in

Menyantap Lezatnya Soto Kuning Legendaris Pak Yusup

Sumber Gambar: Instagram @fooduntilfat

Kota Bogor, kota yang terkenal dengan julukan Kota Hujannya ini, memang memiliki tempat wisata yang sangat digemari. Bahkan salah satu Istana Kenegaraan Indonesia berada di kota ini. Banyak sekali destinasi – destinasi wisata yang terkenal di Kota Bogor selain Istana Bogor. Sebut saja Kebun Raya Bogor, The Jungle Waterpark Bogor serta Air Terjun Curug Nangka adalah contoh dari begitu banyaknya destinasi wisata di Kota Bogor.

Selain destinasi wisata yang begitu banyaknya Kota Bogor juga memiliki wisata kuliner yang sangat melegenda dan sangat memanjakan lidah. Sebut saja Asinan Bogor, Bolu Lapis Sangkuriang dan juga Soto Kuning. Nah, khusus untuk Soto Kuning yang terakhir disebutkan merupakan makanan khas bogor. Bahan makanan ini terbuat dari daging sapi dan jeroannya.

Soto yang satu ini menggunakan santan sehingga sekilas membuat hidangan yang satu ini seperti soto Betawi. Akan tetapi yang membedakannya adalah karena warna kuningnya yang disebabkan oleh salah satu bahan dasar makanan ini, yaitu kunyit. Serta daging yang direbus dan diberi bumbu terlebih dahulu sehingga dagingnya pun tidak terlalu basah dan dapat bertahan lama.

Nah, buat kalian yang sedang berada di Kota Bogor dan ingin mencicipi hidangan khas Bogor yang sudah sangat melegenda. Ada satu warung makan yang bisa kalian kunjungi, yaitu Soto Kuning Pak Yusup.

Sudah Ada Sejak 1998

Sumber Gambar : Instagram @nanakoot

Warung makan yang satu ini kononnya merupakan warung makan yang menyediakan sajian Soto Kuning paling ramai se – Bogor. Soto Kuning Pak Yusup ini bukanlah warung makan yang mewah tapi warung makan yang sederhana saja. Bahkan kursinya saja menggunakan kursi plastic biasa, tapi warung makan ini merupakan warung makan yang sangat ramai. Kalian bisa mengantre cukup lama apabila datang di jam makan siang.

Sumber Gambar: Google Maps @ Agung Wicaksono

Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, mungkin rasanya sotonya tidak akan terlalu berbeda jauh dengan soto kuning biasa. Akan tetapi isiannya yang sangat banyak, anda bisa minta isi daging, empal, kikil bahkan otak pun tersedia di warung makan yang satu ini. Kuahnya pun merupakan kuah yang khas yang bersantan kental dengan irisan seldri dan taburan bawang goreng.

Semua hal itu tidak dicapai dalam waktu yang sebentar saja lho. Warung makan Soto Kuning Pak Yusup sudah mulai beroperasi sejak tahun 1998, jadi setelah selama itu beroperasi wajar saja kalau warung makan ini sangat digemari dan begitu legendaris.

Lokasi Soto Kuning Pak Yusup

Sumber Gambar : Google Maps @Rico Alexa

Buat kalian nih yang mau ke Soto Kuning Pak Yusup ini bisa langsung ke lokasinya ya di Jalan Surya Kencana No. 285, Babakan Pasar Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Tapi kalian harus lebih teliti ya sahabat Wisato karena sudah banyak sekali pelanggan “nyasar”. Lah kok bisa ? Jadi di Kota Bogor ini banyak sekali warung makan yang menyediakan soto kuning sebagai menu andalannya. Begitu juga dengan warung makan yang menggunakan nama “Pak Yusup”.

Jadi buat kalian yang ingin ke sana harus benar – benar jeli agar kalian tidak kecewa ya. Kalau kalian ragu kalian bisa bertanya kepada warga setempat, biasanya mereka akan memberi tahu dengan tepat. Salah satu alasannya karena warung makan ini merupakan salah satu warung makan paling ramai di Kawasan Suryakencana.

Harga seporsi soto kuning khas Bogor ini dihargai sebesar Rp. 10.000 tetapi tentu saja berbeda apabila kalian menambahkan isian yang lebih banyak dan beragam. Apalagi di warung makan ini juga menjual gorengan yang beragam termasuk perkedel. Setelah menyantap hidangan khas Bogor ini kalian juga bisa membasuh tenggorokan kalian dengan segelas Es the Dingin, sungguh menyegarkan.

Jadi buat kalian yang sedang berada di Kota Bogor dan sudah Lelah berjalan – jalan mengelilingi destinasi – destinasi wisata di Kota Bogor, kalian bisa mampir ke warung makan Soto Kuning Pak Yusup. Dijamin tidak menyesal selain kotanya yang indah kulinernya juga sangat memanjakan lidah kalian.