 hingga 45 ribu rupiah, tergantung ukurannya.

Kerajinan Kulit Kerang

Sumber: Indonesiaberita

Tak hanya sisik ikan, masyarakat Halmahera Timur juga memanfaatkan kulit kerang untuk dijadikan sebagai kerajinan. Karena memang Halmahera Timur kaya akan hasil laut, sehingga limbah kulit kerang pun cukup melimpah. Ragam kerajinan kulit kerang juga cukup bervariasi, mulai dari cincin, anting, hiasan lampu, gantungan kunci, kalung, dan yang lainnya. Harganya juga tidak terlalu mahal, antara 40 hingga 100 ribu rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya.

Kue Tumbu

Sumber: Instagram @illona203

Sagu tumbu atau kue tumbu juga menjadi makanan dan oleh-oleh khas Maluku Utara serta Halmahera Timur. Jajanan ini sendiri terbuat dari olahan tepung sagu, gula merah, dan kenari. Perpaduan bahan-bahan olahan tersebut membuat kue tumbu memiliki rasa yang khas, perpaduan antara gurih dan manis.

Aksesoris Berbahan Mutiara

Sumber: Instagram @syifapearls

Halmahera Timur juga terkenal sebagai pusat kerajinan mutiara, yang dibentuk ke dalam berbagai aksesoris, seperti kalung, gelang, cincin, dan yang lainnya. Di Halmahera Timur ada dua jenis mutiara yang diperjualbelikan, yakni mutiara air tawar dan air laut. Untuk harga mutiara air tawar lebih murah, antara 25 hingga 50 ribu rupiah, dan mutiara air laut harganya sekitar 250 hingga 400 ribu rupiah.

Pisang Mulu Babe

Sumber: Travellingyuk

Pisang Mulu Babe adalah buah pisang khas provinsi Maluku Utara. Pisang ini memiliki bentuk yang unik, di mana bentuknya melengkung seperti mulut bebek dan daging buahnya berwarna kuning kemerahan. Pisang ini sendiri bisa dibuat ke dalam berbagai olahan, yang tentunya cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Comments

Loading...