in

Mie Tiaw Apollo Pontianak – Cita Rasa Yang Tak Pernah Berubah Sejak Tahun 1968

Sumber Gambar : Google Maps @Hermanto The

Kwetiaw disebut juga dengan mie tiaw. Sama-sama dari Bahasa Tionghoa, dimana kwe dan mie adalah semacam mie pipih, berwarna putih dan terbuat dari tepung beras. Dalam Bahasa aslinya quotiao atau sha he fen. Di Indonesia sendiri dikenal dalam dua versi dengan mengikuti dua etnis China yang mempopulerkannya yaitu Hokkian dan Tio Ciu.

Mie Tiaw Legendaris Apollo Sejak Tahun 1968

Sumber Gambar : Google Maps @Andy Yahya

Etnis Tio Ciu yang banyak berpenduduk di Kalimantan mempopulerkan mie tiaw dengan sajian daging sapi dan jeroannya yang banyak digunakan. Sedangkan etnis Hokkian, banyak berdiam di Sumatera mempopulerkannya dengan nama Kwetiaw Medan. Disajikan bersama lapchiong (sosis babi), bakso ikan, dan telur bebek.

Kwetiaw atau mie tiaw merupakan makanan yang cukup populer di kota-kota besar, salah satunya di kota Pontianak, Kalimantan Barat.  Terdapat kedai mie tiaw bersejarah sejak 1968 yang beralamat di Jl. Patimura No.63, Pontianak dengan nama kedai “Mie Tiaw Apollo”. Tempat makan mie legendaris ini memang sederhana, bukan seperti tempat makan kekinian yang sering didatangi jaman sekarang. Namun tempatnya cukup nyaman dan berasa bernostalgia saat sedang menikmati hidangannya ditempat.

Cita Rasanya Tetap Sama

Sumber Gambar : Instagram @nina_epicure

Untuk rasa tak perlu diragukan lagi, olahan Mie Tiaw Apollo Pontianak memiliki resep rahasia tersendiri hingga bisa bertahan setengah abad. Resep yang digunakan juga sudah turun temurun dan dikelola oleh keluarganya sendiri. Ya kenapa kedai ini tidak pernah sepi penggunjung, cita rasanya tetap sama lezatnya semenjak dulu.

Mie Tiaw Apollo menawarkan berbagai menu makanan seperti mie tiaw goreng, mie tiaw rebus, mie tiaw telur, mie tiaw todar, mie tiaw yam dan juga berbagai masakan lain seperti nasi goreng, bihun goreng, mie kuning goreng, sop daging sapi, dan bakso sapi. Sahabat Wisato juga bisa memesan dalam porsi kecil ataupun porsi jumbo. Meskipun mengusung masakan dengan cita rasa oriental, tapi kedai ini menjamin semua makannya halal.

Mie Tiaw Apollo Yang Paling Diincar

Sumber Gambar : Google Maps @Juli Kartika

Menyesuaikan selera para pecinta mie, Mie Tiaw Apollo Pontianak menghadirkan dua varian mie tiaw, yaitu varian kering atau digoreng dan varian basah atau disiram dengan kuah. Untuk kedua varian sama-sama menjadi incaran para pecinta kuliner. Kedua olahannya pun sama, yaitu menggunakan mie tiaw sebagai bahan utama, sayur tauge, daun bawang, daging sapi, daging ayam, seafood, dan jeroan.

Untuk mie tiaw gorengnya semua olahan di cha (dimasak) menjadi satu dan diberi kecap dan telur sebagai pelengkapnya. Sedikit berminyak agar tidak terlalu seret. Sedangkan varian basah, semua olahan direbus dan terakhir disiram dengan kuah panas. Tak lupa ditaburi bawang goreng agar makin endues. Rasa mienya yang lembut ditambah kuahnya yang segar sangat enak disantap, apalagi jika dinikmati saat musim hujan.

Plang Nama Yang Viral

Sumber Gambar : Google Maps @Febriano Nugraha

Saat anda mengunjungi Mie Tiaw Apollo, anda akan disuguhi pemandangan yang sedikit unik. Mengapa? Semua dikarenakan plang nama kedainya. Plang nama kedai Apollo sendiri tertulis “Mie Tiau Apollo Sejak 1968 Tidak Pernah Pindah” dan jika anda melihat disebelahnya terdapat plang nama dengan bertuliskan “Mie Tiau Polo Pindahan Dari Sebelah”. Cukup membinggungkan bukan?

Konon perseturuan itu terjadi berawal dari mantan karyawan kedai Apollo membelot dari bosnya dan kemudian dia membuka kedai sendiri. Dan dua pebisnis ini bersaing sangat sengit. Tenang sahabat Wisato, walaupun bersebelahan, kedua pemilik ini tidak baku hantam. Mereka lebih fokus pada bisnisnya masing-masing. Justru karena kedua plang nama kedai ini membuat kedai mereka ramai dikunjungi. Berawal sebagai pesaing, berujung menyatukan nasib mereka.

Tentu saja yang asli tetap kedai Mie Tiaw Apollo, tapi tidak ada salahnya jika sahabat Wisato penasaran dengan masakan mantan karyawannya, jangan ragu untuk mencoba Mie Tiaw Polo. Banyak juga pengunjung yang menjadikan plang nama ini sebagai objek untuk berfoto. Hitung-hitung menjadi bagian sejarah dari dua pebisnis ini.

Lokasi : Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243
Jam Operasional : 14.30 – 01.00 WIB
Nomor telepon : (0561) 738741