OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Seruyan

Kabupaten Seruyan terletak di provinsi Kalimantan Tengah dengan ibu kotanya adalah Kuala Pembuang, Kabupaten ini juga dikenal dengan istilah Bumi Gawi hatanting. Istilah tersebut berasal dari bahasa Dayak Ngaju dan bermakna kota yang dibangun berdasarkan kerja sama dan menjadi ciri khas dari masyarakat Seruyan

Bagi anda yang baru saja berwisata di daerah ini, nampaknya kurang lengkap jika pulang namun tidak membeli oleh-oleh khas Kabupaten Seruyan. Jika bingung harus membeli apa saja, berikut adalah 10 oleh-oleh khas Seruyan yang wajib sekali masuk kantong belanja anda.

Kerupuk Ikan Pipih

Sumber: Instagram @raisya.rumaholeholeh

Ya, Kabupaten Seruyan memang sangat identik dengan ikan pipihnya. Bahkan ikan bernama lain ikan belinda tersebut sudah menjadi ikon resmi kabupaten Seruyan, loh.

Rasanya yang enak, sangat khas dan tentu saja tidak dapat ditemukan di daerah lain, menjadikan cemilan yang satu ini digemari oleh berbagai kalangan, Bahkan masyakarat disana juga sering mengatakan pada para pelancong Bahkan masyakarat disana juga sering mengatakan pada para pelancong bahwa tidak lengkap jika ke Seruyan tanpa membeli kerupuk ikan pipih.

Keripik Pisang Kepok 

Sumber: Instagram @hanfishop

Seruyan terkenal sebagai penghasil pisang kepok terbaik di Kalteng tidak heran jika produk olahan dari jenis pisang yang satu ini cukup banyak di Kabupaten seruyan. Rasanya yang renyah, gurih, dan berbeda dari keripik pisang pada umumnya, sangat pas untuk dijadikan cemilan selama perjalanan pulang sekaligus oleh-oleh untuk sanak keluarga.

Abon Jantung Pisang Khas Seruyan

Sumber: Instagram @diajengtitah

Nah, kalau yang satu ini merupakan unggulan khas Kabupaten Seruyan yang masih terbilang anyar yaitu abon dari jantung pisang.

Produksinya sendiri ada di Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur. Sampai informasi ini ditulis abon jantung pisang Seruyan sudah merambah ke pasar nasional, hingga dekspor ke sejumlah negara lain. Semua pencapaian tersebut berangkat dari rasa abonnya yang memang sangat enak dan membuat konsumen repurchase berulang-ulang.

Cencalu

Sumber: Instagram @dapuramang

Makanan ini terbuat dari bahan dasar udang rebon dan sudah diwariskan secara turun temurun. Aromanya sangat khas dengan sensasi manis asam dan juga asin. Cencalu paling sedap jika nikmati sembari menyantap nasi panas dan lalapan. Kini cencalu sudah tersedia dalam bentuk botol kemasan dengan desain yang jauh lebih aman, sehingga tidak akan mudah tumpah dan siap dibawa ke rumah sebagai oleh-oleh.

Kerupuk Ikan tenggiri

Sumber: Instagram @mumscity

Popularitas kerupuk ikan tenggiri juga tidak kalah dengan kerupuk ikan pipih. Bahan-bahannya sendiri adalah rempah-rempah, campuran tepung, serta daging ikan tenggiri segar pilihan, sehingga mampu menghasilkan kerupuk ikan tenggiri yang gurih dan sangat membuat ketagihan untuk dikonsumsi.

Tempuyak

Sumber: Instagram @nanatmomo

 Tempuyak atau sering disebut juga Tempoyak adalah kuliner Seruyan yang hanya muncul pada saat musim durian saja. Makanan ini difermentasi dengan garam dan cabe kemudian dihaluskan. Tempuyak biasanya disajikan dengan sambal. rasanya manis khas durian berkolaborasi dengan rasa asam asin dan juga pedas. Dijamin siap menggoyang lidah penyicipnya.

Kue Ilat Sapi

Sumber: Instagram @jengnyonya

Jika anda bosan dengan yang asin dan ingin mencari oleh-oleh manis, maka kue Ilat Sapi tidak boleh dilewatkan. Olahannya sendiri terbuat dari tepung gula merah dan telur. Sesuai dengan namanya roti yang tampak seperti  lidah sapi ini sangatlah manis, empuk dan lezat

Batik Khas Seruyan

Sumber: Instagram @infokalteng

Mari beralih pada kerajinan tangannya. Seperti kita tahu hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik khas tersendiri. Begitupun dengan Kabupaten Seruyan. Batik khasnya bermotif ikan pipih dan benang bintik . Tersedia berbagai desain dan warna berbeda. Namun, yang cukup populer dan banyak dibeli adalah batik bermotif ikan pipih yang dikolaborasikan dengan tanaman sawit.

Abon Ikan Bandeng

Sumber: Instagram @rumahibuprojectid

Abon ini terbuat dari ikan bandeng pilihan khas dari Kuala Pembuang dan diproduksi IKM Binaan Diskoperindag Seruyan. Rasanya sangat enak, dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman makan bersama keluarga sembari bercerita tentang kenangan anda selama di Kabupaten Seruyan.

Sulit untuk menginterpretasikan perbedaan abon ikan bandeng ini dengan abon sejenis lainnya, anda harus mencobanya sendiri supaya bisa tahu, bahwa abon ini memang memiliki cita rasa khas tersendiri dengan kualitas yang juara.

Souvenir Seruyan

Sumber: Instagram @Kencengkete

Souvenir khas Seruyan sangatlah beragam. Cincin, dompet, kalung sampai gantungan berbentuk ikan pipih, semuanya ada dan bisa anda dapatkan dengan mudah dipusat oleh-oleh Seruyan Dijamin  jika anda membelinya untuk keluarga, mereka pasti sangat senang. Terlebih motif souvenir disana semuanya unik-unik

Comments

Loading...