in

Nasi Rawon Pecel Campur Mbak Ten – Kuliner Tengah Malam Kota Malang

Sumber Gambar: Google Maps @Mohammad Aziz Fawzi

Siapa sih yang tidak kenal dengan Nasi Rawon? Hidangan khas Jawa Timur ini dengan mudahnya kita temukan di hampir semua warung makan hingga restoran mewah. Hidangan ini memang terkenal khas Jawa Timur tapi bisa kita temukan juga di Jawa Tengah bagian timur seperti Surakarta misalnya.

Tapi bagi yang belum tahu, apa sih itu Nasi Rawon itu?

Sumber Gambar : Instagram @sherlymaka

Nasi Rawon itu adalah masakan berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan “Kluwek”. Daging yang biasa digunakan untuk hidangan ini adalah daging sapi yang dipotong kecil – kecil, utamanya adalah bagian sandung lumur ( daging disekitar dada bawah hingga ketiak ). Bumbu yang digunakan juga bumbu yang sangat khas indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam dan juga minyak nabati.

Sumber Gambar: Google Maps @Luhur Awangga

Semua campuran bumbu ini kemudian dimasukan kedalam kaldu rebusan daging bersama – sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Sedangkan di luar negeri hidangan ini disebut sebagai Black Soup. Rawon sendiri biasanya disajikan bersama nasi yang dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang hingga daging sapi gorang ( Empal ).

Kurang lebih gambaran nasi rawon seperti itu ya sahabat Wisato. Nah, sebuah warung makan di Kota Malang yang lagi nge-hits karena menjual hidangan nasi rawon ini. Warung yang dimaksud adalah Nasi Rawon Pecel Campur Mbak Ten.

Hanya Buka Di Tengah Malam

Sumber Gambar: Google Maps @Basyirudin I

Uniknya warung makan ini adalah bukanya mulai dari pukul 01.00 WIB dan kalau sedang ramai – ramainya pada pukul 02.00 WIB semua hidangan sudah habis ludes. Makanya kalau kalian mau mencoba masakan di warung makan ini kalaian harus datang lebih awal. Karena di jam 12 malam saja antrian sudah membludak. Pengunjung yang mencoba untuk menjajal hidangan ini juga datang dari berbagai kalangan. Dari mahasiswa, pekerja hingga mereka yang dengan sengaja datang untuk mencicipi hidangan ini.

Harga Yang Murah Dengan Porsi Super Besar

Sumber Gambar: Google Maps @muchlisin sosiawan

Menu andalan di warung makan sudah pasti Nasi Rawon ya sahabat Wisato walaupun warung nasi ini juga menjual pecel tetapi tetap saja yang menjadi primadona adalah Nasi Rawon. Hidangan dengan kuah hitam ini yang membuat para pengunjung setia warung nasi rela menunggu dan mengantri. Selain rasanya yang enak dan bikin nagih harganya juga relatif murah seporsi Nasi Rawon bisa dinikmati dengan seharga Rp. 15.000 “saja”, pengunjung sudah bisa menikmati porsi super besar dengan potongan daging yang tidak pelit dari Mbak Ten.

Menu Lain Yang Di Tawarkan Selain Nasi Rawon

Sumber Gambar : Instagram @yohanesbr

Selain Nasi Rawon warung makan ini juga menawarkan menu lainnya yaitu nasi pecel. Para pelanggan bisa menikmati menu nasi pecel dari warung nasi ini dengan harga yang juga relatif murah, hanya dengan Rp. 13.000 saja. Seporsi jumbo nasi pecel berisikan sayuran seperti pecel pada umumnya, tempe goreng, perkedel dan telur dadar. Tidak hanya itu kalian juga bisa meminta untuk menambahkan siraman kuah hitam Rawon di atas hidangan Nasi Pecel kalian.

Warung nasi ini juga menyiapkan lauk ektra buat kalian yang merasa kalau lauk bawaannya masih kurang gigit. Lauk tambahan yang bisa kalian cicipi antara lain Paru, Ayam Goreng, Babat, dan Telur Asin yang sangat pas rasanya dijadikan pilihan untuk melahap Nasi Rawon atau Nasi Pecel. Apalagi tekstur khas dari paru dan babat yang diolah oleh Mbak Ten makin memanjakan lidah kalian.

Sumber Gambar: Google Maps @Luhur Awangga

Sedangkan untuk minuman, warung nasi ini hanya menyediakan jeruk hangat dan juga teh hangat di luar dari air putih tentunya. Harga dua minuman itu hanya dibanderol seharga Rp 2.000 saja, harga yang tentunya sangat murah. Tapi buat kalian yang lagi “mager” tapi ingin mencoba hidangan ini sudah bisa kalian pesan via aplikasi online.

Tapi buat kalian yang ingin merasakan sensasi langsung menikmati hidangan langsung ditempat sebaiknya datang sebelum pukul 00.00 WIB agar tidak mengantri terlalu terlalu lama atau bahkan kehabisan.