OUR NETWORK

Gak Perlu Ragu, Coba Saja Kunjungi 10 Destinasi Wisata Cantik di Tojo Una-Una

Pernah berkunjung ke Sulawesi Tengah? Nah, di provinsi yang satu ini ada kabupaten cantik yang bernama Tojo Una-Una. Kabupaten yang beribu kota di Ampana Kota ini memiliki bentang alam yang mengagumkan, terutama pantai. Hal yang sebenarnya tak terlalu mengejutkan, melihat lokasi kabupaten ini yang berbatasan langsung dengan laut di Teluk Tomini. Nah, berikut adalah 10 destinasi wisata eksotis di Kabupaten Tojo Una-Una, kamu gak perlu ragu untuk berkunjung ke sana.

Gunung Colo

Sumber: Instagram@locojaka

Yang pertama ada Gunung Colo, yakni gunung aktif dengan keindahan alam yang menakjubkan. Bagi kamu para pecinta alam atau penyuka tantangan, gunung ini wajib kamu datangi ketika berkunjung ke Tojo Una-Una. Dengan ketinggian hanya 486 meter, gunung ini bisa didaki dengan cukup mudah. Jadi jangan heran, kalau banyak yang berkunjung ke gunung yang satu ini ketika musim liburan tiba.

Danau Gunung Colo

Sumber: Instagram@iponk_salelang

Nah, di Gunung Colo juga terdapat sebuah danau yang memiliki pemandangan menawan. Bagi kamu yang mendaki ke Gunung Colo, tentunya kamu tak boleh melewatkan danau yang satu ini.

Danau Mariona

Sumber: Instagram@travelxposemagz
Sumber: Instagram.com@latin.spirit

Selanjutnya kamu bisa berkunjung ke Danau Mariona. Di sini kamu bisa menemukan ratusan ubur-ubur yang tak menyengat, layaknya ubur-ubur yang ada di Danau Kakaban, Kalimantan Timur. Berdasarkan informasi, dulunya Danau Mariona tersambung dengan laut. Akan tetapi karena proses alami, danau ini kemudian terpisah dengan laut dan ubur-ubur yang terperangkap di Danau Mariona mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya. Setelah sekian lama terisolasi dari laut, ubur-ubur yang terus berkembang biak ini kehilangan daya sengatnya. Meskipun tak menyengat, namun kamu juga tidak boleh terlalu agresif ketika berenang bersama dengan mereka.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Cantik di Banggai, Sulawesi Tenggara

Pantai Keke

Sumber: Instagram@kipotlea

Nah, bagi kamu yang ingin bermain di pantai, kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Keke. Sebagaimana pantai yang ada di Teluk Tomini lainnya, pantai ini juga tak memiliki ombak yang besar. Dengan hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi, rindangnya pohon kelapa, ditambah dengan pasir putih yang halus akan membuat para pengunjung betah berlama-lama di sini.

Pantai Matako

Sumber: Instagram@hernapardede

Setelah dari Pantai Keke, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Matako. Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang, dan hamparan pasir putih yang halus layaknya di Pantai Keke. Di pantai ini kamu pun bisa berenang sepuasnya tanpa harus takut terseret oleh ganasnya ombak.

Pulau Kadidiri

Sumber: Instagram@aginbayu

Berada di Kabupaten Tojo Una-Una tak akan terasa lengkap jika kamu belum berkunjung ke Pulau Kadidiri. Karena pulau ini memiliki pemandangan yang eksotis, dan memiliki pantai menawan, seperti halnya Pantai Barakuda. Untuk menuju ke Pantai Barakuda, kamu harus berjalan menuju ke selatan pulau, melewati hutan tropis yang cukup rindang, dengan waktu tempuh selama kurang lebih 1,5 jam. Namun lelahmu selama di perjalanan akan langsung dibayar dengan keindahan yang disajikannya. Pantai ini juga masih sepi, karena memang lokasinya yang cukup tersembunyi.

Pantai Karina

Sumber: badpackers

Pantai Karina sendiri terletak di Pulau Bolilanga, yang berada di seberang Pulau Kadidiri. Sehingga untuk menuju ke sana kamu harus menyewa speedboat. Meskipun akan membutuhkan biaya yang cukup mahal, namun dijamin kamu tidak akan pernah menyesal berkunjung ke pantai yang satu ini. Lokasinya yang cukup terpencil membuat pantai ini tak banyak dikunjungi oleh wisatawan, meskipun sebenarnya memiliki pemandangan alam yang indah. Suasana yang tenang nan damai akan langsung kamu rasakan ketika menginjakkan kaki di pantai yang satu ini. Suasana yang tenang ditambah dengan pemandangan yang menawan akan membuatmu terasa seperti berada di pantai pribadi.

Pulau Papan

Sumber: blog.ivacanza.co

Selanjutnya ada Pulau Papan. Di sana kamu akan disuguhkan oleh pemandangan laut yang biru dan pantai yang eksotis. Kamu juga akan menemukan jembatan kayu dengan panjang sekitar 1800 m, yang dibangun untuk menghubungkan dua pulau yang lokasinya cukup berdekatan. Dengan keunikan dan keindahan pemandangannya, jembatan kayu ini pun menjadi spot foto yang paling dicari ketika berkunjung ke Pulau Papan.

Pulau Batudaka

Sumber: blog.ivacanza.co

Pulau Batudaka juga bisa menjadi destinasi wisata alternatif ketika berkunjung ke Kabupaten Tojo Una-Una. Pulau Batudaka adalah pulau terbesar di gugusan Kepulauan Togean. Pulau ini didominasi oleh hutan bakau dan pantai yang menawan. Di beberapa garis pantai juga ditumbuhi pohon kepala dari berbagai jenis, yang membuat pantai di pulau ini semakin terlihat menakjubkan.

Air Terjun Tanimpo

Sumber: blog.ivacanza.co

Yang terakhir adalah Air Terjun Tanimpo, yang berlokasi di Desa Tanimpo, Kecamatan Una-Una, Kabupaten Tojo Una-Una. Lokasi air terjun yang tersembunyi membuat akses menuju ke Air Terjun Tanimpo cukup sulit, dan hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua. Selain menawarkan keindahan alamnya, di Air Terjun Tanimpo kamu juga bisa dengan mudah menemukan batu akik yang sangat cantik.

Comments

Loading...