OUR NETWORK

Oleh-Oleh Khas Halmahera Selatan

 Batu Obi

Sumber: Instagram @izza_djewell

Batu Obi termasuk permata atau batu akik yang berasal dari Pulau Obi Halmahera Selatan. Batu ini.memiliki kualitas yang tinggi dan telah diakui oleh para kolektor batu ternama di dunia.

Karena kualitasnya inilah, harga Batu Obi tergolong lumayan. Contohnya seperti cincin Batu Obi pada gambar di atas harganya sekitar 500 ribu sampai 4 juta rupiah. Lebih fantastis lagi, jika anda berhasil mendapatkan Batu Obi Nukleus, harganya bisa belasan juta. Ciri khas Batu Obi Nukleus adalah jika batu tersebut digoyangkan maka didalamnya akan terlihat ada air yang bergerak atau garis geometri. Sangat indah dan menarik.

Kendati demikian, banyak juga, kok, yang harganya dibawah 200 ribu  Pokoknya bagi anda pengoleksi batu mulia, Batu Obi yang cantik ini wajib sekali dibawa pulang. Jangan sampai menyesal, deh.

Sambal Kenari

Sumber: Instagram @Priyatnadp

Nampaknya masyarakat Maluku memang suka sekali membuat sambal, selain sambal Colo-Colo, dan Beo, ada juga sambal kenari yang tidak kalah mantap pedasnya. Sesuai namanya sambal ini dibuat dari kacang kenari lalu dikombinasikan bersama cabe merah, bawang merah, buah lemon serta gula pasir, garam dan terasi matang yang diolah menjadi satu.

Perpaduan antara kacang kenari dan aneka bumbu tersebut, menjadikan sambal ini juara atas kepedasannya. Jangan khawatir, sambal kenari tersedia dalam kemasan botol sehingga lebih praktis dibawa sebagai oleh-oleh.

Lipa Lanso

Sumber: Instagram @Fransiska_vonnytan99

Pada saat Ramadhan, kue ini kerap disantap sebagai menu takjil favorit masyarakat Halmahera Selatan  Disebabkan banyak orang yang mencari Lipa Lanso, akhirnya produksinya pun tidak lagi mengacu untuk menyemarakkan bulan Ramadhan saja. Kue renyah nan lezat ini bisa dengan mudah anda temui di pusat oleh-oleh Halmahera Selatan.

Ikan Fufu

Sumber: Instagram @a_setyawan

Pengolahan Ikan Fufu terbilang cukup sederhana, ikan hanya diasapi di bawah tungku persegi empat, lalu asapnya dibiarkan membuat matang daging si ikan. Biasanya Ikan Fufu yang dibawa sebagai oleh-oleh sudah diasapi maksimal 10 jam jadi lebih kering dan bisa awet 3-4 hari. Satu ekor Ikan Fufu kecil dibanderol 20 ribu, sedangkan yang besar 25 ribu.

Uniknya lagi, nih, Ikan Fufu tidak ditambahkan bumbu apapun, hanya menamburkan air laut supaya sedikit asin. Walaupun begitu, rasanya …. Uh, super mantap!!!

Lapis Palaro

Sumber: Instagram @Sitiparawita

Lapis Palaro tebuat dari daging sapi pilihan. Daging tersebut kemudian diolah dengan campuran bumbu rempah-empah yang wangi serta menggugah selera. Hidangan ini biasanya disajikan dengan siraman kaldu yang kental. Uh, super lezat, deh, pokoknya!.

Sagu Gula

Sumber: Instagram @Paniermayaut

Jajanan yang satu ini begitu manis, dan gurih dimulut. Terbuat dari sagu terbaik di Maluku Utara. Rasa manisnya siap menggoyang lidah anda, dengan sensasi khas tersendiri. Oh, ya, ditakutkan mudah tumpah, jangan lupa minta pada penjual untuk memasukkan sagu biji pada kemasan yang aman, ya.

Kue Pelita

Sumber: Instagram @Wyndanuril

Kue ini disajikan dalam mangkok daun pisang. Terbuat dari campuran santan kental dan tepung beras. Teksturnya lembut, manis, gurih dan berbentuk persegi dengan warna putih polos pada bagian atasnya. Namun, saat digit gula merah yang bersembunyi di dalamnya akan memberikan rasa manis yang mampu membuat bibir anda tersenyum

Penamaanya sendiri karena apabila bagian daun pisang dibuka, maka bagian bawah si kue akan terlihat seperti sumbu pelita. Nah, penggunaan sumbu tersebut terbuat dari gula enau yang sudah dipotong-potong.

Kue Bagea

Sumber: Instagram @chefcessar

Memiliki terktur keras, berwarna cokelat pucat dan berbentuk bulat, itulah Bagea.

Bahan dasarnya terbuat dari tepung sagu yang dikombinasikan bersama pala, kayu manis dan gula merah. Adonan yang telah jadi, dibungkus pada daun enau dan dipanggang sampai kering. Aromanya begitu menggugah selera. .rasanya renyah dan manis. Bagea sangat cocok apabila dijadikan kudapan sembari meyeduh kopi atau teh hangat dipagi dan sore hari.

Kue Asida

Sumber: Instagram @Kuliner.nagih

Bisa dikatan Kue Asida adalah dodolnya orang Maluku. Kenapa dikatakan dodol, karena cita rasa, aroma manis dan kekenyalannya persis seperti dodol. Namun perbedaanya adalah jika dodol terbuat dari tepung beras,  sedangkan Kue Asida dari tepung terigu.

Selain itu yang membuat Asida semakin bertambah legit adalah karena pada bagian atasnya diberi lumuran mentega cair yang rasanya gurih. Uh, sweet and very delicious!

Sayur Garu

Sumber: Instagram @cakalangrica_

Termasuk makanan sehat karena dibuat dari berbagai jenis sayuran seperti jantung pisang, daun pepaya, dan daun singkong. Ketiga bahan tersebut lalu ditumis dengan aneka bumbu lezat hingga matang.

Sayur Garu memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Jadi jika anda ingin merasakan saladnya orang Halmahera,  maka Sayur Garu ini wajib untuk dibawa pulang.

Comments

Loading...