in

Gurihnya Ikan Tuna Bakar Di Tuna House Manado

Sumber Gambar : Instagram @tunahousegroup

Manado, Ibu Kota dari Sulawesi Utara ini memang terkenal dengan kulinernya terutama dengan Seafood, karena maklum saja kota Manado ini merupakan kota Pantai. Yang memiliki garis pantai sepanjang 18.7 kilometer. Wilayah perairan kota Manado sendiri pulau – pulau dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata sebut saja Pulau Bunaken, Pulau Siladen dan juga Pulau Manado Tua.

Jadi dengan letak geografis yang begitu dekat dengan laut maka tidak heran hasil laut di Kota Manado ini sangat melimpah dan tentu saja segar. Maka buat kalian yang berkunjung ke kota Manado harus dan wajib rasanya untuk mencicipi hidangan seafood yang diwarkan oleh kota Manado ini. Untuk mencari seafood di kota ini sangat gampang sekali karena bisa kalian temukan sepanjang jalan. Bahkan di sini kalian bisa menemukan pegadang kaki lima yang sedang menjajakan ikan bakar mereka.

Banyak sih, tapi tentu saja tidak semuanya cocok di lidah ya teman – teman. Kalau ada satu tempat makan yang akan menjadi rekomendasi orang – orang ketika kalian ke Manado dan ingin mencicip seafood terutama ikan tuna, maka tempat itu adalah “Tuna House”.

Tidak Hanya Menyajikan Ikan Tuna

Sumber Gambar : Instagram @wesleyyeremiadr

Sesuai dengan namanya tempat ini menjual berbagai hidangan dengan bahan ikan tuna sebagai menu andalan mereka. Berbagai macam menu yang diolah menggunakan ikan tuna disediakan di tempat ini. Antara lain: Sashimi Tuna, Sate Tuna, Tuna Woku Belanga, Tuna Bumbu RW hingga Gohu Tuna. Tapi kalau kita bicara tentang menu andalan mereka tentu saja adalah Dada Tuna Bakar. Hidangan yang diolah menggunakan dada ikan tuna yang dibakar di atas arang, lalu disajikan dengan sambal rica bakar.

Sumber Gambar: Google Maps @Alkindi Qnd

Begitu kalian melihat penampilannya saja, sudah terlihat amat menggoda. Dengan daging tuna yang terlihat padat dengan warna kecoklatan dan balutan minyak dari sambal yang menyilaukan mata. Membuat mulut kalian seperti berteriak untuk segera mencicipi hidangan ini. Tapi tenang, buat kalian yang tidak atau kurang menyukai ikan tuna dapat memesan hidangan lain kok.

Walaupun tempat ini bernama Tuna House, tempat ini tidak hanya menjual olahan dari daging tuna. Akan tetapi mereka juga menyediakan hidangan dengan olahan lain. Seperti Lobster, Ikan Baronang, Ikan Kakap, Cumi, Ikan Kerapu hingga Udang.

Awal Mula Di Ide Untuk Merintis Tuna House

Sumber Gambar : Google Maps @Jelly Cendra

Walaupun tempat ini sangat pupuler dan memiliki begitu banyak pelanggan setia, ternyata Tuna House sendiri baru beroperasi selama 6 tahun. Dalam 6 tahun yang bisa dianggap baru ini, Tuna House sudah sangat digemari oleh turis maupun warga lokal. Dan hingga saat ini sudah memiliki 5 cabang dan tersebar di beberapa wilayah di Manado.

Awal dirintisnya usaha ini dikarenakan “musibah” yang menimpa sang pendiri Tuna House yaitu Ricky Jo atau lebih disapa dengan Ko Ricky. Dia harus pindah dari kampung halamannya Ternate untuk merantau ke Kota Manado di karena kerusuhan yang terjadi di Maluku Utara. Sehingga memaksa dia dan keluarganya untuk meninggalkan kampung halamannya.

Ko Ricky juga mencerikan bagaimana ketika dia menjadi seorang supir mikrolet karena tidak memiliki pekerjaan saat itu. Hingga suatu hari dia dan sang adik Rudi mencoba merintis usaha yang mereka beri nama Tuna House ini. Mereka berdua memiliki pikiran yang sama kala itu, “Kenapa kita mengekspor Ikan Tuna disaat Ikan Tuna yang kita miliki sangat melimpah?”. Dari pemikiran itulah mereka memantapkan niat mereka untuk merintis usaha ini.

Di Manado sendiri sudah banyak sekali yang menjual seafood apalagi ikan bakar. Maka mereka harus membuat sesuatu yang berbeda dan tidak akan ditemukan di tempat lain. Mereka pun memulai bisnis ini dengan bermodalkan dengan bumbu rahasia racikan mereka sendiri dan cara pengolahannya.

Teknik dalam memanggang ikannya juga berbeda dengan tempat – tempat lainnya, di Tuna House mereka tidak menggunakan kipas angin sehingga arangnya tidak naik di ikannya sehingga tidak gosong.

Buat kalian yang ingin mencoba hidangan ini bisa langsung menuju ke Jalan Boulevard 2, Tuminting, Manado pada jam operasional mereka di jam 09.00 WIB – 22.00 WIB.