in

Sedapnya Warung Nasi Bug Matirah Khas Madura Di Malang

Aditya Jap

Kota Malang merupakan salah satu kota yang memiliki wisata kuliner terbanyak di Indonesia, bahkan para turis dari luar kota pun tak segan mengunjungi Kota Malang untuk mencicipi salah satu kulinernya. Namun tidak semua kuliner dapat dinikmati cita rasanya, karena tergantung dari resep dan olahan warung makanan tersebut enak atau tidak.

Wisata kuliner di Kota Malang sangat beragam, mulai dari makanan khas malang hingga makanan luar kota yang menjadi terkenal di kota ini. Kuliner makanan yang sangat beragam ini semuanya tidak menyandang status legendaris, hanya sedikit warung makan menyandang legendaris dengan memiliki cita rasa yang tinggi dan konsisten. Kuliner dengan cita rasa yang tinggi dan konsisten yaitu warung Nasi Bug Matirah.

Berdiri Sejak Sebelum Indonesia Merdeka

Sumber Gambar: Google Maps @Maria Peni

Warung Nasi Bug Matirah ini sudah berdiri sejak tahun 1935, sangat legendaris bukan sobat dari zaman sebelum Indonesia merdeka. Warung yang sudah berdiri selama lebih dari 80 tahun ini memiliki keistimewaan tersendiri, tak heran sampai saat ini selalu diramaikan oleh pelanggan dari dalam kota maupun luar kota karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Kuliner nasi bug sendiri memiliki keunikan dalam namanya yang sebenarnya nasi campur, tetapi memiliki arti lain dalam penggunaan nama buk dalam kuliner tersebut. Bug sendiri merupakan istilah dari penjual nasi yang selalu perempuan dengan usia matang dan memiliki darah madura, karena panggilan tersebut merupakan sapaan khas untuk perempuan Madura. Warung Nasi Bug Matirah ini bahkan sudah memasuki generasi ketiga, wajar saja semuanya dikelola oleh tangan langsung keluarga Matirah secara turun menurun.

Sumber Gambar: Google Maps @Frans Enero

Warung Nasi Bug Matirah ini memiliki menu andalanya yaitu nasi bug dan rawon dengkul. Dalam seporsi nasi bug ini berisi nasi putih, serundeng, kecambah, tahu, mendhol, dendeng kelapa, dan dipadu dengan sayuran nangka beserta kuahnya. Apalagi menikmati rawon dengkul sapi ini dipadu dengan kuahnya yang sangat nikmat, bumbu yang diracik dari rempah ini sangat menunggah selera kamu sobat. Kuliner dengan konsep khas madura ini sangat patut untuk dicoba karena memiliki cita rasa yang nikmat dan dijamin memuaskan.

Menu yang ditawarkan di Warung Nasi Bug Matirah ini cukup beragam, mulai dari daging hingga jeroan pun tersedia di warung makan ini. Menu andalannya yaitu nasi bug dan rawon dengkul. Untuk menu lainnya seperti empal daging, paru, limpa, babat dan babat putih, iga, sate daging manis, ayam kampung, rawong daging, serta sayurannya seperti sayur lode.

Sumber Gambar: Google Maps @Vania Hugeng

Kuliner dari Warung Nasi Bug Matirah ini bisa dibilang cukup ramah harganya dan harganya sebanding dengan menu yang ditawarkannya. Untuk nasi bugnya saja hanya 20.000 rupiah sobat, dan jika paket nasi bug yaitu nasi bug dengan salah satu lauk hanya 35.000 rupiah. Untuk menu tambahan lainnya seperti dendeng dan sate hanya 15.000, untuk rawon daging 20.000 rupiah dan rawon dengkul 100.000 rupiah. Untuk menu lauk tambahan lainnya seperti empal daging, paru, limpa, babat dan babat putih, iga, sate daging manis, ayam kampung hanya 20.000.

Untuk operasional Warung Nasi Bug Matirah ini mulai buka dari jam 06:00 hingga 15:00, sangat cocok untuk makan siang yang sedang laparnya dan apalagi perut yang kosong ini dimanjakan dengan seporsi nasi bug yang sangat banyak.

Lokasi Sangat Mudah Ditemukan

Jika kamu ingin mengunjungi tempat warung makan ini, lokasinya sangat strategis dan mudah ditemukan. Kamu bisa meluncur ke lokasi yang berada di Jl. Trunojoyo No.46, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Teruntuk kamu yang belum pernah kesana atau dari luar kota, kamu bisa jadikan Stasiun Kota Baru Malang sebagai patokan karena lokasi warung makan ini tidak jauh dari stasiun tersebut hanya sekitar 100 meter.

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Warung Nasi Bug Matirah ini kamu sangat wajib mencicipi menu andalanya yaitu nasi bug hingga kekenyangan, selain itu jangan lupa juga untuk mencicipi kenikmatan dari rawon khas Madura yang tak kalah sedapnya. Dari pada penasaran dengan kenikmatan kuliner ini, langsung saja mengunjungi warung makan ini yang memiliki cita rasa tak kalah dengan kuliner lainnya.