in

Sajolna: Perpaduan Ayam Kampung Dan Sambal Yang Gurih

Sumber Gambar : Google Maps @mas eQ

Siapa sih yang tidak suka hidangan dengan olahan daging ayam mau itu ayam negeri ataupun ayam kampung. Apalagi hidangan ayam goreng yang telah menjadi hidangan yang digemari semua orang, ditambah lagi dengan sambal yang pas. Tidak akan ada yang bisa menolak. Dengan banyaknya yang menggemari hidangan dari olahan daging ayam, maka rumah makan yang menjual hidangan ini pun semakin menjamur.

Akan tetapi dari banyaknya rumah makan hanya ada beberapa yang rasanya benar – benar membekas di lidah. Apalagi tidak semua rumah makan bisa mengolah sambal yang pas untuk hidangan yang satu ini.

Apabila sahabat Wisato sedang berada di Purwakarta dan meminta rekomendasi rumah makan yang menjual hidangan ayam goreng dengan sambal yang mantap. Pasti lebih dari setengahnya akan merekomendasikan sebuah rumah makan bernama Rumah Makan Saljona.

Hidangan Utama Rumah Makan Saljona

Sumber Gambar : Google Maps @Jotje Karuh

Rumah Makan Saljona memang bukan rumah makan dengan tempat yang mewah tapi rumah makan ini tidak pernah sepi dari pengunjung.  Rumah makan yang dimiliki oleh Hajjah Mimin ini selalu dipadati oleh pengunjung. Area untuk makannya memiliki dua area yaitu area dengan kursi dan meja yang terletak di depan sedangkan di belakang dengan bentuk lesehan. Pada bagian belakang atau bagian lesehan kalian bisa menikmati hidangan ini sambal menatap sungai yang mengalir.

Sumber Gambar : Google Maps @Siska Frey

Hidangan utama yang menjadi andalan dari Rumah Makan Saljona adalah ayam kampung goreng. Yang bisa kalian pesan potongan atau secara utuh bersama dengan jeroan – jeroannya. Selain hidangan utamanya Rumah Makan Sajolna ini juga menawarkan hidangan pendamping seperti karedok dan juga peda. Hidangan utamanya sendiri sudah ditemani oelh lalapan selada, mentimun, leunca dan terong hijau.

Jangan lupa juga dengan sambal dadak yang di racik sendiri oleh sang pemilik rumah makan Hajjah Mimin menambah kenikmatan ayam goreng kampung ini.  Aroma gurih dan wanginya langsung tercium ketika hidangan yang kalian pesan disajikan di atas meja kalian.

Lebih Nikmat Apabila Disantap Menggunakan Tangan

Sumber Gambar : Google Maps @Gani Kurniawan

Ketika pesanan anda disajikan hal pertama yang menyambut anda adalah terlihat kulit ayamnya kecokelatan dengan remahan bumbu ungkep di beberapa bagian. Dengan bentuk potongan ayamnya saja kalian bisa menebak kalau ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Karena berbeda dengan ayam negeri yang besar dan gemuk, ayam yang dihidangkan biasanya kecil dan ramping. Tapi tentu saja dengan cita rasa khas ayam kampung tidak akan membuat anda menyesal.

Hidangan seperti ini akan lebih nikmat rasanya kalau kita santap dengan menggunakan tangan, karena kita bisa menikmati daging – daging yang menempel ke tulang. Setelah anda sobek daging ayam goreng dan memasukan ke mulut kunyahan pertama yang kalian rasakan adalah rasa kunyit yang ringan di susul dengan harumnya bawang putih dan juga daun salam serta serai.

Sumber Gambar : Google Maps @mas eQ

Berbeda dengan hidangan ayam goreng kuning pada umumnya, ayam racikan Hajjah Mimin ini menggunakan  gula merah demi memberikan rasa legit yang lebih kuat dari biasanya. Ayam goreng racikan Hajjah Mimin ini memiliki rasa legit dan juga rasa gurih yang berimbang, sehingga membuat ayam goreng ini tidak terlalu kering. Walaupun sedikit basah tapi ayam goreng ini rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi.  Lidah anda akan dimanjakan dengan rasa khas dari ayam goreng ini.

Sambalnya juga memainkan peran yang sangat penting untuk hidangan ini, sambal dadak racikan sendiri ini merupakan sambal rawit hijau dipadukan dengan bawang membuat sambal ini pedas dan gurihnya pas. Sangat cocok dipasangkan dengan hidangan ini.

Lokasi Rumah Makan Sajolna

Untuk sampai ke Rumah Makan Sajolna ini juga tidak sulit dan mudah untuk dijangkau. Rumah Makan Sajolna ini berlokasi di Jalan Letjend Basuki Rahmat 157 ( sebelum jembatan Sasak Beusi arah Jatiluhur ) Purwakarta. Kalian bisa mengunjungi rumah makan ini di jam 7 pagi sampai jam 7 malam.

Jadi apabila kalian ingin mengunjungi Purwakarta atau hanya melintasi Purwakarta. Sepertinya tidak ada salahnya singgah sebentar untuk menikmati seporsi ayam kampung khas Rumah Makan Sajolna untuk memanjakan lidah anda. Dijamin anda tidak akan menyesal!