OUR NETWORK

Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Murung Raya yang Wajib Untuk Dibeli

Lempok

Sumber: Instagram @pempektintinplg

Jika anda pergi ke Murung Raya, rasanya kurang lengkap jika tidak membawa pulang kuliner tradisionalnya yang terkenal yaitu Lempok Durian Bentuk Lempok sama seperti dodol durian, namun takaran komposisinya berbeda. Jika dodol durian bahan utamanya adalah tepung beras, dan duriannya hanya dipakai sebagai pelengkap rasa saja, maka dalam pembuatan Lempok ini bahannya 100% dari buah durian yang sudah dicampur dengan gula

Cita rasa dari Lempok Durian sangatlah unik, Di samping aroma khas durian yang begitu menyengat, Lempok Durian ini pun terasa manis dan legit. Teksturnya kenyal memberikan sensasi berbeda ketika digigit. Lempok Durian biasa dinikmati dengan teh manis, sembari bersantai. Lempok Durian juga tidak mudah basi karena menggunakan pengawet alami sehingga tahan lama dan pas untuk dijadikan buah tangan khas dari Murung Raya

Rabuk Patin Kandas Sarai

Sumber: Instagram @mefstizen

Jika selama ini anda mungkin lebih familiar dengan abon, nah, masyarakat Kalimantan Tengah lebih mengenalnya dengan nama rabuk. Biasanya rabon kebanyakan terbuat dari daging sapi, sementara abonnya orang Murung Raya ini terbuat dari daging ikan patin.

Rabuk Patin Kandas Sarai namanya. Makanan ini sangat cocok bagi para penikmat masakan pedas. Ada yang levelnya sedang, sampai ekstra pedas.

Kue Kakicak

Sumber: Instagram @hanhanny

Kue Kakicak atau yang biasa disebut juga Hintalu Karuang merupakan makanan wajib masyakarat Kalimantan tengah, khususnya ketika hendak menyelenggarakan acara penting. Kue ini memiliki warna gradasi hijau muda dan hijau tua. Teksturnya sangat kenyal, terbuat dari bahan tepung ketan dan tepung beras serta diberi air dan pewarna alami dari daun pandan.

Wadi Ikan

Sumber: Instagram @mefstizen

Disamping rabuk, Wadi yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar ikan patin yang difermentasi kemudian di masak baik dengan cara digoreng maupun dikukus. Hasil dari fermentasi tersebut membuat Wadi Ikan memiliki cita rasa yang khas yaitu asam asin, serta segar

Wadi Ikan ini paling laris dipasaran, loh, dibanding jenis Wadi lainnya. Rasanya yang lezat siap memanjakan lidah anda. Oleh karena itu lebih baik beli Wadi Ikan dalam jumlah banyak atau ukuran yang besar.

Lamang

Sumber: Instagram @Rukminidusan

Lamang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak di dalam bambu dan merupakan kebudayaan dari masyarakat Suku Dayak. Bambu yang dipakai untuk pembuatan Lamang adalah bambu Humbang Lawas yang merupakan jenis bambu berbentuk tipis dan masih muda.

Karena bentuknya yang tipis inilah, membuat bambu khas Murung Raya berbeda dengan bambu orang Jawa, sehingga proses memasak Lamang pun tidak membutuhkan waktu lama.

Wadai Apam

Sumber: Instagram @irma_jacaob

Apabila anda tidak menyukai makanan yang pedas seperti Rabuk Patin Kadas Sarai, maka Wadai Apam bisa menjadi alternatifnya. Wadai Apam ini adalah kue khas dari Murung Raya dan bercita rasa manis dengan tekstur lembut. Walaupun kue ini sering disajikan pada acara perayaan tertentu namun tidak sulit untuk menemukan Wadai Apam saat berunjung ke Murung Raya.

Kue Getas

Sumber: Instagram @trisulistijani.2908

Nah, kalau kue yang satu ini enak banget! Kue Getas berbentuk segi empat tidak sama kaki. Terbuat dari tepung ketan tepung sagu, serta santan kemudian dicampur parutan kelapa, lalu diatasnya diselimuti gula basah. Uh, baru melihat tampilannya saja dijamin membuat selera anda tergugah

Gaguduh Pisang

Sumber: Instagram @liailyas

Berbeda dari kue pisang pada umumnya, kue Gaguduh khas Kalimantan Tengah memiliki bentuk yang bulat. Besar kecilnya sendiri tergantung takaran sendok yang dituangkan ke dalam penggorengan.

Gaguduh Pisang dibuat dengan cara dicincang kecil-kecil lalu diberi tepung gandum, gula dan juga air. Rasanya sangat enak. Sekali icip, anda pasti ingin membelinya lagi.

Tempoyak

Sumber: Instagram @hanhanny

Tempoyak merupakan masakan yang berasal dari buah durian yang sudah melewati tahapan fermentasi. Tempoyak bisa dinikmati sebagai lauk, dan juga bisa dimakan langsung bahkan dijadikan bumbu masakan.

Cita rasa dari Tempoyak ini adalah asam, karena terjadinya proses fermentasi pada buah durian yang menjadi bahan bakunya. Rasa asamnya memberikan sensasi enak yang berbeda ketika dimakan bersama nasi hangat.

Tas Rotan

Sumber: Instagram @Panataucraft

Bagi masyarakat Murung Raya menganyam rotan sama halnya seperti menganyam kehidupan karena sumber penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari berasal dari pekerjaan tersebut.

Paling laris adalah tas rotan berbentuk bulat seperti yang terlihat pada gambar. Dengan desain tradisional khas Suku Dayak, berpadu dengan motif modern, tas ini sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh baik untuk istri, atau pacar anda.

Comments

Loading...