in

Mencicipi Uniknya Rahang Bakar Tuna Om Iker

Sumber Gambar: Instagram @rahangtuna_om.iker

Manado kini semakin menarik wisatawan luar maupun lokal untuk mengunjunginya. Ambisi Pemerintah Sulawesi Utara untuk mendatangkan turis Tionkok hingga 1 juta orang mampu membuat pariwisata di Manado dan sekitarnya.

Tak hanya keindahan alam dan budayanya, Manado juga terkenal dengan beragam kuliner yang lezat dan khas. Begitu banyak tempat wisata kuliner di Manado yang bisa diburu para wisatawan. Sahabat Wisato bisa berjalan-jalan sepanjang hari untuk memburu wisata kuliner di Manado. Itulah beberapa alasan kenapa banyak pelancong yang berkunjung ke kawasan Manado. Kota Manado juga terkenal memiliki deretan pantai yang indah di sepanjang pesisir.

Karena banyaknya pantai yang indah, Manado merupakan wilayah penghasil hidangan laut terbesar di Indonesia. Dari sekian banyak jenis ikan, ikan tuna menjadi salah satu olahan kuliner yang paling banyak diminati. Salah satu rumah makan yang menawarkan kelezatan rahang ikan tuna adalah Rahang Tuna Om Iker yang terletak dikawasan bisnis Marina.

Rahang Tuna Om Iker

Sumber Gambar: Google Maps @Recky Enggi

Salah satu rumah makan yang menyediakan kuliner ini adalah RM Rahang Tuna Om Iker. Om Iker sendiri adalah pemilik resotran ini yang berasal dari Minahasa, Kakas. Awalnya Om Iker berpikir bagaimana caranya memanfaatkan limbah rahang ikan tuna sebagai peluang bisnis kuliner yang bisa menhasilkan uang.

Om Iker memilih untuk terjun ke dunia bisnis kuliner. Tak semudah yang diperkirakan, Om Iker harus melewati berbagai perjuangan agar bisnisnya bisa lancar. Ia mulai mencari mitra bisnis yang menjual ikan tuna, dan menghadapi persaingan bisnis yang ketat.

Seiiring berjalannya waktu, perjuangan Om Iker membuahkan hasil manis. Sudah hampir 5 tahun Om Iker menekuni bisnis kuliner ini. Rumah makan miliknya semakin dikenal orang dan semakin ramai pengunjungnya. Setiap hari rumah makan milik Om Iker ini selalu dibanjiri pengunjung yang ingin menyantap kelezatan khas rahang tuna yang didampingi dengan sambal dabu-dabu yang khas. Tak hanya satu, Om iker juga memiliki beberapa cabang rumah makan di Manado, diantaranya di Pasar Segar dan di kawasan Pineleng.

Para media tv nasional dan beberapa youtuber kuliner pun beberapa kali melakukan reprtase ke rumah makan ini. Ini membuat RM Rahang Tuna Om Iker semakin dikenal orang-orang yang berada di wilayah Manado maupun luar pulau.

Kunci Ramainya Pengunjung

Sumber Gambar: Instagram @erwin_karu

Setiap rumah makan pasti memiliki rahasia tersendiri yang membuatnya laris manis dan dicintai oleh para pengunjungnya. RM Rahang Tuna Om Iker sendiri memiliki rahasia tersendiri yang membuat cita rasanya beda dari rumah makan rahang tuna lainnya. Perbedaannya terletak pada bumbu yang digunakan pada olahan rahang ikan tuna. Untuk membakar pun menggunakan kecap dan bumbu rempah, sehingga menghasilkan aroma yang khas dan wangi.

Tak hanya bumbu olahan rahang ikan tunanya, sambal yang diracik oleh Om Iker pun memiliki perpaduan yang pas sebagai cocolannya. Di RM Rahang Tuna Om Iker tersedia dua macam sambal yaitu sambal dabu-dabu dan sambal rica bakar.

Sumber Gambar: Google Maps @Kristovel Lim

Daging rahang tunanya tebal dan aroma wanginya sungguh spesial karena bakarnya menggunakan kulit pala. Inilah rahasia yang membuat para pecinta rahang ikan tuna lebih memilih menyantap di RM Rahang Tuna Om Iker. Tak hanya menu ikan tuna saja, RM Rahang Tuna Om Iker juga menyediakan olahan ikan lautnya seperti bobara laut, mujair, oci/tude dan lain-lain. Selain dari rasanya yang lezat dan berbeda dari rumah makan lainnya, pelayanannya pun sangat cepat dan ramah.

Harga Dan Lokasi RM Rahang Tuna Om Iker

Sumber Gambar: Google Maps @Achmad Bagus

Untuk harga seporsi di RM Rahang Tuna Om Iker dibagi menjadi tiga sesuai dengan ukurang rahang tuna yang akan Sahabat Wisato pesan. Untuk ukuran rahang tuna kecil dihargai sebesar 30ribu, ukuran sedang dibanderol harga 40ribu dan untuk ukuran yang besar seharga 45ribu rupiah. Sahabat Wisato juga bisa mengambil nasi putih sendiri.

Jika Sahabat Wisato ingin mencoba lezatnya Rahang Tuna Om Iker, bisa mengunjunginya pada pagi hari, karena jika saat jam makan siang dan makan malam, RM Rahang Tuna Om Iker ramai oleh pengunjung. Tak hanya pengunjung dari Manado saja, pecinta kuliner dari luar kota dan luar pulau pun tertarik untuk mencobanya. RM Rahang Tuna Om Iker dibuka setiap hari pada pukul 08.00-22.00 WITA. Untuk lokasi beralamatkan di Jalan Piere Tendean, Manado.

Penasaran dengan kelezatannya? Mampir dan nikmati menu khas Rahang Tuna Om Iker yang diracik dengan bumbu khas serta sambal dabu-dabu dan perpaduan sayur kangkong tumis yang membuat lidah bergetar.