in

9 Makanan Khas Maluku Barat Daya Yang Wajib Kamu Coba

Sumber Gambar: Instagram @ayojalantour

Maluku Barat Daya yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang luar biasa indah ternyata juga memiliki kulineran yang akan memanjakan lidah kalian. Jadi buat kalian yang ingin liburan ke destinasi wisata di Maluku Barat Daya, Wisato akan memberikan list makanan – makanan khas Maluku Barat Daya yang wajib hukumnya kalian coba.

1. Ikan Bakar Dabu – Dabu Mentah

Sumber Gambar: Cookpad @Niken Damayanti

Hidangan pertama yang masuk ke dalam list ini sudah tentu ikon wisata kuliner dari Maluku Barat Daya yang tidak boleh kalian lewatkan, yaitu Ikan Bakar Dabu – Dabu. Hidangan ini seolah menjadi hidangan wajib yang harus kalian coba apabila berkunjung ke Maluku Barat Daya. Hidangan yang punya cita rasa original dan unuk ini tidak terlalu sulit untuk diolah.

Ikan yang sudah dipilih sebelumnya langsung dibakar setelah dibersihkan dalam beberapa waktu tanpa perlu dilumuri dengan bumbu – bumbu yang lain. Ikan yang sedang dibakar cukup ditetesi dengan jeruk nipis secukupnya lalu ditambahi sedikit taburan garam untuk menghasilkan cita rasa gurih dan sedikit asam.

Setelah itu kemudian baru dilumuri dengan bumbu dabu – dabu mentah dan disajikan di atas daun pisang, sedangkan piringnya biasanya terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa agar mirip seperti bujur sangkar.

2. Papeda

Sumber Gambar: Instagram @ayojalantour

Satu lagi makanan khas yang tidak boleh kalian lewatkan, Papeda. Sama seperti provinsi lain seperti Papua, Maluku Barat Daya jgua menjadikan sagu sebagai salah satu makanan pokoknya jadi tidak heran kalau Papeda masuk ke dalam list ini.

Olahan berwarna putih pekat ini tampak menarik dan kalau dilihat sekilas hidangan yang satu ini mirip dengan lem kertas. Tidak heran karena teksturnya yang kental dan lengket apabila kalian sentuh dengan tangan. Hidangan yang satu ini memang tidak memiliki rasa atau hambar sehingga banyak masyarakat menggunakan hidangan yang satu ini sebagai pengganti nasi.

3. Acar Kuning

Sumber Gambar: @sajiansedap.grid.id

Namanya saja Acar Kuning sudah jelas kalau hidangan yang satu ini didominasi dengan warna kuning. Acar biasanya di buat dengan berbagai macam irisan sayuran mau itu wortel atau timun. Tapi tidak dengan acar yang satu ini. Acar yang satu ini, di saat acar yang biasanya menggunakan timun atau wortel acar yang satu ini menggunakan rebung sebagai bahan utama.

Rebung yang sudah disiapkan kemudian dipotong kotak – kotak kecil yang lalu dicampur dengan bawang merah, nanas, kecipir muda, cabai merah dan bahan lainnya. Setelah dicampur dengan sayuran lainnya hidangan ini kemudian di beri bumbu yang terbuat dari “kunir”. Kunir inilah yang kemudian membuat hidangan ini memiliki warna kuning mencolok. Setelah itu hidangan ini akan dicampur dengan kenari yang sudah dikupas sebelumnya sehingga menghasilkan cita rasa yang unik ketika dimakan.

4. Halua Kenari

Sumber Gambar: @indonesiakaya.com

Hidangan kali ini bisa dibilang hidangan sehat yang wajib kalian coba ketika sedang berada di Maluku Barat Daya. Hidangan yang satu ini dibuat dengan bahan utama kacang kenari yang kemudian dibungkus dengan gula merah sebelumnya sudah dileburkan. Nah karena gula merah ini lah tekstur makan ini menjadi cukup lengket.

Hidangan ini biasanya disantap ditemani oleh kopi atau teh akan tetapi karena hidangan ini sendiri sudah manis ada baiknya kalau minuman yang dibuat untuk menemani agar tidak terlalu manis ya sahabat Wisato.

5. Kue Bagia

Sumber Gambar: @indonesiakaya.com

Hidangan yang berikutnya adalah hidangan yang sudah sangat melegenda karena saking populernya kue yang satu ini. Kue yang dimaksud adalah Kue Bagia, kue yang konon katanya tidak boleh sampai ketinggalan untuk dihidangkan ketika acara – acara adat tertentu sedang digelar.

Tidak susah untuk menemukan camilan yang satu ini hampir semua tempat yang menjual oleh – oleh pasti bisa kalian temukan kue yang satu ini. Kue ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan tentu saja enak ditambah dengan aromanya yang khas.

6. Kohu – Kohu

Sumber Gambar: @cnnindonesia.com

Kalau dilihat sekilas hidangan yang satu ini tidak jauh berbeda dengan Urap Sayur, makanan yang lebih sering ditemukan di kalangan orang dari Pulau Jawa. Bagaimana tidak dari segi tampilan hingga kompisis bahannya memang tidak jauh berbeda tetapi ada satu hal yang membedakan kedua hidangan ini. Kalau Urap Sayur itu terbuat dari bahan sayur – sayuran kalau Kohu – Kohu ada bahan tambahan, yaitu ikan mentah. Ikan mentah yang digunakan bisa saja ikan teri, ikan tongkol ataupun ikan pindang. Hidangan yang satu ini menggunakan sayuran mentah yang memang tidak dimasak yang kemudian dicampur dengan kelapa tua parut yang membuatnya tambah nikmat.

7. Gatang Kenari

Sumber Gambar: @makanandimaluku.blogspot.com

Suka dengan kepiting?. Kalau begitu hidangan yang satu ini cocok untuk kalian, Gatang Kenari namanya. Hidangan ini sendiri menggunakan jenis kepiting yang cukup unik, yaitu Kepiting Kenari dengan ukuran jumbo. Kepiting ini cukup ini karena punya kebiasan memakan buah kelapa sehingga kepiting ini memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan kepiting laut atau kepiting air biasa.

8. Talam Sagu Bakar

Sumber Gambar: @gempi.co

Hidangan berikutnya adalah camilan yang menjadi oleh – oleh wajib yaitu Talam Sagu Bakar. Hidangan ini dibuat dengan bahan dasar sagu yang dicampur dengan kacang kenari, tepung beras dan juga kacang brenebon serta tidak lupa gula merah. Hidangan dengan cita rasa unik, gurih dan manis ini dijamin akan memanjakan lidah kalian.

9. Jagung Hasa

Sumber Gambar: @travelinkmagz.com

Masyarakat Maluku Barat Daya tidak hanya mengkomsumsi sagu sebagai makanan pokok mereka tetapi ada sebagian yang mengkomsumsi jagung. Jadi tidak aneh rasanya kalau banyak hidangan khas yang menggunakan bahan dasar jagung bisa kalian temukan dengan mudah.

Salah satunya adalah hidangan dengan nama Jagung Hasa, hidangan yang terbuat dengan bahan dasar jagung ditambahkan dengan kacang merah dan irisan ketela pohon yang dilengkapi dengan dengan santan.

Warga lokal sendiri biasanya menjadikan hidangan yang satu ini sebagai menu sarapan jadi buat kalian yang bosan dengan menu sarapan pada umunnya sepertinya hidangan yang satu ini bisa jadi pilihan ya.

Nah, itu dia hidangan khas dari Maluku Barat Daya jadi buat kalian yang kebetulan ada di sana atau secara spesifik ingin berlibur ke sana jangan lupa untuk mencicipi hidangan di atas. Dijamin kalaian tidak akan kecewa.

Geomedia - JFK 2022