OUR NETWORK

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lamandau

Berikut adalah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Lamandau, Kalimantan Tengah yang bisa anda beli.

Umbut Rotan

Sumber: Instagram @rahmiyuniarti

Masyakarat Lamandau sering memasak rotan, namun rotan yang dipasak bukanlah rotan tua yang sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan, melainkan rotan muda. Masakan tersebut bernama Umbut Rotan. Harus diakui rasa Umbut Rotan memang terbilang sedikit pahit. Namun sensasi gurih yang ikut membaur di dalamnya membuat makanan ini terasa nikmat di lidah.

Akan lebih sedap lagi, jika disantap bersama ikan bakar seperti ikan baung atau ikan patin juga dicocol sambal serai. Uh, pasti lezat sekali, bukan? Kini umbut rotan tersedia dalam bentuk kemasan, sehingga bisa dibawa sebagai oleh-oleh Khas Lamandau.

Buah Satar

Sumber: Instagram @Myfoodmyfuntastu

Buah Satar atau disebut juga buah Gandaria kaya akan serat sehingga sangat baik untuk kesehatan bahkan jika dikonsumsi setiap hari. Rasanya manis bercampur kecut dan menyegarkan di mulut.  Nah, jika anda ke Lamandau, maka singgahlah ke Pedesaan Batu Hambawang karena di sana terdapat banyak yang menjajakan Buah Satar yang segar-segar dan siap untuk dijadikan oleh-oleh,.

Tuak

Sumber: Instagram @anditaangela.ega

Tuak dari Lamandau merupakan minuman yang terbuat dari hasil fermentasi beras ketan  Minuman ini adalah budaya turun temurun orang dayak. Mereka menganggapnya sebagai simbol kebersamaan Suku Dayak. Dimana apabila anda bersama-sama meminum Tuak dapat diartikan untuk mempererat persaudaraan.

Bagaimana dengan rasanya? Rasa tuak ada yang manis dan pedas. Untuk mendapatkan Tuak, cukup merogoh kocek sebesar Rp.15.000 per liter.

Batik Lamandau

Sumber: Instagram @Dian_collectionbatik

Berikutnya adalah Batik Lamandau Wajib banget, nih buat dibawa pulang. Dijamin membuat siapapun yang memakainya kelihatan semakin kece!

Oh, ya, sekedar informasi sampai sekarang sudah ada 9 motif Batik Lamandau yang didaftarkan sebagai hasil kekayaan interlektual atau dipatenkan. Di antaranya adalah motif poti tiga anyaman, buah tabiku, pemucu robung, pemata punai, mata kail, kora becampung, karibang barunsu, bigi paria dan anyaman batang padi. Silahkan anda pilih sendiri sesuai selera.

Tebiku

Sumber: Instagram @Cim.zareka

Tebiku juga sering disebut sebagai kantong semar. Karena proses pemasakan makanan ini memang melibatkan tanaman yang sering dijumpai dihutan tersebut sebagai bahan utama atau pembungkusnya.

Nasi tebiku dibuat memakai beras biasa atau ketan. Cita rasanya sendiri berbeda dari Lamang. Ada bumbu khas yang disisipkan ke dalamnya, terlebih Tebiku kini mulai disajikan dengan inovasi yang beragam dari segi rasa sehingga tidak membuat bosan lidah. Tidak heran, jika Tebiku banyak diburu oleh para pelancong yang sedang menjajal keindahan Kabupaten Lamandau

Kerupuk Ikan Gabus

Sumber: Instagram @Raisa.rumaholeholeh

Nah, bagi anda yang suka dengan Ikan Gabus khas Kalimatan namun khawatir dengan durinya, maka bisa tetap menikmati lezatnya ikan tersebut dengan membeli kerupuk Ikan Gabus. Kerupuk ini memiliki cita rasa ikan yang lezat dikombinasikan dengan bumbu gurih yang menggugah selera. dan bisa didampingi dengan sajian makanan apapun.

Katambung

Sumber: Instagram@Gempitamusika

Katambung adalah alat musik perkusi sejenis gendang khas Kabupaten Lamandau. Terbuat dari kayu ulin, sementara bagian yang dipukul dengan telapak tangan terbuat dari kulit ikan buntal yang sudah dikeringkan.

Bentuk Katambung sangatlah unik karena menyerupai labu siam. Khusus bagi anda pengoleksi alat musik, nampaknya kerajinan tangan tradisional ini tidak boleh untuk dilewatkan. Terlebih jika anda ingin coba memainkannya bersama keluarga atau sahabat yang juga senang akan alat musik tradisional, sehingga sangat cocok dijadikan hadiah.

Durian Merah

Sumber: instagram @Fit_sortie_eats

Jika buah kusi mempunyai warna merah pada kulitnya, durian unik yang satu ini memiliki warna merah pada dagingnya. Durian merah memiliki bau yang tidak menyengat seperti durian biasa,Ukurannya sendiri lebih kecil dan ketika anda mengigitnya akan terasa begitu manis dan lembut.

Kue Lakatan

Sumber: Instagram @warungdangkita

Kue Lakatan termasuk ke dalam kategori kue lapis Rasanya enak, begitu lembut, manis karena terdapat ketan kukus di dalamnya. Kue ini memiliki dua lapisan. Lapisan pertama atau bagian bawah terbuat dari pulut, sementara lapisan kedua atau bagian atas terbuat dari gula merah, telur dan santan. Kebayangkan, gimana mantapnya kue ini? Jangan sampai tidak beli buat oleh-oleh, ya.

Amplang Umai

Sumber: instagram @Fridajoincofee

Amplang umai atau amplang tenggiri terbuat dari ikan tenggiri berkualitas yang dicampur dengan bumbu tradisional serta tanpa bahan pengawet. Rasanya sangat sedap, dengan  sensasi gurihnya ikan tenggiri yang begitu kuat. Anda bisa membeli Amplang Umai ini dengan berbagai kemasan dari mulai 50 gram samoai 1000 gram.

Comments

Loading...