in

Menyantap Hangatnya Sapo Mie Acek Ameng Di Kota Hujan, Bogor

Sumber Gambar : Instagram @globalfoodid

Bogor terkenal dengan julukan sebagai Kota Hujan di Indonesia, karena curah hujan yang tinggi dan intensitasnya juga tinggi. Karena kota ini lembab dan sering turun hujan, tidak heran jika ada banyak tananaman atau tumbuhan yang hidup dengan indahnya Bogor.

Bogor menjadi salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi karena terkenal dengan tempat wisatanya yang banyak dan menarik. Selain itu, Bogor juga memiliki banyak tempat makan yang enak dan patut Sahabat Wisato coba. Setelah Sahabat Wisato sudah jalan-jalan keliling Bogor untuk menikmati objek wisata yang ada, nah Sahabat Wisato jangan lupa untuk mencicipi kuliner di Kota Hujan ini.

Karena sering hujan, saatnya Sahabat Wisato mencoba makanan berkuah yang hangat untuk menemani rasa dingin dibadan. Nah salah satu kuliner yang cukup terkenal di Bogor yaitu Sapo Mie Acek Ameng. Lokasinya berjarak sekitar 5 kilometer (km) dari Stasiun Bogor, tepatnya terletak di Komplek Paswalpres, Ciapus, Bogor.

Sapo Mie Acek Ameng

Sumber Gambar : Instagram @globalfoodid

Ketika Sahabat Wisato mendengar kata sapo mie, pasti Sahabat Wisato akan beranggapan makanan ini seperti sapo tahu. Tidak untuk sapo mie. Sapo mie berbeda dengan sapo tahu. Sapo tahu sendiri berasal dari Tiongkok dan biasanya dikenal sebagai masakan bagi para vegetarian karena bahan-bahannya tidak menggunakan daging ataupun ikan, melainkan hanya berisi sayuran dan rempah-rempah.

Nama sapo sendiri berarti masakan yang dimasak menggunakan panci yang terbuat dari tanah liat atau yang sering disebut sebagai claypot. Claypot sendiri memiliki manfaat tersendiri. Keunggulannya dapat menyimpan panas lebih lama dibanding dengan panci biasa sehingga hidangan bisa tetap hangat.

Sumber Gambar: Google Maps @rezza rahadian

Kedai Sapi Mie Acek Ameng sendiri sudah berdiri selama tujuh tahun. Jika Sahabat Wisato baru pertama kalinya datang ke lokasi kedai Sapo Mie Acek Ameng, Sahabat Wisato pasti tidak berpikir rasanya akan seenak itu. Karena dulu kedai ini sangat sederhana seperti rumah jadul dan kecil. Ternyata lokasi tak menjamin rasa. Dan sekarang terbukti setelah viral dan terkenal, banyak orang yang berdatangan dan selalu Kembali lagi untuk menyantap Sapo Mie Acek Ameng.

Biarpun terletak di komplek perumahan, peminat makanan satu ini banyak yang datang dari luar Kota Bogor, terutama banyak pecinta kuliner dari Jakarta yang mampir kemari. Dari dulu hingga kedai ini direnovasi, pelanggan tetap setia dan tak pernah sepi pengunjung. Perbedaannya hanya sekarang jika Sahabat Wisato ingin memesan, maka harus mengantri cukup lama.

Chinese Food Halal

Sumber Gambar : Instagram @ping_ping_yip

Kalau soal rasa tak perlu ditanyakan lagi. Mie yang digunakan di kedai ini adalah mie khusus yang cukup tebal seperti mie udon. Bentuk mie yang tebal ini membuat tekstur mie lebih kenyal dan lebih padat. Mie direbus didalam kuah kaldu ayam yang kental dan gurih bercampur dengan minyak wijen lalu dimasukkan beberapa bahan bumbu serta tambahan topping yang melimpah seperti bakso ikan, udang segar dan juga beberapa sayuran. Bakso ikan yang ada didalam seporsi sapo mie ini mewakili keresahan para pecinta kuliner enak. Tak lupa udang segar yang ada didalamnya juga menambah sensasi seafood didalam kuliner ini.

Disajikan dalam keadaan panas dan didampingi dengan segarnya es jeruk. Jeruk asli Pulau Sumatera ini memang mempunyai tingkat keasaman yang enak sekali, jadi cocok sebagai pendamping makanan hangat. Bagi pecinta pedas, bisa juga menambahkan sambal tauco buatan Acek Ameng. Bagi Sahabat Wisato yang kurang menyukai tauco, bisa juga menambahkan acar rawit saja. Pedas sekaligus asam, uenak!

Sumber Gambar: Google Maps @Erwin Alexander Steven

Selain sapo mie, kedai ini juga menawarkan menu lain yang tak kalah nikmatnya dengan sapo mie, seperti sapo kwetiaw dan sapo bihun. Tenang Sahabat Wisato, walaupun terlihat seperti masakan ala Chinese food, semua menu disini dijamin halal!  Untuk harganya seporsi hanya Rp. 35.000 saja.

Gimana Sahabat Wisato, penasaran untuk mencicipi nikmatnya semangkok sapo mie di Sapo Mie Acek Ameng? Untuk Sahabat Wisato yang sedang berada di Bogor dan sekitarnya, langsung aja deh ke lokasi. Kedai Sapo Mie Acek Ameng buka setiap hari Selasa hingga Minggu dimulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Jika Sahabat Wisato males bepergian keluar, Sahabat Wisato juga bisa memesan via ojek online juga. Selamat mencoba!

Geomedia - JFK 2022